Ajakan Menikmati “Live Experience” Teknologi Komunikasi di Mal

Dunia teknologi informasi dan komunikasi adalah dunia yang penuh dinamika. Perkembangannya semakin lama semakin dinamis. Semua hal yang terlibat di dalamnya terus bergulir dengan cepat. Bahkan kadang-kadang bisa terbilang sangat cepat.

Jika dahulu produsen dari produk teknologi informasi dan komunikasi (TIK) rata-rata perlu waktu beberapa tahun sekali untuk merilis inovasi terbarunya, sekarang sudah jauh lebih singkat.

Zaman sekarang, rata-rata setiap tahun para produsen di bidang TIK berlomba meluncurkan inovasi produk terbaru. Dalam setahun pun, terkadang tidak hanya satu atau dua produk baru yang ditawarkan kepada calon konsumen, tapi bisa lebih dari itu.

Perkembangan pesat itu tidak hanya menyangkut produk saja, tapi layanan terkait dengan TIK juga demikian. Lihatlah, para operator seluler seperti berlomba untuk selalu menawarkan layanan terbaru kepada pelanggan maupun calon pelanggan. Hampir setiap bulan selalu saja ada inovasi atau terobosan baru yang digulirkan, termasuk di dalamnya promosi menarik dari layanan yang sudah ada.

Namun semua perkembangan super cepat itu jika tidak dibarengi dengan dukungan program edukasi kepada konsumen maupun calon konsumen tentu akan memunculkan kendala tersendiri bagi pihak produsen dan operator. Khususnya dalam mengenalkan dan memasarkan produk dan layanan TIK terbaru.

Dengan keberadaan berbagai layanan dan produk TIK terbaru yang bermunculan hampir setiap bulan, masyarakat harus lebih cermat dalam memilih yang paling tepat untuk memenuhi kebutuhan atau keinginannya secara maksimal.

Seandainya masyarakat bisa mencoba berbagai pilihan layanan dan produk TIK terbaru di pasaran dengan mudah, tentunya akan sangat memudahkan dalam menentukan pilihan final.

Adalah operator seluler XL yang tampaknya menyadari hal itu, dengan menghadirkan XL Xplor pertama di Mal Central Park, Jakarta Barat belum lama ini. Ada yang sudah sempat berkunjung ke sana?

Berdasarkan informasi yang saya terima, XL Xplor itu dikonsepkan sebagai sebuah tempat dan sarana edukasi pelanggan mengenai teknologi layanan data terbaru dalam bentuk showcase terlengkap.

Dengan konsepnya tersebut, katanya sih bisa dibilang XL Xplor merupakan pusat live experience teknologi komunikasi terbaru pertama di Indonesia.

Live experience? Ya, pengunjung XL Xplor tidak hanya bisa melihat tapi juga dapat merasakan pengalaman menggunakan produk dan layanan teknologi informasi komunikasi terbaru. Baik itu dalam hal merasakan layanan data, maupun mengeksplorasi teknologi aplikasi dan ponsel canggih terbaru yang belum beredar di pasaran.

Ada empat perusahaan berpengalaman di bidang teknologi komunikasi yang diajak XL bekerja sama untuk memperkuat XL Xplor. Yaitu, Qualcomm, Ericsson, Erafone, dan Dikotakita. Adanya kerja sama ini membuat pengunjung dapat menikmati teknologi prosesor dan perangkat ponsel mutakhir, paket bundling, aplikasi Twitter Tree, vocer belanja dari tenant Central Park, serta Paddle Pop device (kerjasama Nokia dan Unilever).

XL Xplor bebas dikunjungi oleh siapa pun, termasuk anak-anak, yang ingin mendapatkan edukasi tentang teknologi komunikasi dan informatika sesuai dengan kebutuhannya. Pengunjung juga dapat berkonsultasi secara gratis mengenai layanan yang dibutuhkan.

Secara garis besar, ada tiga jenis layanan yang disediakan kepada pengunjung XL Xplor. Yakni, showcase dan experience, program marketing untuk pelanggan XL, dan Iayanan keluhan pelanggan.

Berbagai aplikasi seperti XL Photo, XL Mall, games, dan XL Tunai dapat diperoleh di XL Xplor. Khusus untuk pelanggan XL, tersedia pula layanan VAS yang dapat diunduh dari UMB.

Yang tidak kalah menarik, XL Xplor bisa juga digunakan sebagai tempat kegiatan seperti games competition, community gathering, ataupun join promo terkait dengan teknologi informasi.

Oh ya, setelah Central Park, kabarnya XL Xplor akan segera dibuka di pusat belanja lainnya di Jakarta. Salah satunya adalah Senayan City.

Semoga XL Xplor bakal hadir di Surabaya juga. 🙂

Print Friendly, PDF & Email