Hari yang Tepat untuk Menaikkan Harga BBM

Saya termasuk orang yang tidak setuju dengan rencana para pengambil keputusan menaikkan harga BBM sebesar 30%. Namun walaupun terus didemo oleh mahasiswa, nampaknya keputusan itu sudah tidak bisa diganggu gugat. Tapi hingga sekarang kapan tepatnya harga BBM akan naik masih simpang siur. Kira-kira kapan atau hari apa ya?

Malam tadi saat mengisi bensin di SPBU dekat rumah, petugasnya sempat bercerita kalau mereka sudah bersiap untuk mengantisipasi lonjakan menjelang kenaikan harga BBM. Dia pun lantas memberitahu kapan kemungkinan harga BBM akan dinaikkan. Ada dua tanggal yang disebutkan. Kalau bukan tanggal ini ya tanggal itu. Kebetulan dua tanggal yang diberikan itu berbeda hari. Di antara keduanya, berjarak tiga hari. Satunya di akhir minggu, satunya di awal minggu.

Mungkin sekilas urusan mau menaikkannya di hari apa pun sama saja efeknya. Mau naikkan di hari Jumat atau Senin, tetap saja sama-sama bikin anggaran pengeluaran pengguna BBM jadi membengkak.

Tapi kalau dipikirkan lebih lanjut, sebenarnya pemilihan hari untuk menaikkan harga BBM juga perlu diperhatikan karena masing-masing ada konsekuensinya tersendiri. Ini dengan asumsi pengumuman kepastian kenaikan harga diumumkan sehari sebelumnya atau biasanya beberapa jam sebelum pukul 00.00 WIB.

Misalnya, kenaikan harga BBM dilakukan pada hari Jumat, berarti pengumumannya disiarkan pada Kamis sore atau malam. Karena hari Kamis merupakan hari kerja, maka bisa jadi mereka yang baru pulang dari kantor akan langsung singgah di SPBU terdekat untuk antre membeli BBM dengan harga lama untuk terakhir kalinya. Antrean panjang nan gila-gilaan pasti akan terjadi di semua SPBU. Kemacetan di jalan-jalan sekitar SPBU sudah pasti ikut terjadi. Padahal katanya kemacetan bikin konsumsi bensin atau solar oleh kendaraan jadi boros.

Bagaimana jika kenaikan harga BBM dilaksanakan pada hari Senin? Untuk pengumumannya mungkin akan dilakukan pada hari Minggu sore atau malam. Dampaknya? Mungkin dampak kemacetan dan antreannya tidak akan separah dibandingkan hari lain mengingat hari Minggu merupakan hari libur. Biasanya pada hari Minggu banyak orang yang keluar kota atau menghabiskan waktu dengan keluarga di rumah atau di mal sehingga mungkin membuat tidak semua orang langsung datang ke SPBU untuk ikutan mengantre.

Jadi, untuk menghindari dampak kemacetan dan penumpukan antrean di mana-mana sepertinya hari yang tergolong tepat menaikkan harga BBM adalah hari Senin. Eh, tapi kenaikan sebesar 30% bisa jadi mengubah segalanya, bisa jadi orang-orang tetap akan berduyun-duyun memadati SPBU tidak peduli hari apa harga BBM diumumkan.

Mungkin ada pendapat lain?

Print Friendly, PDF & Email