Aktivitas Radio di Surabaya di Twitter

Ini berawal dari kicauan iseng saya kemarin sore di Twitter soal aktivitas radio-radio di Surabaya di ranah media sosial yang sedang mewabah itu.

@bennychandra: Radio di Surabaya masih belum banyak yg memanfatkan Twitter utk menunjang siarannya. SSFM yg paling top saja masih baru ber-FB 🙂

Ternyata dugaan saya soal SSFM atau Radio Suara Surabaya belum ber-Twitter itu salah. TitaPenalar mengoreksi saya. Ternyata diam-diam SSFM (Radio Suara Surabaya) sudah punya akun Twitter: @SSFM100. Namun, tampaknya keberadaan akun itu memang belum diinformasikan dalam siarannya.

Selain SSFM, ternyata ada juga sejumlah radio lain di Surabaya yang sudah punya akun di Twitter. Di antaranya adalah @HARDROCKFMSBY, @istarafm (info via @mistis), @Prambors893FM (via @alderina), @sonorasurabaya, @ebsfm.

Dari semua itu, manakah radio Surabaya yang aktivitasnya paling juara di ranah Twitter? 😉 Berdasarkan pengamatan sekilas sejak kemarin sore hingga sekarang, kebanyakan terlihat masih belum maksimal memanfaatkan Twitter sebagai sarana berkomunikasi dua arah dengan pendengarnya. Bahkan beberapa di antaranya tampak tak terurus, tidak ada aktivitas lagi.

Sejauh ini yang terlihat cukup aktif, ditandai dengan kerutinan menulis kicauan setiap hari, hanya ada tiga. Yaitu:

  1. @SSFM100:
    Bisa dibilang, di antara akun milik radio-radio di Surabaya tadi, akun ini terlihat paling responsif dalam menanggapi para pekicau (tweep) lain. Percakapan dua arah cukup sering dilakukan sehingga terasa lebih ‘hidup’. Isi kicauannya juga informatif. Seperti siaran udaranya yang sangat terkenal di kuping penduduk Surabaya pada umumnya, materi kicauannya rata-rata berupa informasi seputar lalu lintas di Surabaya dan sekitarnya. Sayangnya, hanya diperbarui di jam kerja saja, tidak 24 jam seperti siarannya di udara. Semoga suatu saat bisa di-update setiap saat, selama 24 jam. 🙂 Silakan di-follow.
  2. @istarafm:
    Kurang responsif, jarang terlihat ada komunikasi dua arah dengan pekicau lain. Lumayan aktif tapi isi kicauan didominasi judul lagu yang sedang diputar.
  3. @HARDROCKFMSBY:
    Kurang responsif, juga jarang terlihat ada komunikasi dua arah dengan pekicau lain. Kebanyakan kicauannya hanya berupa informasi acara on air yang sedang berlangsung dan berbagai pertanyaan tanpa dilanjuti dengan informasi soal jawaban-jawaban yang diterima.

Semoga radio dan juga lembaga lain di Surabaya bisa segera menyusul ber-Twitter-ria.

Print Friendly, PDF & Email