Surabaya-Jakarta 30 Menit?

Beberapa hari lalu gw mencari informasi penerbangan rute Surabaya-Jakarta di situs web AirAsia. Seperti biasa, sesaat setelah mengklik tombol “Cari”, yang muncul adalah daftar penerbangan yang masih tersedia dilengkapi dengan pilihan tarif tiket dan jam keberangkatan-kedatangan. Sekilas tidak ada yang aneh dengan hasil pencarian itu, tetapi ketika membaca jam kedatangan untuk penerbangan jam 23.35, gw terkejut gak percaya! ๐Ÿ˜ฏ Kenapa?

surabaya-jakarta

Lihat saja, jam tiba di Jakarta yang tertera untuk penerbangan yang berangkat jam 23.35 dari Surabaya adalah 00.05. Berarti hanya butuh waktu 30 menit untuk penerbangan Surabaya-Jakarta pada jam itu! Ya, 30 menit!

Sebagai perbandingan, coba lihat jam penerbangan lain yang rata-rata harus menghabiskan waktu 1 jam 15 menit. Setahu gw, pada umumnya maskapai penerbangan lain juga membutuhkan waktu sekitar 1 jam 15 menit atau 1 jam 20 menit untuk rute Surabaya-Jakarta. Baru sekarang ini gw mengetahui ada maskapai penerbangan yang menjanjikan waktu penerbangan 30 menit dari Surabaya ke Jakarta.

Sebenarnya gw penasaran ingin mencoba sekaligus membuktikan penerbangan Surabaya-Jakarta 30 menit itu, tapi karena tidak tega dengan penjemput yang harus datang ke bandara tengah malam, akhirnya gw memilih jam penerbangan lain. Mungkin ada yang sudah pernah membuktikannya? Karena gw masih bertanya-tanya, agar bisa tiba di Jakarta dari Surabaya dalam tempo 30 menit, apakah pilot AirAsia ngebut? :roll:

Tweet about this on Twitter0Share on Facebook18Share on Google+0Email this to someonePrint this page

Baca juga:

21 comments on “Surabaya-Jakarta 30 Menit?

  1. Tambahan (maaf keburu ke-submit)
    Coba aja cari jadwal perjalanan PULANG-PERGI dari dan ketempat yang punya perbedaan waktu. Misal JKT – KL. Nanti terlihat perginya 3 jam, pulangnya 1 jam
    Padahal lama perjalanan sebenarnya tetap masing-masing 2 jam.
    Btw, posting ini bukan joke kan ?

  2. Itu 30 menit terbang pake pesawat apa? – terbang pake sapu nene’ sihir kali :p.

    kalau naik F-16 atau hawk sih mungkin…duduk dipangku sama pilotnya..

  3. hihihi bisa aza si, yang semalem itu kan pesawat ga ada lagi :) walau secara fisik ga ada lampu merah tp kan benernya ada juga peraturan macem2 ๐Ÿ˜›
    AIRASIA emang oke ๐Ÿ˜› hehehehehe tunggu gw coba ya om ben, i will report it again ๐Ÿ˜›

  4. 30 menit itu mustahil sebenarnya. Karena untuk dapat mencapai ketinggian jelajah saja pesawat rata2 membutuhkan waktu 10-15 menit. Dan 10-15 menit lagi untuk persiapan mendarat.

    Sedangkan untuk jarak tempuh Jakarta – Surabaya pada ketinggian jelajah pesawat mungkin saja dapat ditempuh dalam waktu 20-30 menit.

    Karena itu hampir semua penerbangan rute dalam pulau jawa hanya terpaut waktu 5 – 10 menit.

  5. bener lagi mas.. lagian waktu itu katanya kakak gw yang rutenya bali-jakarta.. gitu juga.. upss.. maksudnya bukan hanya 30 menit.. hehehehe…

    maksudnya.. airasia nya itu sampai lebih awal 30 menit dari jadwal.. hahahaha..

    airasia:”Kita telah mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.. dan dengan bangga kami beritahukan kepada anda kami tiba LEBIH AWAL 30 MENIT!!!”

    gila.. PILOTNYA NGEBUT..!!! ampe GETARANNYA itu katanya LAMA dan terasa banget…!! (pengakuan dari kakak gw..)

  6. ane pernah naek air asia dari bali ke jkt pesawat terakhir….
    bener gan sampenya lebih awal dari scedule…
    tapi dari balinya waktu itu terbangnya juga lebih cepet dari scedule,
    mungkin karena semua (awak dan penumpang) dah lengkap n dah masuk ke pesawat,
    yah pesawatnya terbang…

    yang sering jadi masalah delay maskapai lain kan salah satunya awaknya yang telat datang, hohohohooho

  7. wah, jadi inget pengalaman w naik air asia dari jog – jkt 2011.
    w sering banget naik air asia bolak balik rute jog-jkt/jkt-jog. biasanya naik klo ga siang ya penerbangan sore…
    biasanya waktu tempuh 1jam
    iseng ngambil penerbangan malam hari. pertama kali terbang cuma 40 menitan. dan saat di pesawat sempet kerasa tu pilot kayanya ngebut..
    hahahahaha

    1. Dulu waktu tahun 90an jakarta surabaya 30 menit, saat pesawat masih moda transportasi mahal. Sekitar tahun 00 mulai jakarta surabaya 45 menit naik lagi 60 menit dang sekarang 1 : 30 menit mungkin 10 tahun lagi bisa 2jam karena kepadatan trafic di bandara. Dan udara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>