“Mozilla: Bukan Sekadar Peramban” di Pesta Komunitas 2012

@ Mozilla booth

Minggu lalu merupakan minggu yang super sibuk bagi saya. Di samping rutinitas seperti biasa, saya sebagai Mozilla Representative juga harus mempersiapkan keikutsertaan Mozilla dalam acara “Pesta Komunitas 2012” yang digelar selama dua hari, 16-17 Maret 2012, di atrium timur Grand City Surabaya.

Selain menyiapkan bahan presentasi untuk dua kali tampil, saya juga harus memikirkan ide untuk menghias booth Mozilla di acara yang diadakan untuk memperingati HUT ke-3 dBlogger Suroboyo dan Detik Surabaya Community itu. Karena teman-teman yang biasa membantu kegiatan di Surabaya juga sedang punya kesibukan sendiri dengan masing-masing komunitasnya untuk acara yang sama, mau tidak mau kali ini saya harus mengerjakan semuanya sendiri.

Oh ya, kenapa saya mendapatkan kesempatan untuk presentasi sebanyak dua kali? Yang pertama mewakili Mozilla sebagai sponsor, satunya lagi mewakili Komunitas Mozilla Indonesia (Mozilla Indonesia Community) sebagai peserta acara. πŸ™‚

Jadwal Presentasi Mozilla


Selain Komunitas Mozilla Indonesia, acara yang bernama lengkap Pesta Komunitas Online Surabaya 2012 itu juga diikuti sederet komunitas lain seperti Fotografer.net, TuguPahlawan.Com, Couchsurfing, SUWEC, Kaskus reg. Surabaya, SurabayaFood, Surabaya Koprol Community, Surabaya Save Street Child, Surabaya Mig33ers, dan Bonek Online.

Mozilla Indonesia
MozSWAG: Mozilla SWAG

Sempat mundur seminggu dari jadwalnya semula, akhirnya hari-H pun tiba. Hari pertama, 16 Maret 2012, saya tiba di lokasi sekitar pukul 12:30 WIB. Saya datang dengan membawa sejumlah perlengkapan untuk menghias booth Mozilla. Waktu yang tersisa hanya kurang dari dua jam sebelum acaranya resmi dimulai yang dijadwalkan pada pukul 14:00 WIB.

Host
Pesta Komunitas 2012

Untunglah saya tidak butuh waktu lama untuk memasang rangkaian dekorasi sederhana yang sudah saya persiapkan sebelumnya. Di samping memasang standing banner ‘oleh-oleh’ dari Mozilla Camp Asia 2011 lalu, saya memanfaatkan MOZSWAG sebagai bagian dari dekorasi booth. Khususnya stiker dan pin. :mrgreen:

Pesta Komunitas 2012

Tidak lama setelah urusan dekor beres dan Pesta Komunitas resmi dibuka, booth Mozilla mulai kedatangan banyak pengunjung. Sebagian besar memang mengincar MOZSWAG yang tersedia gratis. Hehehe… πŸ˜† Eh, tapi ada juga yang mampir karena ingin bertanya soal Mozilla kok. Awesome! πŸ™‚

Mozilla Fans
Mozilla Fans
Mozilla Fans
Mozilla Fans

Sementara itu, jadwal presentasi saya di hari pertama adalah pukul 18:30-19:00 WIB. Saya menyiapkan presentasi berjudul “Bukan Sekadar Peramban” yang menjelaskan tentang misi Mozilla, Firefox terbaru, dan sejumlah proyek atau program terbaru dari Mozilla. Misalnya, Marketing Collaborative, Fifefox Flicks, dan WebFWD.

Selesai menyampaikan materi tersebut, saya masih harus kembali ke Mozilla booth. Kali ini, selain tetap membagikan SWAG, juga melayani pertanyaan seputar Marketing Collaborative, Fifefox Flicks, dan WebFWD. Yang paling banyak dan serius ditanyakan adalah soal Fifefox Flicks. Semoga dari Surabaya atau Indonesia ada yang terpilih menjadi salah satu pemenangnya!

Presentasi tentang Mozilla

Sekitar pukul 9 malam, pengunjung sudah semakin sedikit. Panitia dan para anggota komunitas satu per satu mulai meninggalkan lokasi. Untuk hari pertama selesai, tapi masih ada hari kedua.

Bagaimana cerita dan foto-foto dari hari kedua acara tersebut? Menyusul ya… πŸ™‚

Baca juga:

10 comments on ““Mozilla: Bukan Sekadar Peramban” di Pesta Komunitas 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *