Produsen dan Toko Kamera Digital Jujur

bincang fotografi

Adakah produsen dan atau toko kamera yang jujur? Itulah pertanyaan yang sempat terlontar di Bincang Fotografi @ HRFM Surabaya edisi 27 Maret 2007 lalu saat membahas topik “Memilih Kamera Saku Digital” bersama narasumber Argo dari Sentra Digital dan Chandra dari Fujifilm.

Pertanyaan itu muncul karena melihat ulah sejumlah produsen yang seringkali memunculkan berbagai istilah yang terkesan wah tapi ujung-ujungnya hanya merupakan akal-akalan saja. Apalagi tanpa disertai penjelasan yang memadai.

Lihat saja. Berapa banyak produsen yang menyertakan penjelasan beda antara istilah digital zoom dan optical zoom atau perbedaan ‘resolusi interpolasi’ dan ‘resolusi efektif’ ketika mencantumkan istilah-istilah itu pada produk yang mereka tawarkan? ๐Ÿ™„

Begitu juga dengan istilah image stabilization yang belakangan ini semakin ramai digunakan oleh berbagai produsen kamera saku digital. Berapa banyak produsen yang secara jujur mengakui kalau istilah image stabilization yang dipakainya hanyalah suatu fitur untuk menaikkan ISO secara otomatis agar diperoleh kecepatan rana yang lebih tinggi? Berapa banyak penjaga toko kamera yang mau ngasih tahu dengan jujur mana produk yang punya fitur image stabilization atau antishake bohong-bohongan dan mana yang betulan? ๐Ÿ™„

Print Friendly, PDF & Email

Baca juga:

27 comments on “Produsen dan Toko Kamera Digital Jujur

  1. Saya biasanya sudah tahu ingin membeli apa kalau datang ke toko. Sehingga jika ditawar produk lain atau disuruh membeli tambahan asesoris, maka saya biasanya langsung senyum (menandakan kalau saya tidak mau dikibulin)

  2. Pingback: Sevens's Blog
  3. Saya benar2 pemula dalam bidang fotografi dan berniat membeli kamera digital. Dan saya memutuskan membeli disebuah toko ‘A’ di kawasan psr baru. Saya bertanya pada seseorang entah pegawai toko atau sales produk merk tertentu. Yg pasti terjadi adalah saya membeli kamera cukup terkenal yg ternyata setelah saya gunakan kamera tersebut tidak memiliki image stabilization yg “benar” seperti ket diatas.
    Pada dasarnya saya TIDAK kecewa terhadap merk/brand kamera tersebut karena memang masing2 merk ada kelebihannya dalam lain hal tetapi yang saya KECEWA adalah PENJUAL/TOKO tersebut tidak memberikan penjelasan yang BENAR-BENAR akurat mengenai spec barang.
    Saran saya kepada anda yg ingin membeli barang apapun juga, PELAJARI dng detil brg tsb.
    ADIOS

  4. sebelumnya saya pernah tertipu krn toko tidak memberi penjelasan apa kekurangan kamera yg mereka tawarkan……shg saya hrs lebih ber-hati2 dalam membeli suatu barang.

    Sekarang Saya puas setelah membeli kamera digital di toko Sentra Digital……….krn telah mendapat keterangan / penjelasan yg dibutukan oleh konsumen.

  5. duh.. pusing pengen beli camera digital, tapi , yoi.. kita semua tahu penjual kadang info ttng barang sangat pas2an Gmn atuh.. bantu dong

  6. Tolong direkomendasikan produk camera digital yang punya fitur image stabilization atau antishake, saya punya kamera tua sony DSC P73, rencananya pengen ganti yang oke tolong ya mas rekomendasikan merek yang oke

  7. Coba deh klik wwwfocusnusantaracom Saya puas dengan layanannya yang jujur. Teamnya profesional semua yang benar benar mengerti kamera karena mereka semuanya adalah para fotografer aktif.
    Para fotografer rata rata belanjanya disitu.

