‘Biaya Terselubung’ di Johnny Andrean Salon

ja salonMungkin ‘biaya terselubung’ kurang pas mewakili “sesuatu biaya yang dikenakan kepada gw tanpa konfirmasi sebelumnya dan gw sendiri tidak memperoleh manfaat atau keuntungan dari biaya tersebut,” namun gw belum punya istilah lain menyangkut kejadian yang gw alami di Johnny Andrean Salon, Supermall Pakuwon Indah, Surabaya pada Minggu sore lalu (25/3).

Usai rambut gw dipotong, gw menuju kasir. Katanya, total yang harus gw bayar adalah sebesar 32ribu rupiah. Setelah uangnya gw berikan, kasir salon tersebut menyerahkan secarik kertas yang berisi perincian biaya layanan. Sekilas gw menemukan ada yang aneh dalam struk itu. Apakah itu?

“Lho, kok ada biaya blow padahal tadi rambut saya tidak di-blow?” tanya gw.
“Itu sudah paket, Mas,” kata si kasir dengan tenangnya.

Menurut gw, hal tersebut tidak wajar. Sudah jelas gw tidak memanfaatkan layanan Blow Biasa seperti yang tercantum dalam struk (secara rambut gw dipotong super pendek) tetapi gw diharuskan membayar untuk itu. Apalagi saat gw datang untuk minta rambut gw dipotong, tidak ada pemberitahuan dari petugas salon mengenai biaya Blow Biasa yang ternyata “pakai tidak pakai harus tetap dibayar” itu. Pantas dong kalo gw menganggapnya itu sebagai ‘biaya terselubung’ karena baru disebutkan pada saat hendak membayar. :mad:

Dan, setelah gw baca ulang, ternyata besarnya biaya “Blow Biasa” sama dengan biaya “Gunting Dewasa”! Bagi gw sebagai orang yang tidak terbiasa dengan dunia salon potong rambut, hal itu terlihat aneh juga… :roll:

Masih dihinggapi rasa tidak rela atas pengenaan ‘biaya terselubung’, gw menceritakan apa yang gw alami kepada Customer Service Johnny Andrean Salon via SMS ke nomor yang tercantum di struk tadi. Apa tanggapannya?

Keesokan harinya (26/3), gw hanya menerima SMS balasan yang isinya:

Terima kasih telah menjadi customer JA, informasi yang bpk/ibu sampaikan akan segera kami tindak lanjuti. untuk itu kami membutuhkan informasi wkt & no. struk perawatan serta cabang Johnny Andrean. Salam hangat – CS JA.

Dan setelah gw langsung membalas SMS itu dengan data-data yang diminta, hingga detik ini belum ada tanggapan lagi dari pihak Johnny Andrean Salon. :roll:

Semoga saja penerapan ‘biaya terselubung’ itu bukan merupakan bagian dari strategi bisnis salon seterkenal Johnny Andrean Salon. Atau memang harus dengan cara begitu dalam berbisnis? :cool:

Baca juga:

128 Responses to ‘Biaya Terselubung’ di Johnny Andrean Salon

  1. anda dikenakan biaya blow biasa, karena sebelumnya anda dicuci….
    coba klo tidak dicuci, pasti cmn bayar potongnya aja….
    silahkan buktikan kalo tidak percaya….

    • db:

      ya tapi bagaimana pun hrsnya diinformasikan dong kalo cuci rambut jg dikenakan biaya. soalnya biasanya kan gratis

  2. asdasfd:

    LOL kalo lu ga di blow biasa .. keluar dari salon rambutmu basah dodol :P

  3. yuffy:

    gw prnh kursus di JA, wah masa klo kita gunting sama sesama tmn kursuspun hrs byr jg, udah gitu mau ngecas hp ga boleh….gila pelit bgt ya, pdhl kita kursus di sana byrnya lmyan jg. Dasar pedit bgt ya

  4. fitri:

    mending mas cm kena 30an,,saya cuma minta creambath biasa aja pas bayar lngsung 120 rb..stlh liat struknya smua tuh di duitin..mulai dr cuci..blow..pijit punggung..pijit tangan..dan ternyata pijit tuh kena cash 46rb..obat bayar lg 25rb..

  5. fitri:

    padahal di daftarnya creambath 18rb

  6. hehehe….masih harga tahun 2007, apa lagi sekarang….

  7. thia:

    J.A tuh emang licik
    bnyk akal bulusnya tuk mlorotin tamu
    q aj gk betah jd staff creambath,gk sesuai prjnjian. kringet diperes gaji cm tuk mkan aj kuramg. pajak n OB aj gk mampu byar kok.
    Subhanallah

  8. cillit batam:

    mmg aneh ni JA…ga tau standarnya spt apa….disama ratakan semua org…bgm mau maju….anakku 2,4t makeup disamakan harga org dewasa…secara anak2 cuma dipakai spon basah..sama pemerah pipi dikit….ga bgt…kl hasilnya memuasan no problem…buat ballet mesti nanya lg bgs spt apa…pd hal suster kan bisanya melihat doang…kreatif dong yg kerja di JA Mega Mall Batam…kurang bgt etika kasirnya

  9. terserah:

    hayooo JA banyak yg dikecewakan costemer maupun karyawan (” yang kursus ikut2 juga komplent “) , maka nya untuk tarif di kasih penjelasan,, mmg sewa tempat mahal bung tapi gk kayak gtu juga caranya bisnisnya, semoga dapat dikoreksi dari sisi biaya biar jelas, dan coba sejahterakan karyawan serta manjakan anak didiknya, kalau tidak maka tunggu aja tempat salon2 yang lebih baik lagi,,, mereka akan kesana

  10. anggie:

    tolong donx karyawan salon dijohny andrean panakukang makassar ditata lagi etika nya kox sama customer gk sopan gitu ditanya malah pergi begitu aja,trus potong rambut kox malah jadi kaya sapu ijuk sec

    • endang:

      huffffff itulah kl di salon mataram bkn JA waktu aq lg liburan .krimbath pake loreal 60.000 itu udah dipijit scrab tangan ya ,byar ya pun ama kyk di daftar harga .JA kok pijit ya bayar giiiiileeeeeeee bnr .

  11. mita:

    kasihan juga yg jadi karyawan johnny andrean

  12. reza:

    gue alumni j.a mnurut q j.a dah profesional,bnyk ilmu yg bs q dptin dstu,

  13. tamee:

    udah mahal tp kok gitu yaa

  14. mau tanya, disitu ada potong model skinhead juga ta ??

  15. afni:

    benar tu, aku pernah motong rambut d jonhny andrean panakukang makassar , gilaa bener masa hnya motong doang sma blow biasa harganya 175 pdahal aku sering msuk salon tp harganya gak smpe segitunyaa .. benci BGT !!!!!!!!!!!!!

  16. nida:

    iya aq juga pernah ngalamin hal yg sama, d Salon J.A yg d bandung,,,,
    cuman potong doank, sebelumnya juga g ada di cuci kok. tpi dibebani biaya blow biasa,,,
    pelajaran bgt,,,

  17. Memang mahal ya kalo di JA, lebih bijak kalo di sistem break down.
    dalam artian bayar 32.000 sdh termasuk bla, bla bla….. pakai gak dipakai.
    kalo kasus di atas kesannya memang kita bayar yang gak kita pakai.

  18. nadia marwah:

    iya,,ak juga pernah kecele,,didepan tulisannya crembat 25000 ,,setelah beneran crembat,,eh kok 53000…kecewa ak..kok ga sesuai tulisan

  19. ternyata ga cuma aq:

    aq jg senasib sm kalian semua..

  20. kenzie:

    Gampang ja tuh…klo emang merasa dtipu ya laporin aja kpolisi, ntar juga baru nyembah2…kan pada megang semua tu struknya, jadikan aja barang bukti, selesai deh…

  21. aq cuman sekali nyoba di JA, ga lagi deh ksono, amit2 gw,
    bayar mahal it’s okay asal tidak ada unsur penipuannya.
    merasa tertekan gw dsono, dah pelayanannya serampangan, ga berkelas blas!
    aq nyoba di JA Delta Sby.

  22. pgh:

    iya DI PLAZA SURABAYA LANTAI 1 juga sama saya laki 2 creambath tertulis 27 ribu ternyata bon pembayaran di PALAK jadi 68 ribu ada biaya BLOW BIASA padahal petugas yang mengerjakan creambath sudah bilang tidak di BLOW, mungkin Kasirnya memang di perintahkan demikian atau bagaimana. JADI SINGKAT CERITA BILA KE JA Salon lebih ati2 saat membayar

  23. haru:

    johny andrean TA mengecakan.ga akan mau ke sana lg deh.pilih pilih pelanggan kesannya

  24. Yanti:

    Baru aja searching tempat kursus rambut di jkt yg terbaik n berkelas ku pikir jhony the best tp stelah lihat comment 2 dr anda smua, jadi mkir 2 Kali nih mo ambil course di jhony. Any idea dr hairdresser untuk info salon mana yg bagus n berkualitas ?(special anda yg hairstylist )

  25. Lady Pink:

    iya aku pernah potong di Johny andrean di kotaku, waduuuh…. pelayanannya kampungan broo…
    seharusnya kita sebaga konsumen diberikan pelayanan yang baik tapi ini malah terkesan serampangan dan semaunya sendiri…. aku minta model rambut A eh malah hairstylist-nya semaunya sendiri motong rambut-ku
    dengan model yang ga sesuai dengan keinginan-ku :(
    Sudah gitu rambutku jadi kependekan lagi ( pokoknya ga sesuai sama sekali dengan keinginanku dan mengecewakan ) mana harganya mahal lagi…..
    mikir 1000 kali klo mo kesana, hueh…