Memantau Informasi Nomor Ponsel lewat Media Sosial

Bagi pelanggan layanan seluler, mengecek data terkait nomor ponsel yang dimiliki dan informasi dari operator seluler dengan menghubungi nomor tertentu merupakan hal lumrah. Bagaimana jika informasi semacam itu bisa dipantau lewat akun di media sosial?

Bagi sebagian orang di Indonesia, beraktivitas di media sosial seperti Twitter dan Facebook sudah menjadi kegiatan rutin sehari-hari. Tidak hanya lewat desktop (komputer atau laptop), tapi juga mengakses akunnya di media sosial dengan peranti bergerak (mobile) dari mana saja. Yang dilakukan di media sosial pun tidak lagi hanya sekadar menulis status, tapi juga hal lain seperti membaca/mencari berita dan bermain gim.

Bisa jadi, karena melihat fenomena semacam itu dan mengingat jumlah pengguna media sosial di Indonesia yang mencapai puluhan juta orang membuat operator seluler di Tanah Air seperti XL meluncurkan layanan myXL Store untuk pengguna Facebook belum lama ini. Apalagi dari puluhan juta pengguna Facebook di Indonesia, katanya 30% di antaranya adalah pelanggan XL.

Dari keterangan yang saya peroleh, myXL Store adalah layanan yang mengkombinasikan data dari jaringan seluler dengan jejaring sosial (Facebook) yang akan membantu pelanggan mengetahui berbagai informasi XL, baik terkait dengan profil pelanggan (nomor pelanggan, paket internet yang sedang digunakan pelanggan, sisa pulsa, dan lain-lain) maupun penawaran layanan dan produk XL lainnya yang tersedia.

Bagi XL, layanan myXL Store merupakan touch point baru dan pertama kali di Indonesia dengan memanfaatkan sosial media melalui integrasi Facebook. Jejaring sosial seperti Facebook dianggap sebagai salah satu potensi dan sarana terbaik mendekatkan XL dengan pelanggannya. Diharapkan, hal itu dapat memudahkan pelanggan mendapatkan informasi dan membeli produk dan layanan XL.

Layanan myXL Store itu sendiri dapat diakses melalui WEB (http://apps.facebook.com/myxlstore), WAP/mobile (http://apps.facebook.com/myxlstore), dan peranti Android. Untuk Android, pengguna dapat mengunduh aplikasinya lewat Google Play Store atau langsung di http://www.myxlstore.co.id:9011/content/android/myXLstore.apk

Setelah itu, pelanggan bisa login ke myXL Store dengan menggunakan username dan password akun Facebook miliknya. Akan ada permohonan verifikasi data dengan memasukkan nomor ponsel pelanggan di halaman verifikasi untuk menghubungkan myXL Store dengan akun Facebook pelanggan. Pengguna akan menerima SMS dari 5326 berisi kode verifikasi. Tidak ada biaya khusus untuk dapat bergabung dan menggunakan layanan itu, selain tarif normal data yang disesuaikan dengan paket data pengguna.

Dengan myXL Store, pelanggan dapat tetap terhubung di media sosial sekaligus mendapatkan informasi seputar nomor XL yang digunakan. Sebut saja seperti, info nomor ponsel, sisa pulsa, masa aktif nomor XL, paket data internet yang sedang digunakan, RBT dan/atau layanan VAS yang sedang aktif digunakan, cek kuota internet, dan lain-lain. Selain itu, juga bakal tersedia informasi produk, konten, dan layanan terbaru XL. Pihak XL memastikan bahwa informasi di myXL Store hanya bisa diakses secara personal oleh si pemilik akun bersangkutan.

Pelanggan dapat berbagi informasi tentang myXL Store dan layanan XL yang sedang digunakan ke teman-teman Facebook pengguna secara otomatis. Saat pengguna me-like suatu layanan, info tersebut juga akan dimunculkan ke timeline pengguna. Hal ini tentu memudahkan pelanggan memberikan rekomendasi kepada teman-teman pengguna Facebook. Pelanggan dapat pula melihat aktivitas teman di Facebook yang sudah menggunakan aplikasi tersebut.

Kabarnya, hingga sekarang sudah ada 138 layanan dalam 22 kategori yang tersedia di myXL Store. Untuk melakukan pembelian konten/layanan XL, pelanggan tinggal mengikuti petunjuk yang tersedia. Pembayarannya dapat dilakukan dengan menggunakan pulsa dari nomor ponsel yang didaftarkan.

Bagaimana? Tertarik?

Print Friendly, PDF & Email

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *