Kantor Perdana Menteri, WordPress, Flickr, YouTube, dan Twitter

Bagi saya, informasi bahwa situs web resmi Kantor Perdana Menteri Inggris (British Prime Minister’s Office) sekarang menggunakan WordPress sudah merupakan sesuatu yang menarik dan agak mengejutkan.

Ketika akhirnya berhasil masuk ke situs web tersebut setelah sempat down, kembali saya tertegun. Ternyata, di samping menginstal skrip WordPress, situs web resmi itu juga memanfaatkan layanan dari Flickr, YouTube, dan Twitter. Bahkan pengumuman soal peluncuran situs web baru itu dilakukan via Twitter beberapa jam yang lalu. Menarik dan mengesankan! 🙂 Kenapa?

number10-beta


Lihat saja, semua layanan yang digunakan oleh situs web yang masih berlabel BETA itu rata-rata adalah layanan yang sangat akrab dengan para pengguna internet. Sudah begitu gratis pula (terutama untuk layanan dasarnya). Ini namanya merakyat sambil menghemat anggaran.

Dii negara lain, kalau ada rencana bikin situs seperti itu, mungkin bisa-bisa muncul anggaran khusus sekian milyar untuk membeli WordPress, Flickr, YouTube, dan Twitter. Mungkin termasuk Plurk juga. He he he… 😀 :mrgreen: 😆

Print Friendly, PDF & Email

Benny

Blogger

14 thoughts to “Kantor Perdana Menteri, WordPress, Flickr, YouTube, dan Twitter”

  1. Saya sih berpikir, nggak penting CMS apa yang dipakai oleh sebuah situs pemerintahan. Yang penting adalah kontennya selalu diperbaharui.

    Nah, yang terjadi di sebuah negara republik adalah: CMS-nya dibuat khusus padahal tidak secure dan fiturnya kalah dibanding, let’s say, WordPress atau MT. Kemudian konten terbarunya bertanggalkan 31 Mei 2006 saat situs itu diluncurkan. Kekekekekkk…

    Padahal situs itu menyedot duit rakyat ratusan juta.

  2. Terkadang ya kalo pake CMS gratisan suka diremehin, ambil contoh WP. Dikirain mentang2 anak kecil aja bisa install WP, kalo bikin web pake WP kayaknya cuma patut dihargai dibawah sejutaan. Padahal butuh keahlian khusus dalam meramu sebuah CMS untuk bisa memenuhi requirement yang macem2 apalagi butuh maintenance yang pastinya membutuhkan effort khusus.

  3. Puji, ratusan jutanya itu kan biasanya utk “CMS yg dibuat khusus itu” 😉

    Charly, tapi ya nge-charge utk instalasi WP juga jgn gila-gilaan tarifnya… 🙂

    Imansyah, kalo murah tapi sux sih ada: fleshux! 🙂

  4. Bukannya wordpress lebih baik, tapi more user friendly deh kayaknya… Anw, di Indo, apa sudah ada kantor pemerintahan yang pake?

    Tapi, kalo ditawarin bikin, kali mereka malah lebih suka nge-“Plurk”, biar lucu kayak kinerja mereka, hehe…

  5. kalau situs pemerintah di INA yg pakai wp kurang tau ada atau endak..

    tapi kalau universitas sudah ada yg mencobanya. walaupun sempat ada yg mencemooh dikira mirip blog ..padahal, hasilnya juga ngga kalah loh sm cms lain.

    ayo,buktikan kepada dunia, wordpress jg handal ..

    🙂

    salam kenal mas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *