Makin Mudah Berinternetan Nyaman via Mobile

Seiring dengan semakin berkurangnya pelanggan memanfaatkan layanan voice dan SMS, yang selama ini menjadi tumpuan pendapatan dari para operator, tampaknya pelayanan terhadap para pengguna layanan data dan internet via mobile semakin diperhatikan, baik dalam hal kemudahan penggunaan, kenyamanan, maupun tarif. Hal itu semakin terasa dalam beberapa waktu belakangan ini.

Bisa jadi itu semua karena para operator seluler semakin menyadari bahwa peluang dalam layanan data dan internet masih sangat besar. Begitu juga tingkat persaingannya yang –sepertinya– masih belum seketat persaingan dalam bidang layanan suara dan SMS. Tentunya ini merupakan kesempatan bagi setiap operator seluler untuk membuat semakin banyak yang menggunakan layanan paket data dan internetnya.

Salah satu caranya adalah dengan membuat setiap pelanggan merasa gampang dan nyaman dalam berinternet via mobile. Biasanya, untuk dapat berinternet dengan menggunakan layanan dari operator seluler harus dimulai dengan langkah membuat pengaturan tertentu dengan memasukkan informasi APN dan sebagainya, baik secara manual atau minta dikirimi oleh pihak operator seluler via SMS. Suatu kondisi yang terkadang cukup menyita waktu dan terasa berbelit-belit, karena tidak setiap orang mengetahui dan mampu melakukan langkah itu dengan cepat.

Rasanya masih lebih banyak pengguna yang tidak tahu atau tidak hapal dengan urusan seperti itu ketimbang yang sudah tahu. Jika kondisi seperti ini terus dibiarkan tanpa solusi yang memudahkan pelanggan tentunya akan menghambat peningkatan penggunaan layanan internet yang ditawarkan operator seluler.

Baguslah sekarang langkah itu sudah dimudahkan oleh pihak operator seluler, seperti yang sudah dilakukan XL belum lama ini dalam meningkatkan layanannya kepada pelanggan.

Sekarang, setiap pengguna kartu XL yang ingin memanfaatkan layanan internet yang ditawarkan XL tidak perlu lagi pusing dengan urusan setting APN secara manual. Saat ini pada setiap kartu XL sudah langsung dilengkapi dengan fitur setting internet secara otomatis. Pelanggan hanya perlu memasukkan kartunya ke ponsel atau tablet PC. Setelah itu, bisa langsung terkoneksi ke internet tanpa perlu memikirkan soal setting APN dan sebagainya.

Hal itulah yang saya alami ketika beberapa hari lalu membeli kartu XL untuk dipasang ke ponsel pintar trial yang membutuhkan koneksi internet untuk menikmati fiturnya secara maksimal. Begitu kartu XL saya pasang ke slot yang tersedia, saya tidak perlu lagi memasukkan APN secara manual atau lewat SMS untuk mulai berinternet dengan koneksi XL.

Selain fitur setting internet otomatis, ternyata XL juga sekarang memberikan kemudahan lain bagi pengguna layanan koneksi internetnya. Yaitu, penambahan cara pengecekan sisa kuota dan masa berlaku paket internet yang sedang digunakan pelanggan.

Selama ini, setahu saya dan yang biasa saya lakukan, untuk mengetahui sisa kuota dan masa berlaku paket internet XL caranya adalah dengan menekan *123# di ponsel, kemudian pilih Pengaturan Internet, lalu pilih Cek Kuota, selanjutnya akan tampil informasi kuota yang tersisa dan masa aktif dari paket internet XL yang sedang digunakan.

Saya baru tahu bahwa ternyata sekarang ada dua cara lain juga untuk memeriksa sisa kuota dan masa berlaku paket internet XL. Cara baru pertama adalah lewat SMS. Dengan mengetik KUOTA dan mengirimnya ke nomor 868, sesaat kemudian pelanggan akan menerima informasi kuota dan masa aktif paket internet XL yang sedang digunakan.

Cara kedua adalah melakukan pengecekan melalui http://123.xl.co.id/. Tanpa perlu login, di situs ini pelanggan bisa memperoleh informasi mengenai jumlah kouta yang tersisa dan masa aktif paket internetnya.

Semoga bakal ada kemudahan-kemudahan lain yang diberikan bagi para pengguna layanan internet via mobile. Tidak hanya oleh operator seluler tertentu, tapi juga diikuti oleh seluruh operator seluler lainnya. Semoga. 🙂

Print Friendly, PDF & Email

Baca juga:

3 comments on “Makin Mudah Berinternetan Nyaman via Mobile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *