Terpesona dengan Mal Bertema di Bangkok

bangkok

Ini di salah satu stasiun London Underground? Bukan. Ini hanya foto di koridor menuju toilet yang ada di Terminal 21, Bangkok, Thailand beberapa waktu lalu.

Mal tersebut memang interiornya unik. Tema mal di bilangan Asok itu sebenarnya adalah terminal di bandar udara, tetapi setiap lantainya punya tema sendiri-sendiri. Yaitu, kota-kota terkemuka di dunia yang menjadi tujuan wisata.

Mulai dari San Francisco, London, Paris, Tokyo, Istanbul, hingga Roma, ditambah dengan tema Hollywood di bagian lantai yang ada bioskopnya.

toilet hollywood

Menghadirkan suasana dan miniatur ikon khas dari berbagai kota terkenal seluruh dunia di satu tempat memang bukan hal baru. Sudah banyak yang melakukannya di mana-mana, termasuk di Indonesia. Namun, apa yang dihadirkan di mal ini agak berbeda dan bikin saya terkesima.

bus

Penggarapannya terlihat cukup serius dan memperhatikan detail. Tidak asal-asalan atau ala kadarnya saja. Bahkan urusan tema itu dibawa sampai ke koridor dan toiletnya.

Sudah begitu, toilet alias WC-nya yang bertema itu tidak berbayar. Gratis. Berbeda dengan toilet di salah satu mal di Surabaya yang interiornya cuma ala kadarnya aja tapi pasang tarif.

miniatur golden gate

Menariknya, sisi khas yang diangkat jadi bagian dari tema pun tergolong tidak “mainstream” atau pasaran. Untuk tema San Francisco, misalnya. Yang dihadirkan gak cuma miniatur Jembatan Golden Gate dan trem aja, tetapi juga patung singa laut.

trem SF

Keputusan yang berani, mengingat keberadaan singa laut yang biasanya bersantai di salah satu dermaga San Francisco Bay itu sepertinya jarang diangkat jadi tema di tempat lain.

singa laut

Yang paling bikin terkesan adalah ketika saya menjumpai suasana stasiun kereta London Underground dalam perjalanan ke toilet di salah satu lantainya. Soalnya, yang dihadirkan gak hanya logo dan sebagian badan keretanya saja tetapi juga dua hal paling khas dari stasiun kereta di London (menurut saya). Apa itu?

mind the gap

Tulisan “MIND THE GAP” dan ubin kecil putih. Bagi yang pernah keluar masuk stasiun kereta di London pasti gak asing dengan ubin kekunoan khas yang menempel di sekujur temboknya.

bikin baper

Tembok toilet yang bikin baper. Bikin jadi pengin pergi ke London lagi!

FOTO: BENNY CHANDRA

Print Friendly, PDF & Email

Benny

Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *