Kolaborasi untuk Meningkatkan Penggunaan Mobile Internet di Indonesia

Hingga saat ini, tampaknya mobile internet masih tetap merupakan sesuatu yang menarik untuk dieksplorasi. Di Indonesia, berbagai hal terus coba dilakukan oleh berbagai pihak dalam meningkatkan dan memaksimalkan penggunaan mobile internet, khususnya dalam hal penggunaan koneksi internet langsung di ponsel pintar milik pengguna.

Kerja sama antara pihak penyedia koneksi internet dan pihak terkait dengan ponsel pintar merupakan salah satu hal yang bisa dilakukan untuk tujuan itu. Contohnya seperti kolaborasi antara XL sebagai salah satu operator telekomunikasi terkemuka di Indonesia dan Google sebagai penyedia sistem operasi Android untuk membangun serta mempromosikan kampanye “XL Rumahnya Android” yang diumumkan belum lama ini.

Kolaborasi bermasa berlaku selama dua tahun itu sepertinya seiring dengan langkah XL yang belakangan ini sibuk terus memperluas jaringan HotRod 3G+ (3.75G) dan membangun BTS 3G (Node B) miliknya.

XL

Sebagai titik awal dari kerja sama itu, kabarnya XL meluncurkan starter pack baru bernama “XmartPlan Android” yang khusus untuk digunakan pada ponsel Android. Dengan paket perdana edisi khusus itu, pengguna bisa mendapatkan layanan data 3GB selama dua bulan, gratis 200 menit menelepon dan 200 SMS, dan juga gratis aplikasi Norton Mobile Security selama 30 hari. Selain itu, 2000 pengguna pertama dari kartu perdana ini berkesempatan menikmati secara gratis layanan penyimpanan data Xcloud sebesar 2GB selama enam bulan.

Terkait dengan kolaborasi itu, XL dengan didukung oleh Google akan mengembangkan program pelatihan bagi tim layanan pelanggan XL agar mampu menjawab berbagai pertanyaan dari pelanggan seputar sistem operasi Android. Nantinya, pelanggan XL dapat menghubungi nomor hotline XL atau mengunjungi XL Center dan Xplor untuk berkonsultasi mengenai Android.

Di samping itu, masih ada langkah lain dari XL untuk mendukung kelancaran kerja sama tersebut. Pihak XL bakal membangun experience center “XL Rumahnya Android” di sejumlah XL Center di Jakarta dan beberapa kota besar lainnya. Nantinya, di tempat itu para pengunjung berkesempatan mencoba langsung berbagai ponsel berbasis Android dari sejumlah produsen yang bekerja sama dengan XL dan juga mendapat informasi seputar Android dan layanan Google. Sebagai tahap awal, untuk sementara, experience center itu hanya akan tersedia di XLC EX Mall – Jakarta dan XLC Marina – Surabaya.

Sebuah terobosan yang cukup menarik, mengingat selama ini belum ada pihak yang secara resmi membuka layanan konsultasi seputar Android di Indonesia. Tentunya terobosan ini akan memberikan dampak cukup besar bagi kedua pihak.

Yang tidak kalah menarik, XL juga akan mengajak komunitas-komunitas Android yang ada di Indonesia untuk terlibat dalam berbagai kegiatan workshop dan roadshow di beberapa kota besar di Indonesia. Di samping itu, XL pula bakal mengundang para pakar dan pengembang aplikasi Android untuk mengisi berbagai acara tersebut.

Jadi, secara garis besar ada 3 alasan yang membuat XL percaya diri dalam mengusung kampanye “XL Rumahnya Android”. Apakah itu?

Yaitu, cepat dengan kualitas jaringan HotRod 3G+, mudah digunakan di ponsel Android merek apa saja, dan aman berkat adanya aplikasi Norton Mobile Security yang disediakan XL secara gratis kepada pelanggan XL Android XmartPlan selama satu bulan.

Tags: ,

Baca juga:

3 Responses to Kolaborasi untuk Meningkatkan Penggunaan Mobile Internet di Indonesia

  1. Keren Juga Sob Article nya !
    Thank’s Atas Infonya Sob

  2. ada yg menarik di artikel ini. kalo di lihat secara sekilas dari atas ke bawah artikelnya ada dua huruf yang dominan XX! tapi terlepas dari itu semua, tulisannya enak seperti tulisannya jurnalis media. :D

  3. Semoga semakin maju saja peningkatan dunia internet di negeri ini,
    Biar jualan saya bisa cepat diakses dengan mudah…
    Heheheeee

Speak Your Mind

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>