Agar Tenang Berkomunikasi di Luar Negeri

Saat menjelang musim liburan akhir tahun begini, bisa dibilang setiap hari koran-koran penuh dengan berbagai iklan yang menawarkan paket perjalanan atau berlibur ke luar negeri. Mau tidak mau, iklan-iklan menggoda itu jadi ‘mewarnai’ pikiran saya belakangan ini.

Saya jadi teringat dengan beberapa kali pengalaman mendapat kesempatan ke luar negeri, yang kebanyakan di antaranya gratis alias tidak perlu memikirkan biaya transportasi udara dan akomodasi. Pergi ke Hong Kong, misalnya. :mrgreen:

Meskipun tiket pesawat dan hotel, termasuk tiket masuk ke Hong Kong Disneyland, disediakan namun tetap saja saya masih perlu memikirkan hal lain yang tidak kalah penting. Apa itu?

Urusan berkomunikasi dengan keluarga di Tanah Air, baik itu lewat telepon, SMS, maupun internet. Apalagi ini berkaitan dengan biaya roaming atau jelajah internasional yang biasanya tarif untuk setiap negara tujuan berbeda-beda.

Mengganti kartu SIM dengan operator setempat? Terus terang, saya agak malas untuk melakukan itu. Apalagi jika acaranya hanya 2-3 hari saja. Mending di sana memikirkan bagaimana bisa menikmati acaranya saja. πŸ™‚

Jadi, agar tenang berkomunikasi saat di luar negeri, saat hendak berangkat ke Hong Kong pada Maret 2011 lalu saya sempat sibuk mencari tahu dan membandingkan layanan juga promo jelajah internasional dari berbagai operator Indonesia. Khususnya menyangkut layanan internet dan Blackberry.

Dari pencarian itu saya mengetahui ada promo menarik “XL BlackBerry FREE International Roaming Overseas” di 10 negara termasuk Hong Kong. Bahkan ketika diundang ke sebuah konferensi internasional di Malaysia belum lama ini, saya juga sempat memanfaatkan promo gratis ber-Blackberry untuk 3 hari pertama bagi pelanggan paket Blackberry Full Service bulanan tersebut.

Belakangan saya baru tahu ada juga promo menarik dari XL untuk urusan bertelepon dan SMS dari luar negeri. Namanya “1 Tarif di Semua Negara”. Dengan promo itu, ternyata saya bisa mendapatkan tarif roaming yang sama ketika saya perlu menelepon, ditelepon, atau mengirim SMS dari semua negara, kecuali Timur Tengah. Yaitu, Rp 3.500/menit.

Kalau dipikir-pikir, adanya promo 1 tarif itu bisa bikin tenang saat berkomunikasi di luar negeri. Tidak perlu lagi mengingat-ingat tarif jelajah yang berbeda-beda setiap hendak pergi ke negara yang berbeda, kecuali ke negara-negara di Timur Tengah. Tentunya, asal tidak lupa memilih menggunakan layanan operator rekanan XL di negara tujuan. Contohnya, saat jalan-jalan di Hong Kong pilih jaringan milik SmarTone atau jaringan operator Celcom saat di Malaysia.

Sayangnya, kedua promo menarik tersebut hanya berlaku sampai 31 Desember 2011. Beruntunglah yang berlibur akhir tahun ini karena masih sempat menikmati lagi promo itu.

Saya sih berharap semoga saja promo tersebut berlanjut hingga tahun depan. Agar saya tidak perlu repot lagi membanding-bandingkan tarif roaming jika -semoga- tahun depan saya diundang lagi jalan-jalan ke Hong Kong. πŸ˜‰ Eh, ke negara lain juga boleh… He he he πŸ˜€

Print Friendly, PDF & Email