Diundang Mozilla ke Yunani untuk “Webmaker Training Days”

Saya dan tiga sukarelawan Mozilla Indonesia lainnya (Artanto Ishaam, Fauzan Alfi, dan Viking Karwur) baru saja kembali dari Athena, Yunani. Kami berempat terpilih mewakili Indonesia dan diberangkatkan Mozilla ke Yunani untuk mengikuti “Webmaker Training Days” yang diadakan pada 1-6 Maret 2013 lalu di kota Athena. Eropa? Yunani? Athena? Ya! :)

MozTripAthens

Berfoto di depan Old Royal Palace bersama Peppe, Viking, dan Fauzan. FOTO: Dok. Benny Chandra

Di Athena, tim Mozilla Indonesia bergabung dengan para sukarelawan terpilih lainnya yang berasal dari berbagai negara di seluruh dunia. Total peserta yang mengikuti acara ini berjumlah 40 orang sukarelawan yang semuanya berstatus Mozilla Representative atau perwakilan Mozilla di negara masing-masing.

MozTripAthens

Berfoto bersama di Technopolis. FOTO: Dok. Benny Chandra

“Webmaker Training Days” adalah program pelatihan yang bertujuan meningkatkan kemampuan para Mozilla Representative menjadi mentor Mozilla Webmaker untuk mengembangkan dan menyebarkan semangat membuat web (webmaking) di lingkungan sekitarnya.

MozTripAthens

Suasana aktivitas pelatihan Webmaker Training Days. FOTO: Benny Chandra

Dengan mengikuti pelatihan ini, para peserta diharapkan mampu membimbing para webmaker dan pengajar lainnya dalam menjalankan kegiatan atau acara webmaking mereka sendiri. Para peserta “Webmaker Training Days” dilibatkan menjadi bagian dari proses perancangan kegiatan proyek Mozilla Webmaker sepanjang tahun 2013.

MozTripAthens

Suasana aktivitas pelatihan Webmaker Training Days. FOTO: Benny Chandra

Seluruh peserta tiba di Athena pada tanggal 1 Maret. Kegiatan utama dimulai pada keesokan harinya dengan menyaksikan langsung penyelenggaraan acara Hive Athens pertama di Technopolis, Athena. Acara sehari penuh yang menggabungkan kegiatan webmaking, komik, animasi, robotik, dan berbagai kegiatan kreatif lainnya itu diikuti oleh sekitar 100 anak-anak dan remaja setempat.

Hive Athens

Suasana acara Hive Athens yang menginspirasi! FOTO: Benny Chandra

Selama dua hari selanjutnya, 3-4 Maret, kami disibukkan dengan padatnya aktivitas pelatihan yang berlangsung dari pagi hingga sore hari di kompleks yang sama.

Sejumlah staf Mozilla turut hadir dan terlibat langsung bersama kami dalam acara pelatihan kali ini. Sebut saja seperti Michelle Thorne, Laura Hilliger, Mark Surman, Chris Lawrence, dan Pierros Papadeas. Mereka juga dibantu oleh komunitas lokal dalam memperlancar jalannya acara.

Webmaker - ReMo Training Days

Berfoto di Technopolis bersama Michelle Thorne, Allen Gunn, Laura Hilliger, dan Mark Surman. FOTO: Dok. Benny Chandra

Usai melewati berbagai aktivitas pelatihan di Technopolis, rangkaian kegiatan “Webmaker Training Days” akhirnya ditutup dengan mengadakan “test event” pada 5 Maret 2013 di British Council, Yunani.

Dalam acara yang diliput oleh sebuah stasiun TV terkemuka tersebut, kami ditugaskan untuk mengenalkan Popcorn Maker (salah satu tool dari Mozilla Webmaker) kepada siswa-siswi dari sekolah setempat yang hadir pada pagi itu. Dari awal hingga akhir acara, tampak wajah-wajah antusias dan ceria dari para peserta yang terdiri dari anak-anak dan remaja.

Bagi saya, mendapat undangan mengikuti “Webmaker Training Days” di Athena merupakan sebuah pengalaman berharga dan kesempatan besar untuk menambah wawasan, pengetahuan, dan kemampuan terkait dengan Mozilla Webmaker, khususnya dalam menyelenggarakan acara berbasis kreativitas seperti webmaking dan sebagainya. Menginspirasi!

Webmaker - ReMo Training Days

Di kompleks Technopolis. FOTO: Dok. Benny Chandra

Oh ya, di sela-sela aktivitas pelatihan yang padat, para peserta “Webmaker Training Days” sempat mengunjungi beberapa tempat bersejarah di Athena seperti Akropolis Athena, Old Royal Palace, Roman Agora, dan lain-lain. Rombongan kami juga mampir ke Hackerspace Yunani untuk beramah-tamah dengan komunitas setempat. Bahkan di tempat terakhir itu, kami secara spontan membuat video “Harlem Shake Mozilla Edition” yang unik dan menarik. ;)

Tags: , , , ,

Baca juga:

3 Responses to Diundang Mozilla ke Yunani untuk “Webmaker Training Days”

  1. itu bukannya yunani negara yg lagi krisis ekonomi? banyak demo gt ga disana?

    • Ben:

      Selama saya di sana, hanya sekali terlihat ada kerumunan banyak orang di jalan utama seperti akan melakukan demo. Di luar itu, keadaannya tampak normal :)

  2. Pingback: Asyiknya MozSekolah Pertama di Madura | BennyChandra.com

Speak Your Mind

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>