Favatars

Sebenarnya ketika melihat Boy, Priyadi, Idban, dan Jay memasang plugin Gravatar (globally recognized avatar), gw cukup tertarik untuk ikutan. 😈 Dengan Gravatar, di setiap komentar bakal muncul avatar dari si pemberi komentar. Namun agar avatarnya bisa muncul di sebelah komentar, si pemberi komentar kudu daftar dulu… Ini yang bikin gw jadi malas masang plugin itu… :mrgreen:

Eh, gak sengaja gw ketemu plugin bernama Favatars (favicon avatar?). Sekilas, apa yang ditawarkan plugin Favatars mirip dengan Gravatar. Mirip karena sama-sama berfungsi untuk menampilkan avatar dari si pemberi komentar. Bedanya, kalau pakai Gravatar bisa ganti-ganti avatar dengan sesuka hati, ukurannya relatif lebih besar, e-mail sebagai syarat untuk munculnya avatar (e-mail berbeda, avatar bisa berbeda. Sesuai yang terdaftar di Gravatar) tetapi user harus signup dulu.

Sementara dengan Favatars, karena avatar yang ditampilkan berasal dari favicon.ico yang biasa terpasang dalam situs-situs web pada umumnya (sebagai icon untuk bookmarks) maka pencantuman alamat situs web (URL) di kolom komentar merupakan syarat memunculkan avatar (lain URL, bisa lain avatar), ukuran avatar yang muncul mengikuti standar favicon (16×16 pixels), relatif ribet untuk ganti-ganti avatar (karena harus mengedit favicon.ico yang terpasang di situs web kita), namun si pemberi komentar tidak perlu melakukan pendaftaran apa pun. 😉 Ini yang gw paling suka :mrgreen:

Sekedar tahu aja, sudah sejak kemarin gw pasang Favatars, namun sempat konflik dengan plugin lain, Subscribe To Comments 1.4.2. Kudu diupgrade ke 1.4.4 baru cocok. Setelah sempat dibantu Joen, akhirnya Favatars di blog gw ini bisa berfungsi dengan baik. Coba aja… 😉

Btw, mungkin ada yang nanya, apa gunanya Favatars ataupun Gravatar sih? Just for fun! :plok:

UPDATE:
Versi Favatars Revised 1.0 udah mendukung trackback dan pingback 🙂
(thanks buat Idban udah ngingatin)

Print Friendly, PDF & Email