  8. Saya pemula dan ingin mencari kamera digital tapi ada budget max. 1,3jt. Tlg referensinya, kamera apa aja yang bisa saya dapat. Apa perbedaan antara batere lithium dengan alkaline, kelebihan & kekurangannya? Antara Fuji, canon & kodak lebih bagus mana untuk jenis kamera digital? Terima kasih atas penjelasannya.

  9. Buat saya, bertanya pada toko tentang sebuah produk adalah sah2 saja dan saya juga melakukannya. tetapi, sebelum saya melakukan hal tersebut, biasanya saya mencari informasi melalui internet. apalagi kita mau beli Digicam, yang harganya lumayan. jadi carilah informasi melalui internet sebanyaknya dengan pemakai produk dan produser, setelah itu baru nanya dengan toko

  10. mas mau tanya nih,saya baru beli Canon 350D. saya sdh pake lensa kit & tamron 70-300,tp hasilnya kurang memuaskan. jadi saya minta saran utk pengganti pake lensa apa mas?? saya mau 1 lensa tp bs dipake semuanya, dgn dana yg minim. saya gak peduli merk. maksih mas Ben, sblm nya…..

  11. Hi om ben, kamera saya Canon Ixus dan so far saya pakai untuk traveling kemana2 tanpa ada masalah, belakangan ini tiap saya power on, lcd nyala dengan icon2 nya tetapi kagak bisa tampilkan object. Kalau Saya mau servis dimana ya? untuk info Canon Ixus saya beli di Hong Kong sebelum saya datang ke Surabaya. Trims

  12. sebaiknya mau membeli kamera carilah bosnya yang hobby fotografi dan ikut melayani juga, dari pengalaman saya ngak ada kendala tuh untuk masalah ini,biasanya bos kaya gini nyoba2 dulu ato mengerti dulu sebelum menjual kamera..

  13. saat ini saya sedang ngincar lensa buat canon 400D, uk. 70-300mm, toko camera yg terdekat yg jual produk tsb ataupun yg bs msk canon dimana ya.. skrg sy berada di kediri (cttn : sy pendatang di kediri).

    trims atas infonya..

  14. Mau nanya nih, saya naksir Canon PS S5 IS tp batt.nya AA.
    pemakaian normal/standby, apa gak cepat habis tuh dibanding dg batt Lithium?

    Thx

  15. Klo aku sendiri sebelum beli apa apa mesti cari tahu seluk beluknya dahulu. Mungkin keganjilan yang terbesit sekarang adalah APAKAH TRANSAKSI LEWAT INTERNET itu bisa dipercaya, saya sering buka blognya Sentra Digital, tapi mau transaksi kadang kepikiran trus, “bisa dipercaya ga yah???”.
    Apakah harus transfer uang dulu atau nunggu barang di antar yah??? Klo aku pengennya sih nunggu barang smp di tangan baru transfer, maklum lum pernah soalnya nih.
    Om Ben, bisa ga kaya gitu???

  16. terima kasih sebelumnya, saya kesulitan mencari
    1. “RT, KODAK FILM TYPE AA5”
    2. RT, POWDER DEVELOPER KODAK
    3. RT, POWDER FIXER KODAK
    saya tunggu kabar secapatnya…
    terima kasih

  17. hi..beberapa bulan yg lalu ibu saya beli camdig di batam, Fuji JX370 No:2SL75514
    tapi, mngkin karena trhimpit dalam tas oleh barang2 lain dan terjatuh, tampilan LCD nya tiba2 mirip negatif film gitu, tapi lensa tidak bermaslah..kalau dipotret lalu dimasukkan ke komputer, hasilnya ttp bagus. Fuji Film Center di padang bilang LCD nya tidak hrus diganti, tapi kalo mw diperbaiki, dikirim dulu ke jakarta dan biayanya besar banget… toko2 lain tidak mau menerima dengan alasan takut tambah rusak (jadi mikir, teknisinya ngapain aja)..
    tlong kasih solusi dong..udah bingung banget

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *