Iklan Penerbangan AirAsia dengan Airbus A320

AirAsia A320

Membaca berita singkat di Kompas kemarin (25/9) soal pesawat Airbus A320 milik Indonesia AirAsia yang katanya “akan melayani rute domestik, di antaranya Jakarta-Batam, Jakarta-Padang, Jakarta-Balikpapan, dan Jakarta-Denpasar”, saya jadi teringat dengan iklan maskapai itu di harian Jawa Pos beberapa minggu lalu. Kayaknya dalam iklannya itu menyebut-nyebut rute penerbangan Indonesia AirAsia dengan Airbus A320 dari dan ke Surabaya, tapi kok dalam berita itu hanya rute dari dan ke Jakarta saja? Hmm…

Karena penasaran, saya coba mencari Jawa Pos yang memuat iklan itu di tumpukan koran di rumah saya. Akhirnya ketemu juga iklan yang saya cari. Ternyata ada di Jawa Pos edisi Senin, 8 September 2008 halaman 10. Judul iklan itu adalah “Terbang dengan Airbus A320 Terbaru Kami, Nikmati Rute-Rute Penerbangan Kami Dengan Airbus A320 Terbaru Dan Rasakan Sensasinya!” Di bawahnya dilanjutkan dengan keterangan tarif rute Surabaya-Jakarta dan beberapa penerbangan lainnya dari Surabaya dan dari Kuala Lumpur untuk periode penerbangan 13 Oktober – 13 Desember 2008. Melihat iklannya, awalnya saya menyangka bahwa rute yang dimaksud dengan “Terbang dengan Airbus A320 Terbaru Kami” adalah rute-rute yang dicantumkan dalam iklan itu. Tapi, apakah betul demikian? Kok tidak disebutkan dalam berita di Kompas tadi? ๐Ÿ™„

Masih penasaran, saya coba mencari berita lain soal rute pesawat baru Indonesia AirAsia itu. Hasilnya:

Begitu tiba di tanah air, pesawat baru itu 25 September nanti langsung digunakan untuk melayani rute baru penerbangan dari Jakarta menuju Batam, Padang, Balikpapan, dan Denpasar.
(Jawa Pos, 19 September 2008)

Untuk AirAsia Indonesia, pesawat A320 akan melayani rute penerbangan Jakarta ke Batam, Padang, Balikpapan, dan Denpasar.
(TEMPO Interaktif, 18 September 2008)

Tetap saja tidak ada berita yang menyebutkan soal penerbangan AirAsia dari Surabaya menggunakan pesawat Airbus A320 dalam periode seperti yang dicantumkan dalam iklan di Jawa Pos itu.

Yang menarik, berbeda dengan di Jawa Pos, ternyata iklannya Indonesia AirAsia di Kompas pada hari yang sama ada keterangan “Rute Domestik terbang dari Jakarta (Dengan Airbus A320 Terbaru)” yang dikuti penyebutan kota-kota tujuan seperti Bali, Batam, Padang, dan Balikpapan. Namun tujuan Surabaya tidak ikut disebutkan. Iklan tersebut bisa dilihat secara lengkap di Kompas, Senin 8 September 2008 halaman 37.

iklan-airasia320

Kalau begitu, apakah berarti iklan AirAsia di Jawa Pos soal penerbangan dari Surabaya menggunakan A320 dalam periode 13 Oktober – 13 Desember 2008 itu tidak benar? Atau ada kekeliruan dalam penggunaan template iklannya AirAsia? Atau? ๐Ÿ™„

Print Friendly, PDF & Email

Baca juga:

13 comments on “Iklan Penerbangan AirAsia dengan Airbus A320

  1. Menurut saya Airbus A320 tidak digunakan untuk rute ke Surabaya dan iklannya sudah benar dan teliti karena:
    1. Dalam iklan dia hanya menyebutkan “Terbang dengan Airbus A320 Terbaru kami” dan “Nikmati rute – rute penerbangan kami dengan Airbus A320 Terbaru dan nikmati sensasinya”, tidak ada frasa “Rute – Rute Penerbangan Berikut Ini”.
    2. Untuk iklan itu mengajak terbang dengan Airbus A320 untuk masyarakat Jawa Timur padahal penerbangan dari Surabaya kan tidak menggunakan Airbus A320 ? Menurut saya karena misalnya saya hendak terbang dari Surabaya ke Batam atau Padang sangat mungkin penerbangan saya ada connecting flight yang menggunakan Airbus A320 tersebut.

