Ke Madrid untuk ReMo Camp 2013

Akhir Agustus lalu, saya berkesempatan terbang ke Madrid, Spanyol untuk menghadiri rapat “ReMo Camp 2013”.

“ReMo Camp” adalah rapat tahunan dewan (council) dan mentor dari program Mozilla Reps ditambah dengan beberapa staf Mozilla.

Dalam ReMo Camp kali ini, ada tiga orang mentor dari Indonesia yang diundang. Selain saya, ada juga Viking Karwur dan Irayani Queencyputri (Rara).

Kami bertiga terbang dari Jakarta pada 29 Agustus 2013 dengan rute Jakarta (CGK)-Singapura (SIN)-Frankfurt (FRA)-Madrid (MAD). Rutenya memang cukup panjang. Khusus buat saya malah masih ditambah dengan penerbangan Surabaya (SUB) – Jakarta (CGK) pulang pergi.

MozTripMadrid - ReMo Camp 2013

Tapi, hitung-hitung sebagai hiburan dari rute yang panjang itu, kali ini saya bisa merasakan naik pesawat Airbus A380-nya Lufthansa. Tepatnya, untuk penerbangan rute SIN-FRA. Sebuah pengalaman pertama buat saya. Akhirnya cita-cita terbang dengan A380 tercapai juga! Hehehe… πŸ™‚

Setelah penerbangan total sekitar 17 jam, tidak termasuk transit 3 jam di Frankfurt, Jerman, akhirnya kami mendarat di bandara Madrid (Aeropuerto de Madrid Barajas) pada Jumat, 30 Agustus 2013, sekitar pukul 12 siang waktu setempat. Dari bandara, saya dan Viking naik bus menuju hotel, sedangkan Rara memilih kereta.

Oh ya, hotel tempat saya menginap berbeda dengan Viking dan Rara. Saya di NH Paseo del Prado, sedangkan mereka di Radisson Blu Hotel Madrid Prado.

Pada hari pertama itu, agenda untuk para peserta yang sudah tiba di Madrid hanya mengikuti acara welcome cocktail di restoran La Fabrica.

ReMoCamp2013_1166

Keesokan harinya, agenda yang sebenarnya telah menunggu. Setelah sarapan di hotel, saya dan peserta lain berjalan kaki menuju Hub Madrid yang menjadi tempat acara rapat. Lokasinya tidak jauh dari hotel. Bahkan dari hotel tempat Rara dan Viking menginap, jaraknya terbilang sangat dekat.

MozTripMadrid - ReMo Camp 2013

Hari kedua itu, kegiatan rapat berlangsung cukup lama. Acara baru selesai sekitar pukul 7:30 malam, termasuk di dalamnya adalah sesi foto bersama. Meskipun sudah malam, tapi suasana di luar gedung masih cukup terang.

ReMoCamp2013_1291

Dalam perjalanan balik ke hotel, saya sempat mampir di Museo Nacional del Prado, sebuah museum seni nasional utama di Spanyol yang berisi koleksi lukisan.

MozTripMadrid

Sayangnya jam bukanya sudah lewat, tapi di sekitar museum masih cukup ramai. Akhirnya saya hanya berkeliling melihat-lihat bangunan dan suasananya yang cukup menarik.

Besoknya, hari ketiga sekaligus hari terakhir rapat ReMo Camp 2013, agendanya tidak terlalu padat. Meskipun begitu, ada beberapa topik penting yang masih perlu dibahas.

MozTripMadrid - ReMo Camp 2013

Oh ya, makan malam hari itu cukup istimewa, setidaknya bagi saya yang merasa kurang lega dengan menu pada malam sebelumnya yang hampir semuanya berbahan sayuran. Apa menu istimewa itu? Paella, salah satu masakan khas di Spanyol. Kalau sudah mencobanya atau melihat fotonya, pasti bisa menebak mengapa menu itu terbilang istimewa. πŸ˜‰

MozTripMadrid

Senin, 2 September 2013 adalah saatnya untuk pulang. Tapi, untunglah penerbangan kami hari itu dijadwalkan sore hari. Ada kesempatan untuk jalan-jalan dulu ke beberapa tempat.

MozTripMadrid - ReMo Camp 2013

Pagi hingga siang harinya, kami masih sempat ke TelefΓ³nica Flagship Store dan Plaza Mayor sebelum berangkat ke bandara untuk terbang kembali ke Tanah Air.