MozKopdarGTO September 2012: MozKopdar Serba Pertama

Akhirnya MozKopdarGTO bisa terselenggara di Gorontalo! Tepatnya, pada hari Jumat, 28 September 2012 lalu. Ini merupakan MozKopdar Mozilla Indonesia pertama kali yang diadakan di Gorontalo, bahkan ternyata juga jadi yang pertama untuk wilayah Pulau Sulawesi! 🙂

MozKopdarGTO September 2012

Oh ya, MozKopdarGTO adalah acara kopdar (small meetup) bulanan para pengguna dan simpatisan Mozilla di Gorontalo dan sekitarnya. Sebelumnya, MozKopdar Mozilla Indonesia sudah diadakan di sejumlah kota seperti Jakarta, Bekasi, Bandung, dan Surabaya.

MozKopdarGTO September 2012

Bertempat di Double Dipps Coffee, Gorontalo, acara MozKopdarGTO edisi perdana dimulai sekitar pukul 7 malam WITA. Secara bertahap, satu per satu para peserta mulai berdatangan. Selain suvenir Mozilla yang dikirim langsung dari Inggris, peserta juga mendapatkan minuman gratis dan bisa menikmati berbagai kudapan yang tersedia. Tercatat, jumlah peserta MozKopdarGTO kali ini sebanyak 15 orang, termasuk saya.

MozKopdarGTO September 2012

Dalam kesempatan itu, saya menyampaikan sejumlah informasi seputar Mozilla. Mulai dari versi terbaru dari Firefox for desktop dan Firefox for Android, rencana akan berlangsung MozCampAsia 2012 di Singapura, aktivitas ID-Mozilla (Komunitas Mozilla Indonesia), Mozilla Persona, hingga mengenai Nawala Mozilla atau Mozilla Newsletter berbahasa Indonesia yang baru saja diluncurkan sehari sebelumnya.

MozKopdarGTO September 2012

Kemudian, acara dilanjutkan dengan diskusi ringan mengenai proyek-proyek Mozilla. Ada beberapa ide menarik dilontarkan oleh para peserta pada malam itu. Semoga ide-ide tersebut bisa berlanjut jadi kenyataan. 🙂

Seperti biasa, menjelang berakhir acara, saya mengadakan kuis berhadiah. Peserta MozKopdar yang berhasil menjawab pertanyaan kuis dengan benar bisa membawa pulang kaus keren Mozilla Firefox.

MozKopdarGTO September 2012

Menjelang pukul 22:00 WITA, acara MozKopdarGTO perdana pada hari itu pun berakhir dengan foto bersama seluruh peserta sebagai penutup.

MozKopdarGTO September 2012

Terima kasih atas kedatangan teman-teman di Gorontalo ke MozKopdarGTO. Terima kasih kepada komunitas blogger Saronde atas bantuannya. Awesome! Sampai ketemu lagi! 🙂

MozKopdarGTO September 2012

Oh ya, menjelang acara berakhir, tiba-tiba saya ditanya oleh Agus Lahinta, salah seorang peserta yang sehari-hari berprofesi sebagai dosen di Universitas Negeri Gorontalo (UNG).

“Mas, kapan balik ke Surabaya?”
“Senin.”
“Mas Benny besok bisa mengisi kuliah tamu di UNG? Topiknya boleh mengenai Mozilla atau Mozilla Webmaker.”
“Hmm… Mengenai Mozilla ya? Oke, baiklah. Sampai ketemu besok.”

Akhirnya, malam itu di kamar hotel saya lembur mengerjakan salindia (slide) dadakan untuk bahan kuliah tamu keesokan harinya… 😀

(Soal pengalaman mengisi kuliah tamu mengenai Mozilla di UNG akan saya ceritakan dalam tulisan tersendiri)

Beberapa tulisan peserta MozKopdarGTO:

Print Friendly, PDF & Email