Ketika Ide Kreatif Makin Dihargai

Untuk menjadi seorang inovator yang sukses itu tidak harus menciptakan sebuah alat atau sesuatu yang serba canggih dengan teknologi tinggi. Yang lebih penting adalah bagaimana hasil karya kreatifnya itu dapat bermanfaat bagi banyak orang.

Hal itu ditegaskan oleh Onno W. Purbo dalam acara FreSh Surabaya bertema “Jangan Takut Jadi Kreatif!” yang digelar pada Jumat, 16 Desember lalu di Hotel TS Suites, Surabaya.


Selain itu, untuk bisa menghasilkan suatu inovasi kreatif yang bisa terlihat langsung manfaatnya atau bahkan bisa mengubah peradaban dunia menjadi lebih baik dari sebelumnya pun tidak harus menjadi seorang yang jenius. Semua bisa jadi inovator sukses, asal tahu caranya.

Misalnya, “Cari tahu di milis atau forum di internet, masalah apa yang belum ada jawabannya. Lalu coba temukan solusinya,” kata Onno memberi ide kepada sekitar 150 orang peserta yang hadir malam itu.

Sebuah jurus penting yang perlu dicatat oleh mereka yang ingin inovasi atau gagasan kreatifnya bisa lebih berguna secara maksimal dan dapat meraih penghargaan yang sepantasnya. Apalagi belakangan ini ide kreatif makin dihargai, yang ditandai dengan semakin banyak pihak yang memberikan perhatian khusus terhadap gagasan atau ide kreatif atau inovasi yang dimiliki oleh para inovator di Tanah Air. Mulai dalam bentuk program bimbingan belajar, inkubasi bisnis, hingga akusisi atau penyertaan modal investasi. Di samping itu, ada juga yang merupakan gabungan atau variasi dari bentuk-bentuk tadi.

Yang terbaru adalah program Lenovo DoNetworkID. Lenovo DoNetworkID adalah sebuah kontes yang memberikan tantangan untuk menginspirasi Anda mengubah ide kreatif menjadi tindakan atau wujud nyata. Menarik.

Hadiahnya? Cukup menggiurkan. Sepuluh finalis masing-masing akan menerima peralatan bermerk Lenovo sampai batas maksimum US$2,000. Sementara untuk pemenang Grand Prize akan mendapat hadiah dana sebesar US$25,000 yang dapat digunakan untuk meneruskan proyeknya. Yang istimewa, program ini hanya terbuka untuk penduduk yang tinggal di Indonesia, Rusia, dan India saja.

Sudah begitu, menariknya, para peserta akan dibimbing oleh 3 mentor handal. Yaitu, Budi Putra (konsultan teknologi), Nurdiansyah (peneliti dan pemerhati pendidikan), dan Onno W. Purbo (independent IT writer).

Tertarik untuk ikutan? Catat jadwalnya. Masa pendaftarannya mulai dari 8 Desember 2011 sampai dengan 25 Januari 2012. Pemilihan peserta favorit: 5-25 Januari 2012. Pemilihan finalis: 26 Januari – 29 Februari 2012. Pengumuman pemenang: 1 Maret 2012.

Sebelum mendaftar, buat tim terlebih dahulu dari sekarang. Karena itu adalah salah satu syarat dari program ini. Lalu berdiskusilah mengenai ide dan proyek inovatif apa yang akan diikutsertakan. Setelah itu, buruan bergabung dengan Lenovo DoNetworkID Program untuk mengikuti tantangan yang ditawarkan.

Oh ya, ada sedikit ‘bocoran’ dari Onno untuk calon peserta. “Hingga saat ini, yang paling banyak pesertanya adalah tantangan 1 dan 4. Di dua tantangan lainnya masih belum banyak pesaing,” katanya.

Satu lagi, untuk mendukung program Do Network ini boleh dengan cara menggunakan twibbon di sini.

Jika masih kurang jelas, informasi lebih lanjut mengenai program ini bisa dibaca di sini. Selamat berinovasi. Semoga menang! ๐Ÿ™‚

Print Friendly, PDF & Email