Berbagai Cara Operator Seluler Dekati Sekolah dan Kampus

Dunia sekolah dan kampus akan selalu menjadi dunia yang penuh tantangan dan wajib untuk didekati bagi pihak pengelola produk dan layanan yang menyasar anak muda sebagai target pemasaran. Tidak terkecuali bagi para operator seluler yang ada di Indonesia.

Kenapa demikian? Pasalnya, meskipun terbilang merupakan target yang besar dan sangat potensial, tetapi banyak yang bilang bahwa kalangan anak muda susah setia pada sebuah produk atau layanan secara terus menerus. Mereka cenderung lebih mudah untuk berpaling ke produk atau layanan lain. Entah karena alasan bosan atau ada tawaran yang lebih menggiurkan, baik dari segi harga maupun fasilitas. Tentunya ini merupakan sebuah tantangan tersendiri.

Untuk itu, tentu saja diperlukan berbagai cara istimewa dalam melakukan pendekatan terhadap dunia pendidikan agar bisa terjadi sinergi yang menguntungkan pihak-pihak terkait. Misalnya saja seperti apa yang sudah dilakukan oleh XL –salah satu operator seluler terbesar di Tanah Air– sejauh ini lewat layanan bernama XL Edusolutions.

Lewat layanan itu, kepada pihak sekolah dan kampus, XL menawarkan penyediaan fasilitas gratis Internet Hot Spot dengan kecepatan yang mencapai 1 Mbps. Fasilitas itu nantinya bisa diakses secara bebas oleh siswa dan guru via laptop atau smartphone. Bagusnya, pihak sekolah dan kampus pun bisa menentukan lokasi pemasangan fasilitas tersebut. Bisa di perpustakaan, laboratorium komputer, atau lokasi lain yang masih berada di area sekolah atau kampus terkait.

Kabarnya, hingga saat ini fasilitas free Wi-Fi dari XL itu telah berhasil terpasang di lebih dari 185 sekolah dan kampus. Jumlah itu akan terus bertambah. Soalnya, sampai akhir tahun 2012 nanti, XL menargetkan bisa memasang fasilitas istimewa itu di sekitar 500 lokasi sekolah dan kampus yang ada di Indonesia. Asyik bukan?

Selain itu, XL juga punya program lain yang masih merupakan bagian dari partisipasinya untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia. Yaitu, XL Sifoster dan 3 in 1 Card. Apakah itu?

XL Sifoster (Sistem Informasi Sekolah Terpadu) merupakan layanan digital terintegrasi lewat platform internet dan SMS yang disediakan oleh pihak XL. Layanan ini berfungsi untuk memberikan informasi dari sekolah dan kampus secara cepat kepada pelajar dan orang tuanya.

Sampai saat ini, XL Sifoster telah terpasang di sekitar 1000 sekolah dan perguruan tinggi se-Indonesia. Ditargetkan, jumlahnya yang terpasang nanti hingga akhir 2012 bisa mencapai 2.500 sekolah dan kampus yang ada di Tanah Air.

Adapun 3 in 1 Card adalah kartu multi-manfaat dari XL yang bisa berfungsi sebagai kartu absensi, kartu ATM, dan kartu pelajar bagi pemegangnya. Dalam pelaksanaannya, XL bekerja sama juga dengan beberapa bank untuk menghadirkan kartu itu.

Semua program tadi, yang merupakan bagian dari kegiatan XL Membangun Negeri itu, tersedia secara cuma-cuma bagi sekolah dan kampus yang sudah tergabung dalam XL Youth & Campus Community yang telah diluncurkan pada pertengahan tahun lalu.

XL Youth & Campus Community sendiri adalah program yang terdiri dari Educations Development (tryout, workshop, kuliah umum, XL Visit), Creativity Development (kompetisi mading online, kompetisi olahraga, pentas seni), dan Information Technology Development (layanan teknologi dan informasi di sekolah/kampus).

Apakah sekolah atau kampus kamu sudah bergabung dalam program XL Youth & Campus Community? Jika belum, coba saja deh mendaftar dengan mengirim surel ke youth@xl.co.id.

Print Friendly, PDF & Email

Baca juga:

7 comments on “Berbagai Cara Operator Seluler Dekati Sekolah dan Kampus

  1. Sebenarnya untuk mendekati remaja sma mudah saja kok, twarkan dg sales marketing menggiurkan dan kasih hadiah.. pasti langsung pindah laynan.. untuk XL kyknya di daerahku ad mslh setiap mlm.. kbnykan pd protes sulitnya sms. mksh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *