Tumpengan Browser Rakyat di Surabaya

Awalnya, saya dan dua rekan panitia lain -Gilang Permana dan Imam Muttaqin- sempat kebingungan menentukan konsumsi yang harus disajikan kepada para peserta acara “Mozilla Firefox 4 Launch Party” di Surabaya pada Rabu, 4 Mei 2011 lalu. Terjangkau anggaran tapi tetap menyenangkan dan sesuai tema lokal “Browser Rakyat”. Hmm, apa ya? :roll:

Firefox 4 Launch Party @ BG Junction Surabaya

Setelah melihat-lihat berbagai foto dari perayaan di kota-kota sebelumnya (Jogjakarta, Jakarta, Bandung), akhirnya tercetuslah ide bikin tumpengan untuk merayakan kehadiran versi terbaru dari browser Firefox di Surabaya. Cocok sekali dengan tema lokal “Browser Rakyat” itu bukan? ;)

Firefox 4 Launch Party @ BG Junction Surabaya
Pemotongan tumpeng oleh David Mandelin dari Mozilla HQ. FOTO: Benny Chandra

Firefox 4 Launch Party @ BG Junction Surabaya

Bertempat di Function Room A40 – Level 1, BG Junction Surabaya, sesi potong tumpeng memang menjadi salah satu hal istimewa di acara dengan hashtag #fx4SUB ini. Apalagi di samping tumpeng, juga ada sajian jajanan pasar.

Hal istimewa lainnya adalah kehadiran 3 orang perwakilan dari kantor pusat Mozilla di Amerika Serikat. Yaitu, David Mandelin (Java Script Engineer Firefox), David Anderson (Java Script Engineer Firefox), dan Joshua Aas (Mac Platform Firefox Developer). Mereka dibarengi oleh Yofie Setiawan dan Andi “Belutz” Darmawan dari Komunitas Mozilla Indonesia.

Firefox 4 Launch Party @ BG Junction Surabaya
Firefox 4 Launch Party @ BG Junction Surabaya

Pemotongan tumpeng diawali oleh David Mandelin, yang kemudian menyerahkannya kepada Yofie, mewakili Komunitas Mozilla Indonesia. Dua orang Mozilla lainnya, David Anderson (Java Script Engineer Firefox) dan Joshua Aas (Mac Platform Firefox Developer) juga turut memotong tumpeng untuk diserahkan kepada perwakilan komunitas yang hadir dalam acara yang dimulai jam 6 sore ini.

Firefox 4 Launch Party @ BG Junction Surabaya

Selanjutnya, para peserta dipersilakan untuk ‘menyerbu’ berbagai macam jajanan pasar yang telah disediakan. Tampak ketiga orang dari kantor pusat Mozilla itu juga sempat ikutan mengantre untuk mengincipi jajanan pasar.

Usai sesi makan-makan, acara disambung lagi dengan presentasi dari Yofie Setiawan mengenai kegiatan Komunitas Mozilla Indonesia, yang kemudian dilanjutkan dengan tampilnya David Mandelin, David Anderson, dan Joshua Aas yang secara bergantian di depan. Di depan peserta yang berjumlah sekitar 175 orang, mereka mencoba mengenalkan berbagai fitur Firefox 4 secara singkat. Sebelumnya, di awal acara, Ivan Sielegar dari komunitas suWec telah tampil membawakan materi mengenai “User Interface dan Browser”.

Firefox 4 Launch Party @ BG Junction Surabaya
Ki-ka: David Mandelin, David Anderson, dan Joshua Aas. FOTO: Benny Chandra.
Firefox 4 Launch Party @ BG Junction Surabaya

Dalam sesi tanya-jawab, antusiasme peserta terlihat cukup tinggi terhadap Firefox. Waktu sekitar 30 menit yang diberikan terasa kurang cukup untuk menampung berbagai pertanyaan yang diajukan. Akhirnya, acara yang merupakan rangkaian dari Mozilla Firefox 4 Launch Party “Browser Rakyat” di Indonesia diakhiri dengan pemutaran video singkat mengenai binatang yang menjadi maskot Firefox. Di pintu keluar, para peserta dibagikan SWAG berupa Mozilla Firefox sweatband dan paper toy maskot lokal.

Firefox 4 Launch Party @ BG Junction Surabaya

Terima kasih untuk Gilang Permana, Imam Muttaqin, teman-teman SbyTUG (Rusa, Nhaz, Mytha, Yudith, Wiwid, Dito) yang telah membantu pelaksanaan di hari-H. Terima kasih juga untuk BG Junction yang telah meminjamkan tempat serta detikSurabaya dan 89,7 Hard Rock FM Surabaya untuk kerja samanya sebagai official media partner acara ini.

Firefox 4 Launch Party @ BG Junction Surabaya
Foto bersama beberapa orang panitia dan peserta dengan wakil dari Mozilla HQ dan Mozilla ID FOTO: Rusa Bawean

Foto-foto selengkapnya, bisa disimak dalam slide berikut ini:

Tags: , , , , , ,

Baca juga:

13 Responses to Tumpengan Browser Rakyat di Surabaya

  1. ternyata komunitas mozilla banyak juga di sby

  2. DV:

    Beberapa foto nggak nongol, Kak :)

  3. Kereen… Acara suasana kota.. suasana ndeso yaa waktu Pesta di Yogyakarta :)

  4. wahh orang dari Mozilla langsung dateng ya ke surabaya..keren

  5. foto2nya agak lama ya mas dibuka hari ini. apa sambungan internet saya yg lama ya?

  6. Rusa:

    Yay banyak Rusa di foto2 di atas, asikkk :)

  7. cika:

    mas Rusa yg mana sih?

  8. mas Rusa yang mana ya? kurang tag nya :)

  9. Hari:

    wuih, keren juga acara launchnya ff4 nya. tapi msih banyak add on ff3 yang ga suppor di ff4 ya…

  10. rusa ngengsis bgt.. dimana-mana ada fotonya.. *sirik*

Speak Your Mind

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>