Cokelat dan Anak Periang

Wahai para cewek yang sedang hamil, pengen punya anak periang? Makanlah cokelat. Setidaknya begitulah menurut sejumlah ilmuwan asal Finlandia yang telah mengetes 300 perempuan hamil sebelum dan sesudah melahirkan.

Hasil penelitian itu mengungkapkan bahwa rata-rata perempuan hamil yang memakan cokelat secara rutin menjadi kelihatan bahagia, bayinya pun jadi aktif, lebih periang, lebih bahagia, dan tidak seberapa takut dengan hal baru ketimbang bayi dari perempuan yang tidak memakan cokelat!

Anehnya, hal ini justru dibantah oleh pabrik cokelat terkenal, Cadbury. 😯 Menurut juru bicaranya, secara kimia, bahan dalam cokelat yang membuat ‘bayi bahagia’ seperti yang diprediksi para ilmuwan itu kemungkinan besar adalah phenylethylamine. Tetapi sebenarnya kandungan bahan ini dalam cokelat tidak sebanyak yang ada dalam tomat dan buah lain. Makanya, mereka menduga mungkin yang bikin si ibu dan bayinya jadi lebih bahagia itu bukan karena efek kimiawi melainkan efek psikologi yang menyenangkan saat cokelat meleleh dalam mulut.

Wah, yang benar yang mana ya? Menurut kamu gimana? 😉

Print Friendly, PDF & Email