Kenangan Hari Kedua MozCamp Asia 2012

Minggu pagi itu, 18 November 2012, jalanan utama di pusat kota Singapura masih tampak sepi. Hanya terlihat beberapa orang yang sedang berjalan menelusuri trotoar. Sesekali ada mobil yang melintas. Sebuah situasi yang jauh berbeda dibandingkan keadaan pada siang hari yang hiruk pikuk dengan lalu lintas yang ramai, meskipun jumlah kendaraan yang memadati jalanan tidak sebanyak di Jakarta atau Surabaya.

Kalau bukan karena diundang mengikuti acara MozCamp Asia 2012 yang berlangsung dari pagi hingga sore hari, mungkin saya tidak akan melihat suasana jalanan Singapura yang sepi di pagi hari seperti itu (karena *mungkin* belum bangun). :D

Seperti hari pertama, sarapan di hari kedua acara tahunan ini juga disediakan di lokasi acara, *SCAPE. Jadi, memang harus bangun pagi dan tiba di lokasi sekitar pukul 8 pagi agar tidak terlambat… sarapan.

MozCamp Asia 2012

Berbeda dengan hari pertama, kali ini saya bisa lebih mencermati dan menikmati menu sarapan yang ada. Mungkin karena sudah tidak deg-degan lagi. :)

MozCamp Asia 2012

Setelah sarapan, seperti hari pertama juga, acara selanjutnya adalah mendengarkan presentasi dari beberapa staf Mozilla seperti Brendan Eich, Rick Fant, Li Gong, Dave Slater, dan Debbie Cohen yang sebagian besar topiknya seputar Firefox OS dan “bocorannya”. :)

MozCamp Asia 2012

Rick Fant. FOTO: Benny Chandra.

Acara kemudian berlanjut dengan workshop lagi yang tetap menekankan pada kolaborasi antar peserta. Semua peserta dibagi per kelompok berdasarkan meja yang ditempati pada saat itu, kecuali para “table lead” yang sudah ditentukan sebelumnya.

Menjadi "table lead" dan belajar berkolaborasi. FOTO: Yofie Setiawan.

Menjadi “table lead” dan belajar berkolaborasi. FOTO: Yofie Setiawan.

Menyambung sesi hari sebelumnya, “Community Quilt” kembali diadakan pada hari itu. Setelah itu, masih ada satu sesi lagi yang diadakan di Warehouse Room *SCAPE pada siang itu. Yaitu, “Volunteer Leadership Panel”.

MozCamp Asia 2012

“Volunteer Leadership Panel” adalah sesi tanya jawab yang mirip dengan “Paid-staff Leadership Townhall” di hari pertama. Bedanya, yang tampil kali ini di atas panggung adalah perwakilan sukarelawan dari beberapa negara. Dari Indonesia diwakili oleh Viking dan Rara. Mereka harus menjawab pertanyaan yang diberikan oleh staf Mozilla. Menarik!

Setelah makan siang, saya memilih mengikuti sejumlah kelas. Yaitu, “Mozilla Reps & Student Reps” (William Q, Pierros, Kate), “Firefox l10n under Rapid Release” (Axel Hecht, Jeff Beatty), “Thunderbird State of the Union” (Jonathan Protzenko), dan “Firefox for Android Community Campaign Challenge” (Gen Kanai).

MozCamp Asia 2012

Akhirnya, rangkaian acara MozCamp Asia 2012 selama dua hari ditutup dengan presentasi dari Mitchell Baker dan pemberian penghargaan kepada Channy Yun dari Korea Selatan yang telah lama menjadi sukarelawan Mozilla.

Sebelum acara benar-benar bubar, tentunya sesi foto bersama jadi hal wajib untuk dilakukan. Bahkan sebagian peserta melanjutkannya dengan ber-Gangnam Style (lagi!) di atas panggung.

MozcampAsia 2012 group photo1

Sampai ketemu di (tulisan mengenai) MozCamp selanjutnya!

Tags: , , , ,

Baca juga:

3 Responses to Kenangan Hari Kedua MozCamp Asia 2012

  1. Pingback: Kenangan Sehari Sesudah MozCamp Asia 2012 | BennyChandra.com

  2. Pingback: Kenangan Lain yang Tersisa dari MozCamp Asia 2012 | BennyChandra.com

  3. kayaknya seru banget ya,,, ???

Speak Your Mind

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>