Pengalaman Ikut XLNetRally 2012

XLNetRally 2012

Akhir pekan lalu, tepatnya 6-7 Juli 2012, saya berangkat ke Yogyakarta atas undangan PT XL Axiata Tbk. (XL) untuk mengikuti XL Network Rally (XLNetRally) 2012.

Asal tahu saja, XLNetRally adalah acara uji coba jaringan XL di sepanjang jalur mudik dalam rangka menyambut bulan Ramadhan dan Lebaran. Setahu saya, acara ini sudah rutin diadakan XL dalam beberapa tahun terakhir, tapi baru tahun ini saya berkesempatan mengikutinya. 🙂

Kali ini, peserta XLNetRally 2012 terdiri dari staf XL, wartawan, dan blogger/netizen yang terbagi dalam beberapa tim dan moda transportasi, sesuai dengan kota keberangkatan. Tim dari Jakarta berangkat naik kereta api ke Semarang kemudian melanjutkan perjalanan dengan bus, sedangkan dari Bandung dan Surabaya naik mobil. Semuanya menuju Yogyakarta sebagai kota pertemuan. Saya sendiri berangkat dari Surabaya.

Seperti pesan dari Estella Maria (Corporate Communication XL East Region) sehari sebelumnya, seharusnya peserta yang berangkat dari Surabaya berkumpul jam 06:00 WIB di kantor XL, Jl. Pemuda, Surabaya. Tapi, karena baru tidur jam 4 pagi, jadinya saya bangun kesiangan! :mrgreen:

Saya tiba di lokasi keberangkatan sekitar pukul 07:30 WIB. Syukurlah masih ditunggu oleh salah satu dari tiga mobil yang digunakan oleh tim Surabaya. Mobil lainnya sih sudah berangkat duluan. Ups! Maaf! 😳

XLNetRally 2012
Hazad Khan (Manager HR & EA XL East Region) melakukan pengecekan jaringan XL di BTS HUT Jombang. FOTO: Benny Chandra

Perjalanan XLNetRally 2012 dari Surabaya pun dimulai. Ada tiga mobil yang digunakan. Saya semobil dengan Rusa Bawean yang juga blogger asal Surabaya, perwakilan XL Surabaya, dan wartawan.

Di dalam mobil, ternyata disediakan konsumsi cukup lengkap. Ada berbagai jenis minuman kemasan, kudapan, dan nasi krawu sebagai sarapan. Asyik! 🙂 Sambil menikmatinya, sesekali saya melirik ke ponsel untuk melihat sinyal XL yang tertangkap di sana sebagai bahan live tweet.

XLNetRally 2012
Penampakan Rusa Bawean di BTS HUT Jombang.

Dalam perjalanan dari Surabaya menuju Jogja (sebutan lain kota Yogyakarta), kami sempat singgah di beberapa tempat. Di Jombang, kami mampir sebentar di BTS HUT Jombang milik XL untuk menemani Hazad Khan (Manager HR & EA XL East Region) dan teknisi XL melakukan pengecekan jaringan. Selanjutnya, Rumah Makan “Sederhana” di Caruban, Madiun menjadi lokasi pemberhentian kami untuk bersantap siang.

Sepanjang perjalanan, secara umum, sinyal XL terpantau cukup baik. Tapi saat melewati daerah Mantingan, Ngawi, sinyalnya sempat menghilang, baik GPRS maupun 3G. Syukurlah kondisi itu tidak berlangsung lama. Sesaat kemudian, sinyalnya muncul lagi meskipun hanya GPRS.

Kebanyakan rute yang kami lewati memang belum semuanya terjangkau sinyal 3G milik XL, lebih banyak hanya sinyal GPRS. Tapi, ketika saya iseng berinternet di ponsel saat hanya mendapat sinyal GPRS saja, ternyata koneksinya cukup lancar. Lumayan.

Yogyakarta, saya datang!

Bagi orang-orang seperti saya, yang selalu butuh tersambung ke internet setiap saat, keberadaan sinyal 3G memang sangat penting. Namun, berdasarkan pengalaman saya tadi itu ditambah dengan data penggunaan layanan XL pada Lebaran tahun lalu di jalur mudik, sepertinya ada atau tidak ada sinyal 3G pada jalur mudik wilayah Selatan itu bukan sesuatu yang sangat diperlukan pelanggan. Yang lebih penting adalah kestabilan kualitas jaringan. Keberadaan BTS XL se-Jawa yang katanya sudah mencapai 12.540 buah dan terus bertambah itu seharusnya bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

Dari obrolan dengan Hazad dan Eko Wahyu (Manager Field Operation East Java 2) dalam perjalanan, saya mendapat informasi bahwa saat Lebaran tahun 2011 lalu, penggunaan layanan data atau internet oleh pelanggan XL memang naik hingga sekitar 14%. Tapi, ternyata peningkatan penggunaan layanan suara (voice) dan SMS lebih besar dari angka itu. Sebuah informasi yang menarik untuk dicermati.

