Layanan Jelajah Data Internasional di Hong Kong

International roaming atau jelajah internasional adalah salah satu hal penting yang perlu diperhatikan setiap kali akan keluar negeri. Jelajah data internasional tidak kalah penting pula. Hal itulah yang jadi salah satu perhatian saya ketika hendak jalan-jalan ke Hong Kong pada 18 Maret 2011 lalu bersama sejumlah teman blogger dalam rombongan IDBlogNetwork.

Di Hong Kong Disneyland

Karena jarang ke luar negeri, selama ini saya tidak terlalu memerhatikan mengenai layanan tersebut. Begitu juga program promosinya. Makanya beberapa hari sebelum terbang ke Hong Kong, saya baru sibuk mencari tahu sekaligus membandingkan layanan international data roaming dari berbagai operator yang ada, termasuk program promosi yang sedang diselenggarakan. Untunglah tidak sulit mendapatkan informasinya.

Dalam waktu yang cukup singkat, cukup mudah bagi saya untuk menyimpulkan bahwa salah satu layanan jelajah data internasional yang paling menarik untuk saat ini adalah promosi yang ditawarkan oleh XL lewat program “XL BlackBerry GRATIS Roaming Internasional di Luar Negeri“. Lihat saja, dari nama programnya saja sudah menarik perhatian. Gratis?

Ya, gratis! Hingga 31 Maret 2011, ternyata bagi pengguna kartu XL Prabayar yang mengaktifkan layanan XL BlackBerry Full Service (Rp 99.000/bulan) bisa secara otomatis menikmati fasilitas gratis roaming data international selama 3 hari pertama di 10 negara yang telah bekerjasama. Untuk hari ke-4 dan seterusnya di setiap kunjungan akan dikenakan tarif jelajah normal. Fasilitas gratis ini berlaku untuk maksimal 3 kali kunjungan di negara tujuan dalam jangka waktu 30 hari atau sebulan. Demikian seperti yang tertera di situs webnya.

Sementara itu, untuk pengguna kartu XL Pascabayar, tawaran promosinya rupanya lebih menarik lagi. Fasilitas gratis BlackBerry roaming international dapat dinikmati selama 9 hari dalam satu kali kunjungan dan dalam satu siklus billing (cetak tagihan) yang sama di negara-negara yang termasuk dalam daftar program bebas internasional roaming ini. Tarif roaming normal baru akan dikenakan pada hari ke-10 dan seterusnya.

status

Saat berada di negara tujuan, jangan lupa untuk memilih network atau jaringan operator secara manual, bukan otomatis. Pilihlah operator rekanan XL untuk layanan jelajah internasional di masing-masing negara terkait agar fasilitas gratisnya berlaku. Untuk di Hong Kong, misalnya, pilih SmarTone. Selama di Hong Kong, kualitas jaringannya terasa memuaskan sehingga melancarkan layanan jelajah internasional dari XL. Sangat membantu untuk meng-update status kala menikmati berbagai hiburan seru di Hong Kong! 🙂

Oh ya, selain Hong Kong, promosi gratis international data roaming bagi pelanggan XL BlackBerry Full Service ini juga berlaku saat kita berada di negara lain seperti Singapura, Malaysia, Jepang, Kamboja, Bangladesh, Sri Langka, Macau, Taiwan, dan Filipina. Semoga saja promosinya berlanjut terus dan makin luas jangkauan jelajah internasionalnya. 🙂

Di Hong Kong
Print Friendly, PDF & Email