Sisi ‘Gelap’ TF3: Sang Pacar Baru

tf3d

Setelah Harry Potter 7B, film selanjutnya yang saya tonton belum lama ini adalah Transformers: Dark of the Moon atau TF3 versi 3D.

Kalau berdasarkan tanggal tayang resminya di luar sana, sebenarnya film ini lebih dulu dirilis sebelum seri terakhir dari Harry Potter. Tapi di sini malah kebalikannya. Apa boleh buat…

Sementara mengenai filmnya sendiri, setelah sempat agak kecewa dengan sekuel sebelumnya, kali ini saya merasa lebih puas. Di sana-sini tampak ada perbaikan yang cukup berarti, termasuk alur ceritanya. Yang paling menarik tentunya perbaikan pada adegan pertempuran antar robot yang disuguhkan, baik berupa penambahan porsinya maupun peningkatan unsur serunya. Duel antara kelompok Autobots dan Decepticon menjadi terasa lebih mengesankan ketimbang film sebelumnya. Apalagi semua itu dihadirkan dalam versi 3 dimensi, meskipun sebenarnya efek tersebut tidak sepenuhnya bisa dinikmati dengan maksimal sepanjang film yang berdurasi sekitar 154 menit ini.

Yang terbilang sebagai sisi ‘gelap’ atau pengganggu kenyamanan menikmati berbagai aksi seru dalam film ini justru kehadiran Rosie Huntington-Whiteley, sang pemeran pacar baru Sam Witwicky (Shia LaBeouf).

Keseksiannya memang tidak perlu diragukan lagi, tapi tidak untuk urusan pesona. Rosie terlihat masih kalah memesona ketimbang Megan Fox. Keserasiannya dengan tokoh Sam kurang tampak. Begitu juga aktingnya yang masih kaku, bahkan jika dibandingkan dengan Megan pun, yang sebenarnya biasa saja. Lihatlah pula beberapa adegannya di film ini yang terasa sangat kurang pas. Seperti adegan yang memperlihatkan sosoknya sedang ternganga di tengah pertempuran di kota Chicago (oh no!) dan saat dia memanas-manasi Megatron soal Sentinel. Yang terakhir itu menjadi tampak aneh karena kok tiba-tiba tokoh Carly yang diperankannya bisa terpikir untuk menjadi tukang menghasut? Apalagi yang ‘dikompori’ adalah Megatron.

Jika memang kesempatan bagi Megan Fox sudah tertutup sama sekali untuk ditarik kembali ke dalam serial Transformers ini, semoga masih ada peluang sang sutradara Michael Bay akan tergerak mencari alternatif lain untuk pemeran utama cewek di sekuel berikutnya. Cukup Sam saja yang jadi sosok paling tidak menarik di sini.

[rate 3.5]

Print Friendly, PDF & Email