Antara Once dan ‘Bekas Lagunya’ BCL

Minggu lalu, tiba-tiba seorang teman bercerita bahwa dia baru saja mendengar di radio ada lagu Bunga Citra Lestari (BCL) yang dinyanyikan oleh Once Mekel. Once mendaur ulang lagunya BCL? Hmmm… Sulit dipercaya.

Sempat terpikir, mungkin yang didengar oleh sang teman tadi adalah lagu Pasti Untukmu, single terbaru Once yang belakangan ini memang sedang sering diputar di berbagai radio. Tapi, setahu saya itu bukanlah lagu lama, apalagi pernah dinyanyikan Bunga Citra Lestari. Di sisi lain, Blub, teman saya itu, tetap yakin bahwa yang didengarnya adalah lagu milik BCL.

Dari potongan lirik yang masih diingatnya, akhirnya saya mengenali lagu yang dimaksud. Yaitu, Karena Ku Cinta Kau, salah satu lagu yang ikut melejitkan nama BCL di dunia musik. Tapi saya masih penasaran, kenapa Once ikut menyanyikan lagu yang menjadi lagu tema sebuah sinetron itu juga? Mendaur ulang lagu memang bukan hal yang baru bagi Once, tapi kenapa memilih lagu itu?

Saya mencoba googling untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi. Dari hasil pencarian, tidak terlihat informasi ataupun berita soal lagu ciptaan Dewiq yang dibawakan Once itu selain tautan unduhan berkas MP3-nya ada di mana-mana. Nampaknya berkas MP3-nya sudah cukup lama menyebar di internet. Iseng-iseng saya coba mendengarkannya.

Tidak salah lagi, suara dalam lagu itu memang suara Once. Sekarang saya justru makin penasaran. Apakah lagu tersebut termasuk lagu yang sudah dirilis ke pasaran secara resmi atau tidak? Rasanya tidak pernah terdengar atau terlihat gembar-gembor tentang lagu itu di mana-mana. Bahkan informasi RBT-nya pun tidak tampak di halaman resminya di Facebook. Kenapa ya? Benarkah Once yang mendaur ulang lagu itu? Atau malah sebaliknya?

Agar rasa penasaran dalam diri saya tidak semakin bertambah, saya minta konfirmasi langsung kepada pihak manajemen dari penyanyi bernama asli Elfonda Mekel itu.

Setelah menunggu beberapa hari, akhirnya jawabannya muncul. Pihak manajemennya membenarkan bahwa Once memang pernah menyanyikan lagu Karena Ku Cinta Kau tersebut. Meskipun begitu, rupanya statusnya sendiri bukanlah lagu resmi dari penyanyi yang sedang mempersiapkan album solo perdananya itu. Kenapa demikian?

Ternyata, “(Lagu) Yang beredar secara tidak resmi tersebut hanyalah hasil rekaman demo. Once memang pernah mencoba merekam lagu itu, tapi tidak jadi. Lagu itu dianggap lebih cocok dinyanyikan oleh penyanyi wanita. Akhirnya lagu tersebut diberikan kepada BCL,” jelas Mekcy dari pihak manajemen Once secara singkat dalam surat elektronik yang dikirim kepada saya.

Ah, sekarang sudah jelas siapa sebenarnya penyanyi yang ‘mendaur ulang’. Sebenarnya sayang juga lagu tersebut tidak jadi dirilis resmi oleh Once. Meskipun masih berupa rekaman demo, saya merasa Karena Ku Cinta Kau versi Once lebih enak didengarkan ketimbang versi yang dibawakan oleh BCL.

Lirik dari lagu tersebut memang terkesan sendu, bahkan cenderung agak cengeng. Sebuah kesan yang biasanya ingin dihindari oleh penyanyi cowok pada umumnya. Mungkin faktor itulah yang menyebabkan proses rekaman lagu tersebut tidak jadi dilanjutkan oleh Once dan akhirnya dilimpahkan kepada BCL.

Jadi, kapan bagi-bagi, eh, bikin rekaman demo lagi?

Tulisan saya ini dimuat pertama kali di Yahoo Indonesia OMG/Yahoo Celebrity Indonesia pada 21 Oktober 2010.

Print Friendly, PDF & Email

Benny

Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *