Aksi prihatin Terhadap Skema Bisnis Anne Ahira

Aksi Prihatin Terhadap Skema Bisnis Anne Ahira

Kami, warga masyarakat dan komunitas Internet, merasa prihatin terhadap model bisnis yang diterapkan oleh Anne Ahira. Kami keberatan bahwa bisnis ini diasosiasikan dengan melakukan marketing di Internet. Marketing yang dilakukan di Internet sebenarnya adalah sesuatu yang baik dan wajar asalkan dilakukan dalam batas-batas etika dan kewajaran.

Setelah melakukan penyelidikan, kami berkesimpulan bahwa bisnis ini hanyalah sebuah praktik skema piramida yang dibungkus dengan istilah Internet Marketing. Hal ini jelas terlihat dari apa yang harus dilakukan oleh setiap anggota Elite Team, yaitu merekrut empat anggota baru. Skema piramida sejatinya merupakan penghisapan oleh segelintir individu terhadap banyak orang. Menurut kami, Internet tidak perlu dikotori dengan pemasaran dari bisnis tidak jelas seperti itu. Silakan melakukan pemasaran via Internet sejauh masih dalam batas-batas kewajaran dan bisnisnya adalah bisnis yang baik dan jelas.

Lebih jauh lagi, kami melihat bahwa Elite Team menawarkan janji yang menyesatkan, yaitu menyatakan bahwa tujuan Elite Team adalah agar semua anggota Elite Team memperoleh penghasilan $6.688 per bulan, dan bahwa ini adalah tujuan yang realistis. Tetapi realitanya adalah: seandainya semua anggota Elite Team bekerja keras dan teguh pada regimen Elite Team, hanya 1 dari 341 orang, atau 0,29%(!) yang memperoleh $6.688 per bulan. Sangatlah jauh dari apa yang diakui sebagai tujuan realistis Elite Team.

Produk yang ditawarkan Anne Ahira/EliteTeam adalah keanggotaan representative (rep.) di Financial Freedom Society, Inc. (FFSI), di mana setiap rep. harus membayar $54,95 per bulan kepada FFSI. Setiap rep. memperoleh komisi dari menjual keanggotaan FFSI ke orang lain sehingga menjadi rep. baru. Orang yang direkrut ini disebut sebagai affiliate, atau di MLM lain dikenal dengan nama downline, dan setiap rep. juga memperoleh komisi dari penjualan yang dilakukan oleh downline-nya sampai empat tingkat downline.

Selain dari keanggotaan FFSI, boleh dibilang tidak ada produk atau jasa yang dijual oleh Anne Ahira dan Elite Team. Dalam sistem Elite Team, besar penghasilan bulanan seorang anggota tergantung dari jumlah downline FFSI-nya dan bagaimana struktur downline tersebut karena tidak ada atau hampir tidak ada penghasilan seorang anggota Elite Team selain dari komisi FFSI.

Dengan perhitungan satu anggota mendapatkan 4 anggota baru, seperti yang dipraktikkan oleh Elite Team, maka hanya dalam 17 tingkat piramida jumlah anggota keseluruhan menjadi sebanyak 5.73 miliar. Sedangkan jumlah populasi manusia keseluruhan di dunia hanyalah 6.4 miliar. Jika seluruh 5.7 miliar manusia tersebut mengikuti program ini, maka hanya 89 juta orang yang akan berpenghasilan $6.688 per bulan. Sementara 5.3 miliar lainnya merugi!

Dengan demikian kami menghimbau masyarakat Internet untuk tidak mudah terjebak oleh iming-iming kekayaan yang dijanjikan oleh Anne Ahira, Elite Team maupun pihak-pihak lainnya. Kami berharap masyarakat Internet bisa menyadari adanya model bisnis semacam itu sehingga dapat lebih waspada. Kepada redaktur media massa juga kami berharap untuk selalu melakukan investigasi terlebih dahulu ketika membahas bisnis-bisnis yang tidak memiliki kejelasan seperti itu agar nantinya tidak dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu sebagai promosi terselubung.

Internet, 28 Maret 2005

Tertanda,

Benny Chandra

ps. Bagi rekan-rekan penulis blog yang ingin menyebarkan pernyataan sikap ini dapat menyalin seluruh isi tulisan ini pada blog masing-masing. Tetapi tidak menutup kemungkinan rekan-rekan yang bukan penulis blog untuk mengikuti aksi ini.

Print Friendly, PDF & Email

Ben

Blogger.

30 thoughts to “Aksi prihatin Terhadap Skema Bisnis Anne Ahira”

  1. Pingback: Catatan Aris
  2. Pingback: Jay adalah Yulian
  3. Pingback: \@broad/alone.
  4. Pingback: Priyadi's Place
  5. Pingback: Syahrani's Weblog
  6. Aksi Prihatin terhadap Skema Bisnis ANNE AHIRA

    Kami, warga masyarakat dan komunitas Internet, merasa prihatin terhadap model bisnis yang diterapkan oleh Anne Ahira. Kami keberatan bahwa bisnis ini diasosiasikan dengan melakukan marketing di Internet…

  7. Pingback: Arjuna
  8. Pingback: ronny.haryan.to
  9. Pingback: blog @ kriwil.com
  10. Pingback: Nikmati Saja! ™
  11. Pingback: J.a.i.m's Diary
  12. Skema bisnis piramida EliteTeam nya Anne Ahira:
    -. Kamu join FFSI
    -. Bayar 55$/bulan
    -. Bayar sistem AutoResponder 20$/bulan
    -. Tidak ada produk yang dijual
    -. Kamu kudu cari downline
    -. Dapet duitnya dari komisi uang bulanan downline
    -. Kalo downlinenya ga banyak ga balik modal.

    Intinya: downline selalu memberi subsidi kepada upline.

  13. Disini kita tidak bisa menyalahkan siapapun, karna memang begitulah sistem Multilevel marketing (MLM).Memang benar tidak mungkin semua orang menjadi kaya, kalo smua kaya ntar sapa dong yg jd tukang sapu, sopir, buruh, petani, bisa mati kelaparan gwe..huehehehe.Tetapi sistem ini di pakai perusahaan karna memiliki daya jual yang sangat tinggi, biaya iklan murah karna membernya yg mengiklankan.Menurut saya Anne Ahira tidak salah ,Tetapi dia pinter mengambil kesempatan sewaktu orang2 indo masih sedikit yg mengenal IM.Yang salah disini Sistem itu sendiri (MLM).tapi ya apa boleh buat, karna itulah sistem terbaik sepanjang masa, cth:penyebaran agama.Tips saya Kalo mau sukses di MLM : jadilah orang2 pertama, walopun susahnya setengah mampus menjadi orang2 pertama…hehehehe…btw human recources are unlimited, bisa saja habis tapi perlu ratusan tahun untuk membuat mereka ikutan IM smua ;).dan ingat orang bisa mati loh…Thanks GBU All!!

  14. Saya sangat prihatin bahwa skema bisnis tersebut = skema piramida, namun malah memojokkan MLM. Saya prihatin pula, bahwa skema bisnis yang “tidak benar sama sekali” malah diekspos.
    MLM merupakan suatu teknik pemasaran, agar perusahaan bisa mendapat untung dan loyalitas pelanggan yang tinggi, dengan menjual suatu produk nyata. MLM yang sejati tidak pernah meminta uang bulanan, yang nantinya disetorkan ke perusahaan. MLM yang sejati “meminta” uang kita dengan “memberi” kita barang yang benar2 bermutu dan sesuai harganya.
    Sedangkan skema piramida, “meminta” uang kita dengan “memberi” uang orang lain. Sayangnya, di Indonesia bisnis berskema piramida justru malah diekspos, dicari2, dan dibenarkan. Yang seharusnya sejatinya, malah disalahkan. Edan ini namanya…….????
    Untuk yang ingin tahu lebih banyak tentang MLM ( NO PIRAMIDA), silakan mengunjungi website APLI (Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia). Badan ini adalah badan yang legal, diakui oleh pemerintah Indonesia dan pemeritah asing.

  15. MLM itu ada barang yang dijual
    Anne ahira gak ada barang yang di jual

    Gampangnya sih gitu, makanya kalo mo ikut mlm atau sejenisnya liatlah ada gak barang yang dijual atau cek aja ke APLI (asosiasi penjual langsung Indonesia) kalo gak salah….

  16. anne ahira setahu g emang kagak ada barang. kalo MLM itu pasti ada barang. dan sesuatu usaha menarik orang tanpa barang (hanya uang) namanya adalah ‘money game’. so jangan salahkan MLM bung.karena setahu g MLM adalah sitem pemasaran yang bagus.

  17. rekan-rekan, mari kasih komentar untuk hal2 yang membangun dikit misalnya diskusiin cara berantas buta huruf.jangan ngomongin gawean orang lain dan yang uda terjadi, apalagi yang pasti ada pro kontra,kalo ada yang anggap gawenya anne ahira bagus dan uda itung untung rugi ya iu pilihan sendiri, kalo ga stuju ya ga usa ikut, halal tidak halal itu tergantung masing2, tapi kalo ngomongin orang mulu, uda pasti nambah dosa aja.

  18. Sebenarnya bukan hanya internet marketing model Anne Ahira yang harus dicermati, karena sebagian besar MLM juga pada prinsipnya menggunakan skema piramida. Hanya karena dibungkus dengan adanya produk, maka MLM tersebut menjadi legal, termasuk MLM yang menjadi anggota APLI. Namun banyak masyarakat tidak tahu bahwa MLM yang memiliki produk pun sebenarnya adalah skema piramida. Untuk mengeceknya, cukup melihat: 1)berapa persen dari puluhan/ratusan ribu distributor yang bisa mendapat profit sesuai plan, 2)apakah untuk bisa maju harus merekrut downline sebanyak2nya, 3)apakah harga produk lebih mahal dari produk sejenis di pasar shg tidak kompetitif jika dijual eceran, dan downline/distributor diminta menggunakan sendiri produk2 tsb, 4)apakah ada material yg hrs dibeli (misal kaset,tiket seminar)yg wajib dibeli setiap bulan. Jika jawaban no.2 s.d.4 ya, maka itu adalah MLM skema piramid berbasis produk. Jangan percaya dengan APLI karena pengurusnya telah dikuasai MLM jenis ini.
    Lebih baik riset dulu di internet dengan teliti dan mendalam sebelum memutuskan join dg MLM.

  19. ada yang bisa pebaiki sistem AA biar lebih baik?itung2 kasih solusi jangan cuman bilang baik buruk aja, ada sistem baru yang lebih baik dan ga dikritik lagi?ga ada kan?he..he..cuman feedback aja, gimana bung benny?

  20. berbisnis sih boleh sj tp ingat donk jgn sampe merugi kn orang lain,bisnis AA memmang harus diperbaiki soalny,apa yg dktakn tdk sesuai dengan kenyatan.untuk rekan2 yang lain seblm bergabung dng mlm cari dulu informasi yang jelas tentang mlm tersebut. sebab bila bisnis itu tetap dijln kn maka akan semakin banyak orang yang akan terjebak yang akhir nya akan merugi kn.klau ada kesalahan dalam tulisan ini saya mohon maaf,harap maklum kearena sy jg manusia

  21. saya adalah mahasiswa tingkat akhir jurusan komunikasi marketing. saya mohon bantuan Anda. apakah saudara dapat membantu saya dalam memberikan referensi tentang dunia marketing dan bagaimana meningkatkan penjualan melalui internet. karena bahan ini akan saya angkat sebagai judul skripsi. dan juga mengingat banyaknya pro dan kontra soal tipe marketing yang dijalankan oleh Anne ahira.
    terima kasih atas bantuannya

  22. SIRIK AJA AMA AHIRA… GA BOLEH GITU DONG…JANGAN NGUMPAT2 ORANG DGN KATA KASAR DONK…AHIRA AJA GA PERNAH BALAS KATA2 KASAR…
    GO AHIRA

  23. Ayo dong jng cuma menghujat orang, itu ghibah. Coba cari pemecahan masalahnya. Berikan solusi untuk kemajuan negeri ini.
    Mohon maaf, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *