Fakta Unik Seputar Oscar 2004

Ini masih soal Oscar 2004 atau Academy Awards ke-76. Ternyata ada sejumlah fakta menarik seputar acara bergengsi perfilman dunia tahunan itu. Misalnya:

  • Setelah menang Oscar di tahun 1977 dalam kategori Best Actress, baru tahun ini Diane Keaton lewat “Something’s Gotta Give” kembali masuk nominasi dalam kategori yang sama alias harus menunggu hampir empat dekade. Dan sayangnya tahun ini harus kalah bersaing dengan Charlize Theron.
  • Meskipun gak, Sofia Coppola, sutradara “Lost in Translation”, merupakan perempuan Amerika pertama yang dinominasikan dalam kategori yang didominasi kaum pria selama ini, yaitu kategori Best Directing.
  • Kemenangan Sofia Coppola dalam kategori Best Original Screenplay mengukuhkan nama besar keluarganya sebagai ‘keluarga dengan 3 generasi pemenang Oscar’ (Sofia, Francis Ford Coppola, dan Carmine) kedua setelah keluarga Hustons (Walter, John, dan Anjelica).
  • Pemborong Oscar tahun ini, The Lord of the Rings: The Return of the King, merupakan trilogi kedua yang masing-masing serinya masuk nominasi di kategori Best Picture. Sebelumnya ada trilogi “The Godfather”-nya Francis Ford Coppola yang meraih kesuksesan serupa.

Ada tambahan? 😉

Print Friendly, PDF & Email