Xplor Data Power atau Fren MaxSurf?

Belakangan ini XL (operator GSM) dan Mobile-8 (operator CDMA) cukup gencar beriklan di berbagai media menawarkan paket layanan akses internet mereka yang baru. XL yang sempat diisukan akan mengeluarkan paket unlimited ternyata hanya menawarkan paket dengan kuota bandwidth tertentu via Xplor (pasca bayar) versi Xplor Data Power. Mobile-8 juga hanya menawarkan paket bandwidth terbatas dalam jenis berlangganan pasca bayar versi MaxSurf. Dari segi tarif, sekilas keduanya cukup menggoda. Tapi, manakah yang benar-benar murah?

Baik XL maupun Mobile-8 menyediakan beberapa jenis paket yang dibedakan berdasarkan kuota bandwidth dengan harga yang berbeda-beda pula sehingga tidak bisa langsung dibandingkan begitu saja. Dua jenis paket yang kuota bandwidth-nya bisa dibilang selevel adalah Xplor Data Power 100 dan Fren MaxSurf 200. Perbandingan singkat keduanya seperti berikut ini:

Operator XL (GSM) Mobile-8 (CDMA)
Nama paket Xplor Data Power 100 Fren MaxSurf 200
Jenis langganan Pasca bayar Pasca bayar
Biaya bulanan Rp 300.000,- Rp 150.000,-
Bandwidth 100 MB 200 MB
Biaya rata-rata per MB Rp 3000,- Rp 750,-
Kelebihan pemakaian Rp 3,-/KB Rp 2,-/KB

Melihat peta kekuatan di atas, bisa langsung ketebak kalo pemenangnya adalah Fren MaxSurf. Dalam hal tarif dan kuota bandwidth, Fren MaxSuf terlihat lebih unggul. Untuk bandwidth 200 MB, tarifnya hanya 150ribu rupiah perbulan. Bandingkan dengan Xplor Data Power 100 yang mematok tarif 300ribu perbulan hanya untuk bandwidth 100 MB perbulan.

MaxSurf dari Fren memang murah tetapi sepertinya masih belum menjadi termurah di pasaran layanan akses internet berbatas. Masih ada tandingan dari Telkom Speedy (Divre 5) dengan harga yang lebih murah dan kuota bandwidth lebih besar. Lihat saja, untuk jatah pemakaian 750 MB misalnya, tarif perbulannya hanya Rp 300.000,- yang berarti untuk 1 MB hanya Rp 400,-. Sementara kelebihan pemakaian dihitung Rp 700,- per MB. Jadi, pilih yang mana ya? 🙄

Print Friendly, PDF & Email