9 Hadiah Firefox untuk Dunia Web

Firefox berulang tahun ke-9 pada 9 November 2013. Masih dalam rangka merayakannya, mari kita lihat sembilan hadiah yang diberikan Firefox untuk dunia Web sejak akhir tahun lalu, seperti yang ditulis dalam Happy Ninth Birthday Firefox! di blog Mozilla.

HBDFx
  1. Firefox versi Mobile: Firefox selalu membuat pengaruh yang signifikan di Web dan saat ini kami mengembangkan Firefox tidak hanya untuk mendukung Windows, Mac, dan Linux saja, tapi juga ponsel dan tablet Android. Sebagaimana semakin banyak orang-orang yang mengakses Web dari peranti bergerak (mobile) lebih dari sebelumnya, peramban Web Firefox for Android kami secara konsisten menawarkan kepada pengguna sebuah pengalaman menjelajah luar biasa, menerima 4,5 bintang di Google Play Store dan telah diunduh jutaan kali.
  2. Pengembangan Keluarga Firefox: Tahun ini, kami juga memperluas keluarga Firefox dengan kelahiran dan peluncuran pertama kalinya ponsel pintar Firefox OS – peranti yang secara keseluruhan berbasis teknologi Web terbuka. Hingga sekarang, kami telah meluncurkan Firefox OS di sembilan negara dan memiliki ribuan aplikasi di Firefox Marketplace kami.
  3. Kecepatan: Firefox lebih cepat dari sebelumnya. Kami mengalahkan skor Kraken tahun lalu dengan 74%, dan kami 88% lebih cepat di Octane. Aplikasi dan gim Web menjadi 25 persen lebih cepat karena pengembangan JavaScript dan teknologi baru kami bernama asm.js. Dan, Tom’s Hardware baru saja menyebut Firefox sebagai “raja kecepatan baru” (“the new speed king“) dan pemenang Web Browser Grand Prix karena waktu mulai, waktu pemuatan halaman, dan reliabilitas.
  4. Sosial: Kami terus bekerja untuk mengintegrasikan situs dan layanan sosial langsung ke dalam Firefox untuk menghubungkan Anda dengan teman-teman dan keluarga secara cepat dan mudah. Tahun lalu, kami meluncurkannya bersama Facebook sebagai rekan integrasi sosial Firefox pertama. Segera setelah itu, kami menambahkan Cliqz and Mixi. Kami sedang bekerja dengan lebih banyak situs, layanan, dan aplikasi sosial untuk membuat pengalaman menjelajah Anda lebih sosial, bisa diubahsuai, dan personal.
  5. Privat: Kami bangga dijuluki sebagai “Most Trusted Internet Company for Privacy” di tahun 2012, berdasarkan studi yang dilakukan oleh Ponemon Institute. Kami juga baru saja meluncurkan Pengaya Lightbeam Firefox, yang akan memperjelas keberadaan dari perusahaan-perusahaan pihak pertama dan ketiga yang setiap hari berinteraksi dengan para pengguna Web ke dalam bentuk visual.
  6. Aman: Kami menghadirkan Mixed Content Blocker di Firefox untuk menjaga Anda tetap aman, ke mana pun Anda menjelajah Web. Firefox menghadirkan juga pengaya Click to Play. Dengan mengizinkan Anda memutuskan situs mana yang perlu menggunakan pengaya, Firefox akan membantu melindungi mereka dan menjaga peramban mereka berjalan secara mulus.
  7. Alat Pengembang Terbaik: Kini Firefox dengan bangga menghadirkan satu set alat tangguh bagi pengembang Web untuk mengedit dan men-debug HTML, CSS, dan JavaScript di desktop dan perangkat bergerak. Beberapa unggulan saat ini: App Manager; Responsive Design View, Network Monitor; Page Inspector; dan JavaScript Debugger.
  8. WebRTC: Firefox membuat panggilan video dan berbagi berkas dapat dilakukan secara langsung di peramban, semuanya tanpa membutuhkan pengaya atau perangkat lunak pihak-ketiga dengan Web Real Time Communications.
  9. Inovasi dalam Web Gaming: Lebih dari setahun lalu, pengembang dan teknisi kami bekerja keras untuk menjadikan Web sebagai platform bagi pengembangan gim kelas atas, salah satu dari tantangan terakhir untuk menunjukkan bahwa Web adalah platform pengembangan yang sebenarnya. Kami mengembangkan set turunan dari JavaScript bernama asm.js yang membuat pengembang dapat menciptakan aplikasi berintensitas tinggi, seperti gim, secara langsung di Web. Web Audio API telah ditambahkan ke Firefox dan melengkapi Web sebagai platform yang luar biasa untuk permainan.

Selamat ulang tahun ke-9, Firefox!

Print Friendly, PDF & Email