Asyiknya Mozilla Camp Asia 2011

Belum lama ini, saya diundang menghadiri Mozilla Camp Asia 2011 (MozCamp Asia 2011) yang diadakan di InterContinental Hotel, Kuala Lumpur, Malaysia selama dua hari, 19-20 November 2011. Undangannya -tentunya- termasuk transportasi dan akomodasi. Asyik! ๐Ÿ™‚

Di Mozilla Camp Asia 2011
Di Mozilla Camp Asia 2011.

Oh ya, Mozilla Camp Asia 2011 adalah pertemuan para staf dan kontributor Mozilla dari berbagai negara di benua Asia dan juga wakil dari beberapa negara benua lain. Sebelumnya, hanya digelar di daratan Eropa.

Dari Komunitas Mozilla Indonesia (IDMoz) ada 11 orang sukarelawan yang mendapat undangan ke Mozilla Camp Asia 2011, tapi sayangnya Rizqinofa Putra (IDMoz Regional Leader Yogyakarta) mendadak tidak jadi ikut karena urusan keluarga.

Jadinya, rombongan yang berangkat ke Kuala Lumpur terdiri dari saya, Viking Karwur, Fauzan Alfi, Yofie Setiawan, Irayani Queencyputri, Andi Darmawan, Artanto Ishaam, Ademas Pramuatmaja, Jemmy Novy Rorong, dan Finan Akbar. Oh ya, itu masih ditambah dengan KUMI, maskot IDMoz yang ‘diajak’ Viking. ๐Ÿ™‚

Nongkrong di T3-nya Soekarno-Hatta International Airport. FOTO: Viking Karwur.

Hampir semua dari kami berangkat lewat Jakarta, termasuk saya. Hanya Fauzan yang memilih terbang dari Bandung.

Agak tertunda beberapa menit dari jadwal semula, kami berangkat sekitar pukul 12 siang dari Jakarta (CGK/SHIA) menuju Kuala Lumpur (KUL/KLIA) dengan menggunakan AirAsia pada hari Jumat, 18 November 2011. Sebelum pukul 3 sore waktu setempat, kami sudah tiba di KLIA, tepatnya di Low Cost Carrier Terminal (LCCT)-nya maskapai penerbangan itu. Di pintu keluar, kami sudah ditunggu panitia MozCamp Asia 2011 yang kemudian menemani kami menuju hotel.

Tiba di InterContinental Hotel, lokasi acara sekaligus tempat kami diinapkan, kami disambut dengan jamuan selamat datang yang dihadiri semua peserta dari berbagai negara lain yang sudah tiba hari itu. Para staf Mozilla yang hadir juga ikut aktif bergabung dengan kami dalam obrolan ringan sambil makan malam.

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari Gen Kanai, jumlah peserta MozCamp Asia kali ini mencapai 150 orang. Di dalamnya sudah termasuk 50 orang staf Mozilla.

Besoknya, 19 November 2011, hari pertama acara MozCamp Asia 2011 dimulai sekitar jam 9 pagi waktu setempat. Dibuka oleh Gen Kanai (Director of Asia Business Development Mozilla) dan kemudian langsung masuk pada sesi presentasi dari Mitchell Baker, CEO Mozilla Foundation.

Mitchell Baker
Mitchell Baker di MozCamp Asia 2011. FOTO: Benny Chandra.

Setelah itu, berturut-turut Li Gong (Mozilla China, Taiwan) dan Satoko “Chibi” Takita Yamaguchi (Mozilla Jepang) hadir di atas panggung untuk berbagi cerita mengenai perkembangan dunia internet di China, Taiwan, dan Jepang.

Pada sesi perkenalan singkat oleh wakil dari masing-masing negara peserta acara dua tahunan yang kali ini bertema “Many Voices, One Mozilla”, Viking tampil di atas panggung untuk memperkenalkan rombongan dari Indonesia (yang pada hari itu sengaja berpakaian batik) dan bercerita singkat mengenai aktivitas Komunitas Mozilla Indonesia sejauh ini. Sebelumnya, Mary Colvig (Director of Contributor Engagement Mozilla) memberikan presentasi sekilas tentang Engagement.

Rombongan Komunitas Mozilla Indonesia berbatik di MozCamp Asia 2011. FOTO: Jemmy Rorong.

Usai makan siang di Serena Brasserie, restoran yang ada di dekat lobi hotel bintang lima itu, para peserta bebas menentukan sendiri mau ikut kelas dengan topik yang mana. Sesuai dengan minat masing-masing.

Hari itu, saya memilih masuk ke kelas “Art of Persuasion”, “Overview of Mozilla partner program”, “Intro to the Brand Toolkit”, dan “Nurturing Millions of Friendships”.

Setelah acara di kelas selesai, kami semua diajak ke Restoran Seri Melayu untuk makan malam. Dari situ, acara berlanjut menuju KLCC untuk melihat langsung Petronas Twin Towers yang terkenal itu. Lokasinya ternyata tidak jauh dari hotel tempat kami menginap, sama-sama di jalan Ampang.

Sesi "Leader Q & A"
Sesi "Leader Q & A". FOTO: Benny Chandra.

Di hari ke-2 (20/11), saya mengikuti kelas mengenai “PR/Communications Training for Mozilla Communication Reps”, “Bringing Social Media to the World”, “What’s Cooking in Firefox Dev Tools”, “Mozilla Reps Status Update”, dan “Firefox in the new Development Cycle World”.

Sebelum makan siang, ada satu sesi khusus bertajuk “Leader Q & A”. Di sesi ini, Mitchell Baker dan beberapa staf Mozilla menjawab sejumlah pertanyaan dari peserta.

Sekitar pukul 18:00 waktu Kuala Lumpur, Mozilla Camp Asia 2011 pun diakhiri dengan pidato penutup oleh Mitchell Baker.

Beragam Suara, Satu Mozilla. FOTO: Dok. Mozcamp Asia 2011/via Arky.

Bagi saya, Mozilla Camp Asia 2011 adalah sebuah acara yang keren dan berkesan! Sebuah kesempatan berharga untuk dapat bertemu dan berdiskusi langsung dengan para sukarelawan dari berbagai negara lain dan juga para staf Mozilla. ๐Ÿ™‚

Ssst, saya masih menyimpan cerita dan foto-foto lain dari Mozilla Camp Asia 2011. Tunggu tulisan saya selanjutnya! ๐Ÿ˜‰

Print Friendly, PDF & Email

Baca juga:

9 comments on “Asyiknya Mozilla Camp Asia 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *