10 Cara Agar SBY-JKT Hanya 100 Ribu!

Beberapa hari lalu, gue baca di KOMPAS kalau bentar lagi Lion Air bakal nurunin harga tiketnya lagi, karena ada beberapa pengeluarannya yang bisa dihemat seperti cicilan beberapa pesawatnya sudah selesai, pilot-pilotnya yang disekolahkan di luar negeri sudah lulus dan kembali. Wah, perang tarif bakal makin seru nih! ๐Ÿ˜€

Soal berapa persen turunnya nanti belum jelas, namun sebagai gambaran kalau selama ini harga tiket Surabaya – Jakarta masih berkisar Rp 225 ribu – Rp 275 ribu, maka (katanya) nantinya bakal turun sampai sekitar Rp 190 ribu atau di bawahnya lagi! ๐Ÿ™‚

Asyik juga kan?! Nah, kira-kira bisa gak ya harga buat Surabaya – Jakarta ditekan sampai hanya sekitar Rp 100 ribu aja atau kurang dari itu? Mungkin bisa ‘kali ya kalau perusahaan-perusahaan penerbangan itu menerapkan 10 (sepuluh) cara atau siasat berikut ini: ๐Ÿ’ก ๐Ÿ˜€

  1. Untuk minuman buat penumpang, cukup sediakan dispenser air galonan saja di dalam pesawat. Jadi, buat yang mau minum aja baru ambil.
  2. Co-pilotnya bisa merangkap jadi pramugara. ‘Kan yang penting pilotnya dan karena tidak dapat makan berat, tugasnya pramugara jadi ringan kan?
  3. Mungkin ACnya bisa dimatikan, diganti dengan kipas angin. Terutama untuk penerbangan malam.
  4. Kursi buat penumpang diganti dengan kursi kayak di bis. ‘Kan Sby-Jkt gak terlalu lama ini…
  5. Body pesawat ditawarkan ke pemasang iklan atau biro iklan untuk dipasangi reklame.
  6. Menerima iklan bentuk adlibs (yang nantinya dibacakan oleh si ‘pramugara’ tadi) dan jingle untuk disiarkan selama penerbangan berlangsung.
  7. Menyediakan jaringan game online dengan biaya sekian rupiah per menit.
  8. Ukuran tiket diperkecil dan dibikin satu lembar saja. Ada iklannya juga di situ.
  9. Masih soal tiket. Alternatif lain, konfirmasi pembelian tiket via sms. Jadi, cukup tunjukkan sms itu sebagai tiket.
  10. Mau ke WC pas penerbangan? Bayar dulu!

Ada yang mau nambahin? ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜†

(gue udah coba kirim ke Lion Air via e-mail, tapi gak nyampe semua. Ada yg tahu? Atau sekalian mau kirimin? :mrgreen: )

ยป

Taman Safari Prigen

Taman Safari Prigen

Kemarin jalan-jalan ke Taman Safari Prigen, asyik juga bisa keliling pakai mobil dan foto-foto para binatang yang dibiarkan hidup bebas. Pas pergi yang di Cisarua udah lama sekali dan masih kecil, jadi sekalian merefreshkan ingatan soal Taman Safari.

Yang di Prigen ini, katanya, areanya lebih luas ketimbang yang di Cisarua. Cuma, nampaknya jumlah binatang yang ada masih belum banyak. Biar begitu, atraksi-atraksi tambahan yang disediakan cukup menarik. Ada pertunjukan anjing pudel, orangutan, burung kakatua, burung pemangsa, dan harimau! Lumayan keren loh! Kapan-kapan gue mo balik lagi ke sana. Pengen foto-foto lagi. ๐Ÿ™‚

Yang jelas, nampak di sana-sini terlihat adanya pengembangan. Beda banget dengan kebun binatang di Surabaya yang tidak terurus, kotor, dan tidak ada pengembangan. Apakah inilah bedanya antara pengelolaan versi swasta dan pemerintah? Ups… ๐Ÿ˜‰

ยป