Kenangan Hari Pertama MozCamp Asia 2012

mozcampasia-2012Hari pertama Mozilla Camp (MozCamp) Asia di Singapura, 17 November 2012 lalu, saya awali dengan perasaan agak deg-degan. Bahkan saya pun jadi kurang bisa berkonsentrasi terhadap menu sarapan di lokasi acara (loh?!). :grin:

Apakah karena menu rangkaian presentasi pembukanya dengan pembicara yang rata-rata tergolong ‘kelas berat’ seperti Mitchell Baker (Chair of the Mozilla Foundation), Johnathan Nightingale (Vice President of Firefox Engineering), dan David Slater (Vice President of Product Marketing)? Jelas bukan karena itu. Ada hal lain yang menjadi penyebabnya. Apa itu?

Tampil mewakili Mozilla Indonesia

Tampil mewakili Mozilla Indonesia. FOTO: Nguyen Vu Hung.


Karena pada hari itu saya mendapat tugas sekaligus kesempatan istimewa: tampil di atas panggung Mozilla Camp Asia 2012 untuk mewakili Komunitas Mozilla Indonesia (Mozilla Indonesia Community). Tepatnya, saat sesi “Community Quilt” bagian pertama yang digelar menjelang jam makan siang.

Saat tampil di atas panggung MozCamp Asia 2012. FOTO: Nguyen Vu Hung.

Saat tampil di atas panggung MozCamp Asia 2012. FOTO: Nguyen Vu Hung.

Khusus untuk acara hari pertama yang dipusatkan di SCAPE itu, saya sengaja memakai kemeja batik meskipun tidak ada keharusan berpakaian formal. Para peserta lain kebanyakan berkaus oblong.

MozCamp Asia 2012

FOTO: Viking Karwur.

Mengapa batik? Sudah menjadi semacam tradisi kami di Komunitas Mozilla Indonesia untuk berusaha menunjukkan kebanggaan sebagai orang Indonesia dan kebanggaan terhadap batik sebagai warisan budaya asli milik Indonesia di forum internasional yang diikuti peserta dari sekitar 30 negara seperti ini. Tahun lalu, Viking Karwur yang mewakili Indonesia untuk berbicara di sesi seperti itu juga pakai batik. :)

MozCamp Asia 2012

FOTO: Viking Karwur.

Di atas panggung, saat tiba giliran saya, secara singkat saya menyampaikan apa yang sudah saya dan teman-teman Mozillian Indonesia lakukan tahun ini dan rencana kegiatan kami pada tahun depan di Indonesia.

MozCamp Asia 2012

FOTO: Viking Karwur.

FOTO: Dok. Firefox Community.

FOTO: Dok. Firefox Community.

Meskipun agak grogi, untunglah saya melakukannya dengan cukup lancar. Sebuah pengalaman baru yang sulit untuk dilupakan! :)

MozCamp Asia 2012

MozCamp Asia 2012 diawali dengan presentasi dari Mitchell Baker. FOTO: Benny Chandra.

MozCamp Asia 2012

Presentasi dari Johnathan Nightingale soal perkembangan Firefox. FOTO: Benny Chandra.

MozCamp Asia 2012

KUMI jadi salah satu hal yang dibahas David Slater dalam presentasinya. FOTO: Benny Chandra.

Usai makan siang, rangkaian acara berlanjut dengan breakout sessions yang tersebar di beberapa lokasi (SCAPE dan The Hub) hingga sore hari. Saya memilih mengikuti sesi “Here Come the Trains, Releasing Quality Mozilla Products” (Lukas Blakk), “Help the UX Team Understand Security and Privacy Concerns in Asia” (Larissa Co dan Paul Theriault), dan “Communications Training” (Shannon Prior dan Mike Manning).

Di kelasnya Larissa Co. FOTO: Larissa Co.

Di kelasnya Larissa Co. FOTO: Larissa Co.

Berdiskusi soal hal keamanan dan privasi yang menjadi perhatian pengguna di Asia di kelasnya Larissa. FOTO: Larissa Co.

Ada satu hal yang agak lebih menonjol dalam MozCamp Asia kali ini ketimbang tahun lalu. Yaitu, unsur kolaborasi antar para peserta. Hal itu bisa dirasakan lewat beberapa sesi workshop yang diadakan pada hari pertama.

Belajar berkolaborasi di MozCamp Asia 2012. FOTO: Dok. Firefox Community.

Belajar berkolaborasi di MozCamp Asia 2012. FOTO: Dok. Firefox Community.

MozCamp Asia 2012

Salah satu ide yang dihasilkan dari kolaborasi antar peserta. FOTO: Benny Chandra.

Selain berbagai kelas singkat seperti yang saya ikuti, para peserta juga bisa nongkrong di Apps Hacking Lounge jika ingin mencoba ponsel demo Firefox OS atau mengutak-atik aplikasi dengan santai di antara tumpukan beanbag warna-warni.

MozCamp Asia 2012

“Paid-staff Leadership Townhall” menjadi sesi terakhir dari rangkaian acara pada hari pertama yang diwarnai hujan cukup deras di sore harinya itu. Sesi ini merupakan saat di mana perwakilan staf Mozilla menjawab beberapa pertanyaan dari peserta secara terbuka.

MozCamp Asia 2012

Kemudian, dari SCAPE kami semua berangkat menggunakan bus ke daerah Boat Quay untuk menikmati makan malam di RedDot Brewhouse.

MozCamp Asia 2012
MozCamp Asia 2012

Setelah makan, rombongan dari Indonesia dan beberapa teman dari Malaysia sempat jalan-jalan menyusuri bantaran Sungai Singapura (Singapore River) dan berfoto-foto di sekitar patung Merlion sebelum kembali ke hotel dengan menggunakan MRT.

MozCamp Asia 2012

Tiba di hotel, acara rombongan dari Indonesia masih berlanjut dengan mengadakan rapat kecil bersama teman-teman dari Malaysia di kedai kopi dekat hotel.

Menjelang tengah malam, rapat pun harus diakhiri karena banyak yang sudah ngantuk. Apalagi besok paginya masih ada hari ke-2 MozCamp Asia 2012. :)

Tags: , , ,

Baca juga:

7 Responses to Kenangan Hari Pertama MozCamp Asia 2012

  1. Wah, mangstap reportase-nya, serasa ikutan kesana. Sukses selalu acaranya Ben, salam buat teman-teman Moz Indonesia yang ikutan kesana.

  2. Pingback: Yang Istimewa di MozKopdarSUB Akhir Tahun 2012 | BennyChandra.com

  3. Pingback: Kenangan Hari Kedua MozCamp Asia 2012 | BennyChandra.com

  4. Diliput dengan lengkap, event yang sangat menarik untuk selalu disimak oleh penggiat IT.

  5. Pingback: Kenangan Lain yang Tersisa dari MozCamp Asia 2012 | BennyChandra.com

Speak Your Mind

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>