    Bukan afiliasi atau pengguna AirAsia.

  2. @Syafrudin, coba seandainya Anda tdk membaca iklan AirAsia A320 versi yang dipasang di Kompas dan juga tidak membaca berita terkait tapi hanya membaca iklan AirAsia yang di Jawa Pos saja, apakah Anda bisa langsung mengerti kalau menurut iklan di Jawa Pos itu sebenarnya tdk ada penerbangan dari Surabaya pakai A320 dalam periode tersebut?

  3. @Ben,
    Tentu saya tidak.
    Tapi saya menulis itu sebagai jawaban atas apakah iklan itu tidak benar, menurut saya iklan tersebut tetap “benar”, meski jelas menyesatkan.

    Apakah ada kekeliruan template iklan ? Saya kira tidak, karena dengan “teliti”, frasa “Rute – rute penerbangan berikut ini” ditiadakan.

    Jadi ?
    But saya salut untuk AirAsia yang berhasil membuat iklan yang tetap “benar” meski menyesatkan.

  4. Assalamu’alaikum Wr. Wb… Met pagi… ‘n Salam Sejahtera buat Bapak-bapak sekalian…

    Sudahlah… gak perlu debat kusir, kalo hanya masalah iklan di koran…
    Yang lebih penting dari itu semua… mari kita Do’akan, agar rute Jakarta – Surabaya (pp) dapat segera dilayani dengan menggunakan pesawat type Airbus A-320. Ok…?!
    Salaman dulu dong… Salaman… Jangan berantem gitu… Malu ah…
    Masih banyak masalah negara yang jauh lebih besar yang mesti kita pikirin ‘n kita garap… Iya toh…

    Trima kasih…
    Wass.Wr.Wb

  5. syukurnya untuk saat ini Airbus A320 dari indonesia air asia sudah datang 7 buah, ini sudah melayani hampir semua rute domestik, baik padang, medan, jogja, denpasar, maupun surabaya.. dan nantinya semua penerbangan air asia akan menggunakan A320 dengan total pemesanan kalo nggak salah sebanyak 45 buah, dan akan menggantikan armada Boeing 737-300 yang saat ini masih ada sekitar 10 buah.. ๐Ÿ™‚

  6. ^^
    semua penerbangan air asia jakarta-surabaya dan sebaliknya sekarang udah pakai A320 semuanya sepertinya. yang Boeing 737-300 kebanyakan digunakan untuk rute yang bandaranya belum bisa didarati oleh A320 seperti bandung, ataupun rute yang tidak terlalu gemuk seperti jogja-singapore, ataupun pekanbaru-singapore.

  7. ehh iya om.. mungkin kalo yang malem itu pake 737-300 karena udah terlalu malem (kalo nggak salah udah jam 9 malem kan ya?) jadi load factornya juga nggak gede.. soo cukup dengan Boeing 737-300..
    ngomong2 air asia ini kalo dari surabaya ke jakarta yang siang kok sering lebih mahal dari airlines lain ya? ๐Ÿ˜€

  8. @Tri Setyo Wijanarko, sepertinya bukan karena faktor “sudah terlalu malam” karena penerbangan siang dari Jakarta juga ada yg msh pakai Boeing 737. ๐Ÿ™‚ Coba cek deh…

  9. saya mau tanya, ada ga maskapai yg make airbus dr jakarta ke batam?? prtngahn oktober ini sy mau flight k batam tp pengennya pke airbus. klo ad info tolong ksi tau ya..bs hub sy ke 022 91838686. tx 4 attention. ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *