Alternatif Mudah untuk Kirim dan Terima Uang antar Negara

Berbahagialah kita yang hidup di era masa kini. Berbagai urusan yang dahulu terasa lama dan ribet, sekarang makin cepat dan mudah. Urusan menerima dan mengirim uang tunai antar daerah berbeda, misalnya, kini semakin gampang.

Padahal dahulu, untuk urusan itu kita harus menyempatkan diri datang ke bank (LLG dan RTGS) atau kantor pos (lewat wesel pos). Sudah begitu, prosesnya juga butuh waktu tersendiri.

Sekarang, tidak lagi harus seperti itu. Belakangan ini mulai bermunculan alternatif cara penerimaan dan pengiriman uang dengan kanal yang lebih moderen. Bahkan kini sudah ada layanan yang memungkinkan kita untuk menerima kiriman uang dari luar negeri lewat ponsel, seperti yang ditawarkan operator seluler XL lewat layanannya yang bernama XL Tunai.

XL Tunai adalah layanan dompet virtual dalam ponsel yang dapat diisi dengan uang elektronik dan digunakan untuk pembelanjaan di toko, pembayaran tagihan, pembelian tiket, belanja daring, dan pengiriman uang antar pengguna.

Peluncuran XL Tunai International Remittance di Jakarta belum lama ini. FOTO: dok. XL.

Saat awal diluncurkan pada pertengahan tahun lalu, layanan tersebut masih terbatas untuk antar wilayah di dalam negeri saja. Sekarang jangkauannya menjadi lebih luas dengan adanya layanan XL Tunai International Remittance. Dengan layanan baru yang merupakan hasil kerja sama dengan Western Union dan Celcom Axiata (Air Cash) ini, pelanggan XL sekarang juga dapat menerima kiriman uang dari luar negeri. Untuk pengiriman uang ke luar negeri masih belum diberlakukan.

Pengiriman uang melalui Western Union bisa dilakukan dari Malaysia, Arab Saudi, Hong Kong, Singapura, dan lebih dari 100 negara lainnya. Ada pun jika via Celcom Axiata (Air Cash), pengiriman dapat dilakukan oleh pelanggan Celcom di Malaysia.

Penerima kiriman uang harus memastikan kartu XL yang dimilikinya masih aktif dan dapat menerima SMS. Jika ada kiriman uang via XL Tunai, pihak penerima akan mendapatkan notifikasi berupa SMS. Perlu diingat, agar bisa menerima dan menarik uang melalui layanan XL TUNAI International Remittance, pelanggan harus memiliki akun XL TUNAI terlebih dahulu.

Untuk pengiriman uang dari negeri lain ke Indonesia, konversi mata uang dilakukan di agen pengirim yang ada di luar negeri ke dalam bentuk mata uang Rupiah di saldo XL TUNAI. Biaya transaksi pengiriman (sesuai tarif yang berlaku di Western Union dan Celcom Air Cash) ditanggung oleh pengirim. Sementara untuk melakukan penarikan uang, pelanggan akan dikenai biaya lima ribu rupiah saja bila penarikan di bawah Rp 200.000. Sedangkan untuk penarikan di atas Rp 200.000 sampai dengan maksimal Rp 5.000.000, biayanya adalah sepuluh ribu rupiah.

Penarikan uang bisa dilakukan melalui XL Center, kantor penyalur resmi XL, agen XL TUNAI atau gerai eceran XL yang bertanda khusus di seluruh Indonesia. Bahkan, tidak lama lagi penarikan juga akan dapat dilakukan di salah satu jaringan mini market yang gerainya tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Selain itu, pelanggan juga bisa melakukan penarikan secara Cash On Delivery atau layanan antar uang yang telah tersedia di beberapa kota di Pulau Jawa, seperti di Jakarta, Cirebon, Tegal, Indramayu, Sumenep, dan Jember. Jangan lupa untuk membuat perjanjian terlebih dahulu di lokasi yang disepakati oleh pelanggan dan Pak Tunai (istilah untuk petugas XL Tunai).

Kabarnya, hingga saat ini telah ada sebanyak 250.000 pelanggan XL yang telah memanfaatkan layanan XL Tunai. Di sisi lain, hampir 10 ribu agen di seluruh Indonesia telah siap melayani pendaftaran/pembukaan akun XL TUNAI dan setoran maupun penarikan uang.

Tags: ,

Baca juga:

One Response to Alternatif Mudah untuk Kirim dan Terima Uang antar Negara

  1. afan:

    Yang punya bisnis bisa tambah lancar nihh.. :)

Speak Your Mind

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>