Kenangan Firefox OS App Days di Jakarta

Siapa yang datang ke acara “Firefox OS App Days” yang diadakan pada 21 Januari 2013 lalu di Hotel Borobudur, Jakarta? Dari sekian banyak orang yang mendaftar beberapa minggu sebelumnya dan hadir pada hari-H di acara pertama di Indonesia mengenai Firefox OS ini, tentunya saya adalah satunya. :)

Hadir dan bertugas di Firefox OS App Days 2013 - Jakarta. FOTO: Yofie Setiawan.

Meskipun sudah berlalu, masih banyak kenangan tak terlupakan dari penyelenggaraan acara yang merupakan bagian dari rangkaian App Days untuk merayakan kehadiran Firefox OS di lebih dari 20 lokasi di seluruh dunia tersebut. Apalagi saya terlibat langsung di dalamnya sejak awal perencanaan acara.

Berfoto bersama Evelyn Hung, pembicara utama dari Mozilla Taiwan. FOTO: Yofie Setiawan.


Bersama beberapa rekan dari Mozilla Indonesia Community, saya termasuk dalam tim kecil yang bertugas mempersiapkan acara ini mulai awal November 2012 lalu.

Menjadi moderator untuk konferensi pers pada hari-H. FOTO: Fauzan Alfi.

Dalam tim kecil, tugas utama saya adalah mengurus publikasi, khususnya menyangkut segala sesuatu yang berkaitan dengan media/pers. Misalnya, membuat rilis pers sebelum dan pada hari-H.

Berkoordinasi agar acara berjalan lancar sesuai rencana. FOTO: Yofie Setiawan.

Syukurlah, publikasi mengenai penyelenggaraan Firefox OS App Days di Jakarta dapat berjalan dengan baik atas bantuan dan perhatian dari teman-teman pers sejak awal diumumkan. :)

Berkoordinasi dengan rekan lain yang juga berada di sekitar panggung. FOTO: Yofie Setiawan.

Karena berdomisili di Surabaya, saya hanya bisa mengikuti rapat-rapat (dan debat-debat) bersama rekan-rekan lainnya secara daring (online). Dua hari sebelum hari-H, barulah saya datang ke Jakarta untuk bertemu langsung dengan rekan panitia lainnya. Tepatnya, pada 19 Januari 2013.

Firefox OS App Days - Jakarta
Para peserta tampak antusias mengikuti Firefox OS App Days - Jakarta. FOTO: Benny Chandra.

Hari Minggu, 20 Januari 2013 atau sehari sebelum hari-H, merupakan puncak kesibukan persiapan acara. Saya sendiri, hingga pagi menjelang acara dimulai, masih mengerjakan beberapa hal terkait dengan tugas utama saya. Seperti, membantu menyiapkan isi sambutan, membuat sekaligus mencetak rilis pers terbaru, dan sebagainya. Waktu itu saya hanya sempat (bisa) tidur sebentar di kursi kerja yang ada di kamar hotel. Untunglah urusan konsumsi cukup memadai. :)

HT di pinggang dan susunan acara di tangan. FOTO: Fauzan Alfi.

Oh ya, pada hari-H, tugas saya tidak hanya mengurusi hal-hal terkait dengan teman-teman pers saja, tapi juga menjadi timekeeper. Tugasnya, untuk memastikan rangkaian acara berjalan sesuai dengan urutan dan durasi yang sudah ditetapkan dengan berkoordinasi bersama rekan-rekan lainnya.

FOTO: Viking Karwur.

Jadi, pagi itu (21/1), begitu selesai menjadi moderator untuk konferensi pers di ruang Bengkalis, saya harus buru-buru menuju ke tempat berlangsungnya acara utama di ruang Sumba untuk menjalankan tugas sebagai timekeeper.

Berfoto bersama Yoe One yang hari itu menjadi MC atau Pembawa Acara. FOTO: Fauzan Alfi.

Tugas sebagai timekeeper membuat saya tidak hanya perlu sering memberi saran dan arahan kepada pembawa acara, tapi juga harus mengingatkan pembicara jika waktu yang disediakan untuk presentasinya sudah hampir habis. Termasuk di dalamnya mengingatkan Evelyn Hung, pembicara utama dari Mozilla Taiwan. ;)

Bercanda dengan Rara yang menjadi Floor Coordinator hari itu. FOTO: Fauzan Alfi.

Melihat para panitia dan sebagian besar peserta tetap berada di lokasi hingga acara selesai pada sekitar pukul 8 malam dengan wajah tetap cukup bersemangat, membuat saya salut dan bangga.

Setiap acara pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Begitu juga dengan acara ini. Di luar semua itu, bagi saya, kelancaran dan kelangsungan acara ini -dari awal hingga selesai- sangatlah mengesankan dan membanggakan! Apalagi ditambah besarnya dukungan dari peserta, rekanan, dan media/pers. Terima kasih semuanya!

Foto bersama peserta dan panitia Firefox OS App Days - Jakarta. FOTO: dok. Fauzan Alfi.

Kepada rekan panitia, terima kasih atas kerja keras dan kerja samanya. Saya bangga bisa bekerja sama dan berada dalam tim yang sama dengan kalian untuk Firefox OS App Days – Jakarta dua bulan lalu.

Kalian semua keren!

FOTO: dok. Fauzan Alfi.
Tags: , , , , ,

Baca juga:

One Response to Kenangan Firefox OS App Days di Jakarta

  1. firefox dah jadi OS ya? di hp mana emang di install nya?

Speak Your Mind

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>