Plasa.com Begins

plasadotcom-logo

Setelah berbulan-bulan menunggu, apalagi kabarnya jadwal peluncurannya sempat beberapa kali berubah hingga bikin tambah banyak yang penasaran, akhirnya ada juga kepastian jadwal grand relaunching Plasa.com versi baru. Kapan? Sabtu, 27 Maret 2010 besok, disiarkan di Global TV mulai pukul 20.00 WIB.

Meskipun baru Sabtu malam besok resmi diluncurkan namun wajah baru Plasa.com sudah bisa ditengok sejak kemarin lewat domain utamanya, tidak lagi ‘disembunyikan’ menggunakan subdomain. Yang menarik, mungkin karena saking banyaknya yang penasaran, kemarin sore situs yang dimiliki oleh PT Telkom Indonesia tersebut sempat down beberapa menit. Untungnya cepat ditangani dengan baik. ๐Ÿ™‚

Bicara soal orang-orang yang penasaran dengan wajah baru Plasa.com, saya sendiri juga termasuk salah satu di antaranya. Bahkan rasa penasaran itu sudah muncul sejak tahun lalu waktu pertama kali saya mengetahui rencana perubahan tersebut. Saya jadi bertanya-tanya, strategi apa yang akan digunakan dalam memoles sebuah brand bernama Plasa.com, merek terkenal di dunia Internet Indonesia sejak tahun 1998, untuk berubah menjadi pemain utama dalam urusan e-commerce?

plasadotcom
Plasa.com Begins: Plasa.com versi Reboot
Memperhatikan apa yang telah dilakukan terhadap Plasa.com sejauh ini hingga menjelang peluncuran resminya, saya jadi teringat dengan istilah reboot yang beberapa tahun belakangan ini sangat populer di kalangan pembuat film di Hollywood.

Masih ingat dengan Batman Begins (2005)? Inilah film yang menjadi semacam ikon atau panutan reboot di dunia film, yang kemudian disusul oleh Casino Royale (2006) dan mungkin tahun depan ditambah dengan film baru dari waralaba Spider-Man. Bagi pelaku industri film, istilah yang dipinjam dari dunia komputer itu kira-kira bisa diartikan membuat kembali sebuah film dari awal dengan melakukan perombakan besar-besaran di segala lini agar tampil lebih segar dari versi aslinya atau versi sebelumnya.

Saya melihat, kira-kira seperti itulah strategi yang dilakukan oleh pengelola Plasa.com. Dengan sebuah tim baru dan besar bernama Mojopia (PT Metranet), merek Plasa.com dipoles sedemikian rupa dengan berkonsentrasi pada bidang e-commerce dan penambahan beberapa unsur baru sehingga penampilannya menjadi lumayan jauh berbeda dengan versi sebelumnya. Meskipun begitu, tidak semua elemen dari versi lama ditinggalkan begitu saja. Ada beberapa layanan seperti Forum, Blog, dan beberapa layanan lainnya juga dibawa serta meskipun dengan tampilan baru. Menarik. ๐Ÿ™‚

So, apakah Plasa.com hasil reboot ini bakal sesukses dan sefenomenal Batman Begins? Jalan ke arah itu sangat terbuka lebar, tinggal waktu yang akan membuktikan kesuksesan ‘Plasa.com Begins‘. ๐Ÿ™‚

Yang pasti, untuk meramaikan peluncurannya, kabarnya Plasa.com akan membagikan total 24 iPad pada hari peluncurannya besok. Secara acak, iPad itu akan dibagikan secara acak setiap jamnya selama 24 jam. Mau? Eh, saya juga dong! ๐Ÿ™‚

Print Friendly, PDF & Email

Baca juga:

12 comments on “Plasa.com Begins

  1. Sekilas sepertinya plasa.com ini punya strategi seperti Tokopedia.com. Menarik. Mungkin model trusted ecommerce seperti ini yang lagi “hot”? (Melihat model seperti eBay kurang sukses di Indonesia).

  2. Internet berlari sangat cepat. Setiap siasat pemain untuk menyesuaikan diri dengan zaman menjadi menarik — apalagi jika ingin mengubah zaman. Masalahnya, waktu kita tetap 24 jam sehari. ๐Ÿ™‚ Ujung-ujungnya adalah seleksi. Di luar semua itu, saya angkat topi pada plasa.com dan Telkom Jatim yang dulu merintis portal (duh kata tiba2 jadi usang) agar pengguna internet mendapatkan layanan lokal.

    1. @paman antyo, mari kita tunggu siapa yg menang seleksi itu ๐Ÿ™‚ Oh iya, selain Plasa.com, dulu ada Jatim Mall juga ya. Apa kabar nasibnya ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *