Kenangan Sehari Sebelum MozCamp Asia 2012

Seperti tahun lalu, tahun ini saya kembali diundang ke Mozilla Camp (MozCamp) Asia! Berbeda dengan acara tahun 2011 lalu yang berlangsung di Kuala Lumpur – Malaysia, untuk MozCamp Asia 2012 diadakan di Singapura selama dua hari, 17-18 November 2012.

Peserta Community Building Meetup berfoto bersama di depan The Hub, Singapura. FOTO: Pierros Papadeas.

Bagi yang mungkin belum tahu, MozCamp Asia adalah acara kopdar selama dua hari bagi para sukarelawan Mozilla terpilih dari berbagai negara di Asia dan staf Mozilla yang diisi dengan talk show (gelar wicara), workshop (lokakarya), dan diskusi.

DSC_8650-800


Dari Indonesia, saya tidak sendiri. Bahkan untuk tahun ini sebenarnya total ada 15 orang yang diundang mewakili kontingen Indonesia, lebih banyak ketimbang tahun lalu. Tapi, sayangnya yang akhirnya bisa ikut berangkat ke Singapura hanya 13 orang. Yaitu, saya, Viking Karwur, Yofie Setiawan, Irayani “Rara” Queencyputri, Fauzan Alfi, Artanto “Peppe” Ishaam, Ademas, Andi Darmawan, Jemmy Novy, Finan Akbar, Risman Rangga, Zulkarnain, dan Faisal Asad. Dua orang undangan lainnya mendadak berhalangan hadir.

Ticket

Tidak seperti tahun lalu yang berangkat lewat Jakarta, Kali ini saya terbang langsung dari Surabaya.

Dari Bandara Juanda Surabaya (SUB), saya berangkat pada tanggal 16 November 2012 dengan penerbangan China Airlines jam 06:05 WIB. Untunglah saya mendapat penerbangan paling pagi dari SUB, menggunakan maskapai full service pula, sehingga masih bisa mengikuti pre-event yang berlangsung pada hari itu mulai dari pagi.

Setelah tiba di Bandara Changi Singapura (SIN) sekitar pukul 09:35 waktu setempat, saya langsung menuju hotel dengan menggunakan MRT setelah sebelumnya bertemu dengan panitia yang bertugas di bandara.

DSC_8659-800

Para peserta, termasuk saya, diinapkan di V-Hotel yang terletak di dekat Stasiun MRT Lavender. Tiba di hotel, ternyata saya sudah boleh check-in meskipun saat itu baru sekitar pukul 10 pagi. Saya sekamar dengan Risman yang tiba bersama teman-teman dari Bandung tidak lama kemudian.

DSC_8670-800
MozCamp Asia 2012
DSC_8673-800

Setelah menaruh koper dan beristirahat sejenak, saya dan Risman berangkat ke gedung The Hub di daerah Somerset untuk mengikuti acara “Community Building Meetup” yang berlangsung dari jam 9 pagi hingga jam 3 sore. Di tempat itu, kami berjumpa dengan Viking dan Peppe yang sudah beberapa jam sebelumnya.

Kelar acara itu, saya dan beberapa teman dari Indonesia berjalan menuju ke *SCAPE, sebuah gedung kegiatan anak muda Singapura, yang beberapa ruangannya dipakai untuk MozCamp Asia kali ini.

Di gedung yang berlokasi di jalan Orchard Link tersebut, kami melihat-lihat persiapan acara yang akan berlangsung keesokan harinya dan juga membantu mempersiapkan isi goodie bag untuk peserta.

Sore itu, Singapura diguyur hujan cukup deras. Acara “MozCamp Welcome Event” dan “Country Fair” yang diadakan di The Lawn yang tempatnya agak terbuka, sempat agak tertunda karena menunggu hujan reda.

MozCamp Asia 2012

Untunglah hujannya cepat mereda. Menjelang pukul 8 malam waktu setempat, acaranya pun dapat dimulai.

MozCamp Asia 2012
HM0A9062

Menu makanan dan minuman yang tersedia cukup beragam. Suasananya juga cukup meriah.

MozCamp Asia 2012

Bahkan semakin malam suasana semakin meriah dengan tampilnya sebagian peserta beserta maskot Firefox bergoyang ala Gangnam Style. :lol:

MozCamp Asia 2012
MozCamp Asia 2012
MozCamp Asia 2012

Dari acara penyambutan itu, rombongan Indonesia langsung menuju hotel, tidak sempat jalan-jalan ke tempat lain.

Tapi, setelah tiba di hotel, saya dan beberapa teman (termasuk Bram Pitoyo, orang Indonesia yang menjadi staf Mozilla, yang baru tiba dari New Zealand) keluar lagi untuk nongkrong di kedai kopi di dekat hotel sambil menikmati traktiran segelas kopi oleh Rara dalam rangka ultahnya yang jatuh sehari sebelumnya. :razz:

Kami tidak terlalu lama ngopi di situ karena mengingat besoknya harus bangun pagi menuju lokasi MozCamp Asia 2012 untuk mengikuti acara di hari pertama. Apalagi sarapannya nanti tidak di hotel.

Tags: , ,

Baca juga:

5 Responses to Kenangan Sehari Sebelum MozCamp Asia 2012

  1. Rusa:

    Aaakkk bang Ben selalu sukses bikin iri. Bang Ben selalu menjadi orang yangs angat menginspirasi aku. Keren bang Ben…

  2. Pingback: Kenangan Hari Pertama MozCamp Asia 2012 | BennyChandra.com

  3. Pingback: BennyChandra.com

  4. Pingback: Kenangan Lain yang Tersisa dari MozCamp Asia 2012 | BennyChandra.com

Speak Your Mind

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>