Saatnya Merek Harus Makin Aktif di Panggung Musik

Coca-Cola & Maroon 5

Belakangan ini, berbagai acara musik berskala besar di Indonesia makin diramaikan dengan sederet merek dari produk non-rokok. Secara perlahan, saya melihat keberadaan mereka mulai menggeser dominasi merek rokok sebagai sponsor utama di dunia hiburan di Indonesia selama ini. Mungkin saja hal itu sebagai dampak dari desakan dan penolakan berbagai LSM dan sejumlah artis musik mancanegara terhadap kehadiran merek-merek rokok dalam konser musik, terutama yang target penontonnya termasuk anak-anak dan remaja. Tetapi mungkin juga karena berbagai merek produk non-tembakau itu memang kebetulan sedang aktif-aktifnya mengakrabi dunia musik. Suatu kebetulan yang pas dan tepat.

Yang menarik, merek-merek non-rokok yang makin marak beraktivitas di panggung musik di Tanah Air belakangan ini, ternyata cukup beragam jenisnya. Mulai dari kartu kredit, lembaga keuangan, operator selular, ponsel pintar, layanan koneksi internet mobile, gerai makanan, produk kecantikan hingga minuman ringan. Memang ada beberapa merek yang terbilang baru sekarang melirik kegiatan berbau musik sebagai salah satu bagian dari aktivitas promosinya, namun ada juga yang sebenarnya sudah lama akrab dengan dunia musik. Coca-Cola, misalnya.

Secara global, Coca-Cola tidaklah asing dengan panggung musik. Lihat saja, sejumlah penyanyi top berhasil digaet merek ini. Mulai dari Whitney Houston, Paula Abdul, George Michael, Elton John, Duffy, hingga 2PM (boyband asal Korea).

Di Indonesia, belakangan ini Coca-Cola tampaknya semakin aktif menyebarkan semangat dan keceriaan lewat berbagai kegiatan musik, termasuk urusan merilis lagu. Setelah pada 2009 meluncurkan lagu “Buka Semangat Baru” sebagai bagian dari kampanye Open Happiness dengan menggandeng penyanyi Indonesia seperti Ello, Ipang, Barry, dan Lala, lalu pada 2010 Coca-Cola juga merilis lagu Semangat Berkibar (versi Indonesia dari Wavin’ Flag) oleh Ipang untuk menunjang promosinya selama Piala Dunia 2010 berlangsung.

Setelah itu, menjelang akhir tahun 2010 lalu, produk minuman bersoda itu menggelar rangkaian konser musik bertajuk “Coca-Cola Soundburst 2010” di berbagai kota dengan sejumlah grup musik terkenal Indonesia, yang kemudian pada puncak acaranya di Surabaya menghadirkan Mew, grup musik rock asal Denmark.

Baru-baru ini, dengan menggandeng Maroon 5, sebuah acara bertajuk Coca-Cola Music 24 Hours Session digelar di Inggris untuk menciptakan lagu dalam waktu 24 jam bersama para penggemar grup musik itu dari seluruh dunia, termasuk dari Indonesia, dengan berkomunikasi lewat internet. Bahkan pihak Coca-Cola mengirim dua orang dari Indonesia ke London, Inggris untuk mengikuti secara langsung proses dari acara yang akhirnya menghasilkan lagu berjudul Is Anybody Out There itu. Suatu aktivitas musik yang menarik!

Apakah setelah ini Coca-Cola dan juga merek-merek non-rokok lainnya akan semakin bersemangat dan berkesinambungan dalam mendukung atau bahkan menyelenggarakan berbagai acara musik berkualitas di Indonesia? Semoga. Karena inilah saat yang tepat untuk makin aktif!

SUMBER FOTO: www.coca-cola.co.id

Print Friendly, PDF & Email

Baca juga:

11 comments on “Saatnya Merek Harus Makin Aktif di Panggung Musik

  1. Ini iklan bukan yah? Hihihi…
    Bagus lah kalo sekarang sponsornya gak hanya dari rokok aja,
    Jadi gak semakin banyak yang terbuai akan rokok ๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *