Memperkenalkan Aplikasi Lokal untuk Firefox OS di Madura

MozKampusMadura - 26 Juni 2013

Setelah dari STIKOM – Surabaya (4 Juni 2013), saya dan beberapa teman dari Mozilla Indonesia melanjutkan acara perkenalan Firefox OS dengan mengisi seminar “Mahakarya Teknik” yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo Madura (UTM) di Bangkalan, Madura pada 26 Juni 2013 lalu.

Di hadapan sekitar 120 peserta yang hadir pada pagi hari itu, tim Mozilla Indonesia yang terdiri dari saya, Yoe One Ariestya Niovitta, dan Arief Bayu Purwanto memaparkan berbagai hal terkait dengan Mozilla, Mozilla Indonesia, dan Firefox OS.

Dalam kesempatan itu pula, kami memperkenalkan dua aplikasi lokal untuk Firefox OS. Kebetulan, keduanya dikembangkan oleh dua orang Mozilla Representative di Indonesia. Yaitu, saya yang mengembangkan “PocketKUMI” dan Arief Bayu Purwanto dengan aplikasi gim “Splat!”-nya.

Yang unik, aplikasi-aplikasi tersebut tidak hanya tersedia bagi peranti Firefox OS saja tapi keduanya juga dapat dipasang di Firefox OS Simulator, pengaya (add-on) di peramban Firefox. Cobain deh!

MozKampusMadura - 26 June 2013


PocketKUMI sendiri merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk menampilkan berbagai foto dan gambar KUMI, maskot lucu dan imut-imut dari komunitas Mozilla Indonesia yang selama ini sudah memiliki banyak penggemar, baik di Indonesia maupun di sejumlah negara lain.

MozKampusMadura - 26 June 2013

Mengenai aplikasi buatan saya yang sudah tersedia di Firefox Marketplace sejak 21 Juni 2013 lalu itu, saya menjelaskan bahwa PocketKUMI adalah aplikasi sederhana dan mudah digunakan yang membawa kelucuan KUMI di saku sehingga kita dapat melihatnya kapan saja, di mana saja.

MozKampusMadura - 26 June 2013

Kepada ratusan mahasiswa yang hadir saat itu, saya menyarankan agar tidak perlu ragu-ragu membuat aplikasi untuk Firefox OS. Soalnya, untuk membuat aplikasi bagi Firefox OS, pengembang (developer) aplikasi tidak perlu lagi belajar bahasa pemrograman baru. Cukup dengan menyesuaikan pengalaman mereka selama ini dalam membuat aplikasi Web dengan HTML5, CSS, dan JavaScript.

Saya saja yang sehari-hari bukan seorang pengembang dapat membuat aplikasi seperti PocketKUMI, apalagi mereka yang memang berprofesi khusus sebagai developer. Tentu akan terasa sangat lebih mudah!

MozKampusMadura - 26 June 2013

Sementara itu, Splat! yang dikembangkan oleh Arief Bayu Purwanto adalah aplikasi gim untuk mewarnai kotak-kotak kosong yang tersedia hingga semuanya penuh dengan warna yang sama.

MozKampusMadura - 26 Juni 2013

Mengingat mudahnya pembuatan serta distribusinya, semoga semakin hari semakin banyak aplikasi keren untuk Firefox OS yang dapat dihadirkan oleh para pengembang aplikasi dari Indonesia! 🙂

Yoe dan PocketKUMI

Baca juga:

2 comments on “Memperkenalkan Aplikasi Lokal untuk Firefox OS di Madura

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *