Layanan Komputasi Awan di Indonesia Semakin Bersaing

Belakangan ini, tampaknya semakin banyak pengguna layanan solusi komputasi awan (cloud solution) di Indonesia, meskipun masih didominasi oleh kalangan perusahaan. Bisa jadi hal itu terjadi karena semakin banyak pengelola perusahaan di sini yang semakin menyadari pentingnya dan kelebihan menggunakan layanan itu.

Dengan menggunakan layanan komputasi awan, setidaknya pihak perusahaan tidak perlu dipusingkan lagi dengan urusan investasi pembangunan data center tersendiri sendiri dan pemeliharaannya serta hal-hal terkait lainnya ketika membutuhkan solusi komputasi skala besar. Apalagi koneksi internet berkecepatan tinggi, yang dibutuhkan dalam menggunakan layanan komputasi awan, semakin lama semakin banyak ditawarkan oleh berbagai penyedia layanan telekomunikasi di sini.

Meskipun demikian, tetap saja diperlukan kecermatan dalam memilih pihak penyedia layanan komputasi awan yang tepat. Sebaiknya pemilihan tidak dilakukan secara sembarangan, apalagi hanya berdasarkan harga murah, mengingat hal ini terkait dengan lalu lintas data penting milik perusahaan.

Untunglah, seiring dengan berjalannya waktu dan juga mungkin melihat besarnya peluang yang ada, di Indonesia semakin banyak nama besar yang didukung dengan pengalaman tinggi di bidang terkait juga ikut terjun dalam bisnis layanan solusi cloud computing sehingga calon pengguna di Tanah Air semakin memiliki banyak pilihan. Salah satu yang terbaru adalah PT. XL Axiata Tbk (XL).

Belum lama ini, tepatnya 10 Mei 2012 lalu, XL meluncurkan layanan komputasi awan bernama XCloud. Tidak tanggung-tanggung, untuk memaksimalkan layanan barunya ini, XL bekerja sama dengan 6 mitra bisnis yang sudah berpengalaman di bidang information technology (IT), baik pada skala nasional maupun internasional. Keenam mitra bisnis itu adalah Huawei, Fujitsu, IBM, Intratech, Mandawani, dan Microsoft.

Pemilihan para mitra bisnisnya itu bukan tanpa alasan jelas. Teknologi komputasi awan dari nama-nama itu terbukti mempunyai tingkat kehandalan tinggi dan sejauh ini telah diterapkan di banyak negara. Hal tersebut yang akan dipadukan dengan kekuatan XL di sisi brand dan jumlah pelanggannya sehingga menjadi sebuah layanan solusi komputasi awan yang lengkap dan berkualitas tinggi.

Ada beberapa solusi layanan yang sudah disiapkan XL untuk ditawarkan melalui XCloud. Salah satunya adalah Infrastructure as a service (IaaS), di mana dalam hal ini XL menyiapkan layanan hosting, penyimpanan data, serta server melalui jaringan publik internet.

Selain itu, XCloud juga akan menyediakan layanan Software as a Services (SaaS) bagi Microsoft Office 365, produk baru dari Microsoft, kepada para pelanggannya. Katanya sih, XL merupakan operator pertama yang ditunjuk Microsoft untuk mempersiapkan layanan barunya itu.

Yang tidak kalah menarik, sebagai komplemen dari pusat datanya yang ada di Indonesia, XL juga siap menyediakan layanan komputasi awan bagi pelanggan yang menginginkan datanya disimpan di data center yang memiliki kualitas kelas dunia. Dengan menggandeng mitra bisnisnya, XL ternyata sudah menyiapkan data center di Singapura juga dengan standar kualitas Singapore Data Center, tempat di mana perusahaan-perusahaan besar tingkat dunia memercayakan data mereka disimpan di negara itu.

Sementara mengenai tarifnya, tidak perlu khawatir. Pihak XL memastikan siap bersaing dengan tarif kompetitif untuk menghadapi apa yang ditawarkan oleh penyedia layanan komputasi awan lain yang menggunakan data center di Indonesia.

Secara keseluruhan, layanan XCloud dari XL menawarkan empat manfaat utama kepada penggunanya. Yaitu, simpel, cepat, fleksibel, dan biaya yang dapat dikontrol. Semoga dengan demikian calon pelanggan tidak perlu repot mencari-cari pilihan lain.

Print Friendly, PDF & Email