Sementara itu, memeleset dari perkiraan semula, mendekati pukul 4 sore kami masih berada di daerah Solo. Untunglah sepanjang perjalanan, obrolan di dalam mobil XLNetRally 2012 diwarnai dengan berbagai topik seru. Tidak hanya soal jaringan atau hal berbau teknis saja tapi juga topik-topik menarik seperti pengalaman menyelesaikan berbagai masalah seputar menara BTS, toilet berbayar di mal, perlunya positioning dalam bisnis mal, politik, dan (tentunya!) kuliner! 🙂

Halo Yogyakarta!

Sebenarnya sekitar pukul 6 sore, tim Surabaya sudah memasuki kota Jogja, tapi karena sempat kesasar, baru sejam kemudian kami sampai di Gubug Makan Mang Enking yang menjadi tempat makan bersama tim XLNetRally 2012 dari Jakarta juga. Adapun tim dari Bandung terhambat kemacetan di sejumlah titik sehingga baru tiba di Jogja lewat tengah malam.

Saat berjumpa dengan rombongan tim dari Jakarta dan Bandung, ada beberapa peserta yang saya kenal dan pernah bertemu sebelumnya. Seperti Adham Soemantrie, Wiwikwae, Basi “Markum” Banget, dan Nita Sellya.

Tapi ada juga yang baru saya jumpai langsung dalam kesempatan kali ini. Di antaranya dengan Saranto, WowKonyol, Arya, Catur, Benny Nugroho, serta Alin dan Intan, dua rangers kondang di balik akun XLCare. 🙂

Selesai makan, saya dan rombongan XLNetRally 2012 dari Surabaya langsung lanjut ke The House of Raminten, sebuah tempat nongkrong di Jogja yang menjadi salah satu topik bahasan kami di mobil tadi. Sayangnya, ketika tiba di lokasi, antreannya cukup banyak. Akhirnya kami memutuskan untuk ke hotel aja ketimbang harus nunggu berjam-jam di tempat yang buka 24 jam itu.

The House of Raminten
The House of Raminten.

Sampai di hotel Grand Quality, saat saya belum sempat mandi, eh tiba-tiba ada telepon dari Adham yang ngajak ngopi bareng dengan beberapa peserta lain di Angkringan Kopi Joss. Tawaran yang jelas sulit ditolak. 😀

Kami baru kembali ke hotel menjelang tengah malam usai mencoba kopi joss yang merupakan kopi dicelupi potongan arang itu. Bagi saya sih, yang menarik dari kopi joss itu adalah sensasinya, bukan rasa kopinya. 🙂

XLNetRally 2012
Suasana di bus mewah. FOTO: Benny Chandra.

Besok paginya, setelah sarapan di hotel, saya dan Rusa langsung check out lalu menunggu di lobi hotel bersama para peserta lain untuk berangkat menuju ke Liquid Cafe mengikuti sesi talk show.

Kami berangkat ke lokasi acara siang itu dengan naik bus mewah yang dipakai tim XLNetRally 2012 dari Jakarta sehari sebelumnya dari Semarang menuju Jogja. Interiornya sih memang terlihat cukup mewah tapi susunan tempat duduknya terkesan kurang nyaman.

XLNetRally 2012
Serupa tapi tak sama. Carilah lima perbedaan dalam dua foto di atas ini. Eh, gak perlu :p

Saat kami tiba di lokasi acara sekitar pukul 12 siang, sesi talk show XLNetRally 2012 belum dimulai. Saya masih sempat menikmati gudeg dan beberapa makanan lain yang menjadi menu makan siang hari itu.

Karena jadwal penerbangan saya untuk pulang ke Surabaya sekitar jam 4 sore, saya tidak bisa mengikuti acara talk show siang itu sampai selesai. Sekitar jam 2 siang saya sudah harus berangkat ke bandara.

XLNetRally 2012
Presentasi Asep Supriatna (O&M Manager XL) soal kesiapan jaringan XL. FOTO: Benny Chandra.
Harry Deje, Corporate Communications Manager XL, (kanan) bersama Intan dan Alin memperkenalkan keberadaan akun XLCare di Twitter. FOTO: Benny Chandra.

Saya hanya sempat mendengarkan paparan dari Asep Supriatna (O&M Manager XL), Harry Deje (Corporate Communications Manager XL) bersama Alin dan Intan, dan Edo Rusyanto (blogger Oto Blogger Indonesia).

XLNetRally 2012
Intan dan Alin, dua rangers akun XLCare. FOTO: Benny Chandra.

Setelah tiba di bandara internasional Adisucipto (JOG), saya baru tahu kalau ternyata pihak XL sebenarnya sudah menyiapkan 1 dus oleh-oleh khas Jogja bagi setiap peserta. Tapi, oleh-oleh untuk saya sempat lupa diberikan. Berhubung penerbangan saya delayed dua jam, oleh-oleh XLNetRally 2012 itu masih sempat disusulkan lewat peserta lain yang berangkat belakangan ke bandara. Tumben kali ini urusan delayed ada sisi positifnya. 😆

Masih soal oleh-oleh. Karena mengira isinya adalah bakpia, dus itu tidak langsung saya buka setiba di rumah. Besoknya, begitu dibuka, ternyata isinya tidak hanya bakpia saja. Ada paket gudeg kendil Yu Djum yang terkenal itu juga! Langsung deh jadi menu sarapan. :mrgreen: