Lebih dari Sekadar Sejarah Awal Batman

It’s not who I am underneath, but what I do, that defines me (Batman)

Batman BeginsBatman is back! Setelah lebih dari lima tahun sejak Batman & Robin (1997) dirilis, akhirnya Batman muncul lagi dengan Batman Begins yang masuk dalam rombongan film musim panas tahun 2005.

Jika dibanding film-film Batman sebelumnya, Batman Begins tergolong unik. Kalo diurutkan sesuai cerita, posisi film yang disutradarai oleh Christopher Nolan itu berada pada masa sebelum Batman (1989), Batman Returns (1992), Batman Forever (1995), dan Batman & Robin (1997). Bisa dibilang Batman Begins dihadirkan sebagai prequel dari film-film Batman sebelumnya.

Sebagai prequel, cerita utama yang dihadirkan memang tak lain adalah seputar riwayat awal dari Bruce Wayne (Christian Bale) yang kemudian mempunyai alter-ego sebagai Batman. Meskipun begitu, jangan keburu memandang sebelah mata dulu terhadap film ini. Cukup banyak sisi menarik yang hadir dalam film yang skenarionya ditulis David S. Goyer ini.

Selain bakal tahu hubungan antara terpilihnya kelelawar sebagai simbol Batman dan pengalaman Bruce di masa kecilnya saat dia terjatuh ke dalam sumur kering (sumur ini kelak menjadi jalan menuju cikal bakal lokasi Batcave), kita juga akan menyaksikan kecanggihan berbagai perlengkapan Batman, termasuk Batmobile yang super seru dengan model yang sangat berbeda dibanding Batmobile pada film-film Batman produksi tahun-tahun sebelumnya.

Dikisahkan dalam film ini, semua gadget itu merupakan produksi prototype dari salah satu divisi di Wayne Corp. yang dipimpin oleh Lucius Fox (Morgan Freeman). Konon, sebagian besar gadget Batman dalam film ini dibuat berdasarkan teknologi militer sesungguhnya!

Sementara rentetan kisah Bruce Wayne dalam pencarian jati diri hingga akhirnya memutuskan memunculkan sosok bernama Batman dimulai setelah ayah dan ibunya meninggal ditembak oleh penodong amatir ketika mereka sekeluarga baru saja keluar dari sebuah gedung pertunjukan.

Meskipun begitu, Bruce kecil ternyata tidak serta merta langsung berencana untuk menjadi seorang Batman. Ia tumbuh menjadi seorang pria yang penuh dendam dan penyesalan. Ia juga tidak berminat untuk meneruskan bisnis peninggalan ortunya. Bruce menanggalkan segala kemewahan dan fasilitas sebagai pewaris kerajaan bisnis Wayne dan berkelana keliling dunia untuk mencari tahu cara melawan ketidakadilan dan rasa takutnya.

Dalam pencariannya itu, ia sempat bergabung dengan kawanan penjahat dan dijebloskan ke dalam penjara segala. Saat ditahan di sebuah penjara di Tibet, ia direkrut oleh dari kelompok League of Shadow pimpinan Ra’s Al Ghul (Ken Watanabe). League of Shadow adalah kelompok yang ingin membentuk dunia yang bebas dari korupsi dan kejahatan lain dengan cara mereka sendiri yang tegrolong ekstrim. Selama bergabung di dalamnya, Bruce dilatih bertempur oleh Ducard (Liam Neeson). Begitu tahu rencana kawanan ninja itu akan menghancurleburkan kota Gotham beserta penduduknya dengan alasan kebobrokan yang melanda kota itu sudah tidak tertolongkan lagi, Bruce bergejolak dan melakukan perlawanan hingga markas League of Shadow porak poranda. Akhirnya, ia memutuskan kembali ke Gotham untuk membereskan segala ketidakberesan di kota itu, terutama korupsi yang melanda berbagai sektor, dengan caranya sendiri, menjadi Batman. Bruce pun kembali bertemu dengan kepala pelayan, Alfred dan teman lamanya, Rachel Dawes (Katie Holmes) yang sudah menjadi seorang Jaksa.

Sebagai langkah awal, ia harus membongkar skandal korupsi mafia bernama Carmine Falcone (Cillian MurphyTom Wilkinson) yang melibatkan anggota kepolisian setempat. Untung saja masih ada polisi yang ‘bersih’ seperti James Gordon (Gary Oldman). Aksi Batman berlanjut dengan membongkar kedok Dr. Jonathan Crane (Cillian Murphy) yang pura-pura menjadi dokter ahli jiwa tetapi ternyata merupakan kaki tangan dari orang yang ia pernah kenal sebelumnya, yang sedang merencanakan suatu aksi yang berhubungan dengan air!

Sebelum lupa, ada hal yang menarik dari setting selama Bruce berlatih di markas League of Shadows. Saat itu, kita disuguhi pemandangan pegunungan yang diselimuti salju pada saat pagi dan siang hari, bukan malam hari. Begitu juga ketika sebelumnya ia masih berada di penjara. Suasana outdoor di daerah bersalju yang alami dan terang! Gak cuma itu, beberapa adegan lain juga menampilkan suasana luar ruangan yang terang benderang. Sesuatu yang tidak biasa untuk film Batman yang biasanya selalu sangat didominasi dengan setting suasana malam, gelap, dan kelam πŸ˜‰

Meskipun penampilan Christian Bale sebagai Bruce Wayne terkesan kurang pas ketimbang Michael Keaton ataupun George Clooney, namun hal itu tidak terlalu mengganggu dan dapat tertutupi dengan perpaduan cerita menarik, peralatan canggih, aksi seru di sana-sini, dan musik score garapan Hans Zimmer. Film Batman Begins tetap enak ditonton dan memuaskan! Nilai gw: 4/5.

Oh ya, di akhir film, James Gordon mengatakan kepada Batman kalo, “There’s this new guy who is involved in an armed robbery, double homicide, and has a tease for being theatrical like you. He even has his own calling card.” Tau ‘kan maksudnya? πŸ˜‰

Print Friendly, PDF & Email

Baca juga:

20 comments on “Lebih dari Sekadar Sejarah Awal Batman

  1. Pingback: Priyadi's Place
  2. #1, πŸ˜€ tapi kan masih ada adegan lain yg gak gw ceritain..
    #3, nunggu senen hemat πŸ˜€
    udah gitu, semingguan kemarin banyak kerjaan.. *alesen*

  3. punten ikut koreksi,
    Ra’s Al Ghul = liam neeson
    ketauan pas akhir2 mo penyebaran uap beracun itu, ternyata yang jadi Ra’s Al Ghul adalah tutornya sendiri (liam neeson)

  4. #5, setahu gw, Ra’s Al Ghul yang muncul pertama kali memang Ken Watanabe. Sementara Ra’s Al Ghul yang muncul belakangan setelah kejadian markas League of Shadow diobrak-abrik itu baru Liam Neeson yg sebelumnya diperkenalkan sebagai Ducard.

  5. #6 bukan, Ra’s Ghul itu si liam neeson, Ra’s Ghul yang pertama diperkenalkan itu cuma kedok aja
    kayaknya :p soalnya kalo aku liat tampangnya Ra’s Ghul di komik itu sama banget ama si liam neeson

  6. #7, kalo loe ngotot Liam Neeson dari awal adalah Ra’s Al Ghul, trus Ken Watanabe sebagai apa?

    #9, Yang gw maksud adalah sebagai Bruce Wayne, bukan sebagai Batman. Dan gw tetap berpendapat Bale kurang pas.

  7. itu kedok aja om, coba liat yang jadi Ra’s Ghul di pesta, itu udah bukan ken watanabe lagi kan? kayak model saddam husein dengan banyak duplikatnya… (kok bawa2 saddam???)

  8. #11, secara urutan CERITA di film, Ra’s Al Ghul pada awal film memang Ken Watanabe. Baru pada kemunculannya di pesta ultah Bruce, ketahuan Ra’s Al Ghul adalah orang Ducard yang dimainkan oleh Liam Neeson. Dalam film itu Bruce aja baru tahu saat itu, bukan ketika masih bergabung di kelompoknya. Jadi, secara cerita memang harus disebut demikian. Coba lihat juga di IMDB.

  9. gara2 baca review ini, jadi ikut nonton, sekarang udah berani komen:

    ..mafia bernama Carmine Falcone (Cillian Murphy) …Aksi Batman berlanjut dengan membongkar kedok Dr. Jonathan Crane (Cillian Murphy)…

    bukannya Carmin Falcone oleh Tom Wilkinson? hehe.. whatever lah, filmnya lucu banget

  10. klo mnrt gw sich tiap2 aktor yg mmrnkn bruce wayne pny klbhn n kkrgn.michael keaton aktingnya ok tp fisik krg mndkg,val kilmer lbh bgs aktingnya sbg batman,george clooney krg d fisik dan t’rll menonjolkan ciri khasnya,n yg plg smprn ya christian bale.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *