Kenangan Sehari Sesudah MozCamp Asia 2012

Resminya, MozCamp Asia 2012 hanya berlangsung sampai hari Minggu, 18 November 2012 lalu. Namun, sebenarnya keesokan harinya masih ada satu sesi tambahan yang bisa diikuti oleh peserta yang berminat. Yaitu, “Evangelism Reps Training” oleh Christian Heilmann (Principal Evangelist Mozilla) yang diadakan di The HUB mulai jam 10 pagi sampai 2 siang.

MozCamp Asia 2012

Saya, tentu saja, mendaftar. Apalagi saya baru akan kembali ke Surabaya pada malam harinya. Peserta dari Indonesia, selain saya, sebenarnya cukup banyak juga yang mendaftar, tapi mereka tidak bisa mengikutinya sampai selesai karena rata-rata jam penerbangan mereka kembali ke Jakarta terbilang agak mepet dengan jam berakhirnya pelatihan ini.

Evangelism Reps Training

Suasana sesi Evangelism Reps Training di The HUB. FOTO: Yofie Setiawan.

Saya datang agak terlambat ke acara pelatihan itu, karena sebelumnya sekalian harus check out terlebih dahulu dari hotel. Saya baru tiba di lokasi acara menjelang pukul 11 siang. Acara sudah dimulai tapi teman-teman dari Indonesia lainnya belum terlihat. Mereka baru mulai berdatangan sekitar satu jam kemudian. 🙂

Ikut pelatihan bersama teman-teman dari Indonesia. FOTO: Pierros Papadeas.

Pelatihan diawali dengan sedikit teori dan kemudian dilanjutkan dengan praktik mempersiapkan presentasi secara berkelompok. Beberapa orang staf Mozilla lainnya juga ikut bergabung. Kemudian, setiap kelompok mendapat giliran untuk tampil di depan menyajikan presentasinya.

MozCamp Asia 2012

Foto bersama Christian Heilmann.

Saat istirahat jam makan siang, terlihat Mitchell Baker (Chairwoman Mozilla) menyempatkan diri hadir di tempat itu.

Setelah acara usai sekitar pukul 2 siang, saya masih punya waktu sekitar 2-3 jam sebelum berangkat ke bandara. Sempat berencana akan ke tempat hiburan yang ada di Pulau Sentosa, tapi setelah mempertimbangkan jarak, waktu, dan anggaran, akhirnya tidak jadi deh. Semoga bisa di lain kesempatan.

MozCamp Asia 2012

Jadi, enaknya ke mana? Bingung juga mau ke mana dengan waktu yang terbatas, sendirian pula. Kemudian, saya memutuskan untuk acara jalan-jalannya cukup sebentar saja dengan memilih pergi ke tempat yang tidak terlalu jauh dari lokasi hotel.

Suasana di daerah Bugis. FOTO: Benny Chandra.

Keluar dari The HUB, saya makan lagi dan jalan-jalan di sekitar daerah Somerset situ. Lalu, dengan menumpang MRT, saya menuju ke daerah Bugis. Di sana, saya hanya sekadar jalan-jalan di mal dan pasarnya saja, tanpa berbelanja. Oh ya, saya sempat bertemu dengan beberapa staf Mozilla yang juga sedang jalan-jalan. 🙂

MozCamp Asia 2012

Lewat pukul 5 sore waktu setempat, saya kembali hotel untuk mengambil koper. Dari situ, saya langsung berangkat ke bandara Changi, tetap dengan menggunakan MRT.

Tiba di Changi, saya langsung menuju konter China Airlines untuk check in. Setelah urusan itu beres, ternyata saya masih punya waktu hampir dua jam sebelum boarding.

Biar lebih ‘bermanfaat’, waktu yang tersisa saya gunakan untuk jalan-jalan dan makan-makan di seputar Terminal 1 Changi, sebelum akhirnya harus masuk ke ruang tunggu dan berlanjut naik pesawat untuk kembali ke Surabaya.

MozCamp Asia 2012

Selamat tinggal, MozCamp Asia. Selamat tinggal, Singapura. Sampai berjumpa lagi! 🙂