Mencari Tahu Jenis Pesawat AirAsia

Beberapa hari lalu, di posting saya yang berjudul “Iklan Penerbangan AirAsia dengan Airbus A320“, ada yang berkomentar bahwa:

semua penerbangan air asia jakarta-surabaya dan sebaliknya sekarang udah pakai A320 semuanya sepertinya.

Hal itu membuat saya tergelitik untuk menelusuri lebih jauh kepastian informasi itu, apalagi kebetulan saya berencana naik AirAsia ke Jakarta dalam waktu dekat ini. Saya sendiri sebenarnya berharap sekarang ini semua penerbangan AirAsia rute Jakarta-Surabaya (CGK-SUB) dan sebaliknya memang sudah menggunakan pesawat Airbus A320, yang notabene terhitung umurnya lebih muda ketimbang pesawat jenis satunya lagi yang juga masih dimiliki oleh maskapai penerbangan itu.

airasia cgksub

Untuk memastikan informasi tersebut, cara yang saya gunakan sederhana saja. Pertama, saya mencari tahu kode penerbangan apa saja yang melayani rute CGK-SUB dan sebaliknya. Melalui situs webnya, saya dapat informasi 4 kode penerbangan untuk rute itu dalam periode sekarang ini (setidaknya hingga bulan depan). Yaitu, QZ 7210 dan QZ 7218 untuk CGK-SUB; QZ 7211 dan QZ 7219 untuk SUB-CGK.

Setelah kode didapat, saya coba mengeceknya via situs web FlightStats. Di situ tersedia informasi jenis pesawat yang digunakan untuk masing-masing kode penerbangan. Yaitu:

Masih kurang yakin? Ada cara lain kok. Yang ini malah (mungkin) lebih gampang. Bagaimana? :roll:

airasia-menu b737-a320

Ketika memesan / membeli tiket AirAsia secara online, coba perhatikan menu makanan yang ikut ditawarkan.

Ternyata, jumlah menu yang ditawarkan berbeda-beda, tergantung jenis pesawat yang digunakan pada penerbangan yang kita pilih. Berdasarkan keterangan di situs webnya, terlihat banyak pengecualian menu untuk penerbangan domestik Indonesia yang menggunakan jenis pesawat B737. Sehingga jika hanya mendapat penawaran menu Chic Sandwich dan Roti Foccacia saja, bisa disimpulkan sendiri jenis pesawat apa yang digunakan untuk penerbangan itu. ;-)

Ada yang bisa memberikan konfirmasi soal informasi tersebut? :)

Tags: , ,

Baca juga:

5 Responses to Mencari Tahu Jenis Pesawat AirAsia

  1. hahaha … baru tahu kalau jenis pesawat mempengaruhi juga jenis menu makanannya …

  2. saya pernah tuh naik air asia dari surabaya ke jakarta sebentar mahal g dapet makan lagi….ah yang penting ikutan kontes aja dapaet hadiah laptop…

  3. Nice tips om.. sampe skrg aku belum pernah ngicip A320, baik airasia maupun garuda. Btw, A320 itu yg kursinya bisa puter 180 derajat itu kan ?

    *kayak numpak kereta api hihi*

  4. Ben:

    @Jiewa, aku blm nyoba muter kursinya sih… :P
    kalo sekedar nyoba atau incip A320, paling gampang sih naik mandala yg semua penerbangannya rata-rata sudah pakai A319/A320.

  5. Wow, nice info gan.

    Sekedar info aja: kalau pingin main sebagai pilot virtual AirAsia online, sila mampir di [DELETED]
    Tapi masih dalam tahap pengambangan.

    Thanks before…

Speak Your Mind

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>