KotaGames, Social Games Berbasis WAP

Belakangan ini tampaknya social games atau gim sosial semakin marak bermunculan. Kemampuannya untuk menghubungkan antar pemain dan meng-update ke akun layanan jejaring sosial adalah keunggulan khas yang ditawarkan sebagai social games.

Mengingat di Indonesia jumlah pengguna jejaring sosial dan penggemar gim sangat banyak dan terus bertambah, kehadiran gim-gim seperti itu tentunya memiliki peluang besar untuk meraih banyak pengguna di Tanah Air.

Salah satu situs yang menawarkan gim-gim berkemampuan seperti itu adalah KotaGames. Saat diluncurkan belum lama ini oleh XL, KotaGames menyediakan 6 buah gim berbasis WAP yang bisa dimainkan lewat ponsel. Keenam gim menarik itu adalah Demon Hunter, Monster Fight, Hermit Defense, Meteor City, Fun Factory, dan Club Wars Advance.

Bagi para penggemar gim, pasti bakal senang dengan kehadiran situs ini. Apalagi tersedia dalam tiga bahasa: Bahasa Indonesia, Inggris, dan China.

Yang menarik, khusus bagi pelanggan XL, ada cara mudah dan murah untuk ikutan loh. Untuk bisa ikut bermain, pelanggan cukup mengakses http:///m.kotagames.com dengan peramban atau browser ponsel. Selain itu, bisa juga dengan mengetik kode akses *123*5888# (khusus pelanggan XL).

Masih ada keistimewaan lain bagi pelanggan XL untuk mengakses layanan gim ini. Apa itu? Pelanggan XL hanya perlu membayar sebesar Rp 550 (sudah termasuk PPN) dan langsung mendapatkan free GPRS untuk mengakses layanan KotaGames ini selama 24 jam sehari serta mendapatkan bonus 1000 KGold.

Sebagai informasi, KGold adalah semacam mata uang (virtual credits) di KotaGames yang bisa digunakan untuk membeli virtual items yang berguna bagi pengembangan karakter/tokoh yang dimainkan.

Asal tahu saja, sebenarnya KotaGames tidak hanya untuk pelanggan XL saja, tapi juga terbuka bagi pelanggan operator selular lain. Namun ada keterbatasannya karena fitur istimewa seperti penukaran pulsa telepon dengan KGold atau virtual credits dan tarif hemat Rp 550 hanya tersedia khusus bagi pelanggan XL saja. Tarif yang dikenakan bukan merupakan tarif berlangganan.

KotaGames sendiri sudah mulai bisa diakses sejak 2 Februari 2012 lalu. Ternyata hingga sekarang telah cukup banyak pelanggan XL yang ikutan. Setidaknya sudah ada lebih dari 50 ribu pelanggan XL yang ikut bermain dan terus bertambah.

KotaGames banyak diminati bisa jadi karena layanan ini menawarkan kemudahan bagi pelanggan untuk bermain games. Tidak seperti yang lain, pelanggan tidak perlu mengunduh (download) ataupun menginstal apapun di ponsel.

Selain itu, karena KotaGames tidak menerapkan mekanisme berlangganan, maka pelanggan tidak perlu melakukan UNREG apabila tidak ingin menikmati layanan ini lagi. Selengkapnya, syarat dan ketentuan mengenai layanan ini bisa dibaca langsung di http:///m.kotagames.com.

Selain KotaGames, XL sendiri juga menyediakan banyak gim lain yang dapat dinikmati para pelanggannya dengan merangkul sejumlah game publisher. Game publisher yang diajak kerja sama sebagai rekan tidak hanya yang berasal dari luar tapi juga dalam negeri.

Dari luar negeri ada nama-nama terkenal seperti EA, Gameloft, dan Squarenix. Sementara dari dalam negeri, untuk saat ini sudah ada lima game publisher yang telah bekerja sama dengan XL yang akan membantu mereka dengan memanfaatkan jaringannya. Para pengembang gim lokal itu adalah Toge Production, Agathe, Gamemachi, dan Credoland. Nama-nama ini akan terus bertambah.

Kabar gembiranya, ratusan gim yang merupakan karya para pengembang lokal yang sudah bekerja sama dengan XL itu tidak lama lagi bisa dimainkan pelanggan XL.

Jadi, bagi para penggemar gim di Indonesia, bersiaplah!

Print Friendly

Baca juga:

2 comments on “KotaGames, Social Games Berbasis WAP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *