Asyiknya MozSekolah Pertama di Madura

Mewakili Mozilla selalu menyenangkan dan membanggakan. Minggu lalu, selama dua hari berturut-turut, saya kembali berkesempatan mewakili Mozilla. Kali ini untuk mengadakan dua acara Mozilla di kota Bangkalan, Madura. Yaitu, MozSekolah dan MozKopdar Madura.

MozSekolahMadura - April 2013
MozSekolahMadura - April 2013

Untuk dua acara tersebut, saya bertugas bersama Yoe One Ariestya Niovitta, rekan Mozilla Representative dari Surabaya juga. Kami dibantu oleh teman-teman dari komunitas blogger asal Madura, Plat-M. ๐Ÿ™‚

Sabtu, 27 April 2013, saya dan Yoe One berangkat dari Surabaya sekitar pukul 07:30 WIB. Rencananya, hari itu kami akan mengunjungi dua sekolah di Bangkalan untuk rangkaian acara MozSekolahMadura.

MozSekolahMadura April 2013
MozSekolahMadura April 2013

Di SMA Muhammadiyah 1 Bangkalan, yang menjadi tujuan pertama kami, semula acara dijadwalkan akan dimulai pukul 09:00 WIB. Tapi karena sekitar pukul 08:20 WIB kami sudah tiba di lokasi, kegiatan yang baru pertama kali diadakan di Madura ini dapat dimulai lebih cepat. Sedangkan di sekolah selanjutnya, SMA Negeri 4 Bangkalan, acara dimulai sekitar pukul 11 siang.

MozSekolahMadura April 2013

Susunan acara di kedua sekolah tidak jauh berbeda. Setelah dibuka dengan sambutan dari pihak sekolah, kami berdua memulainya dengan sesuatu yang mungkin jarang atau belum pernah dijumpai sebelumnya. Kami bermain Spectrogram bersama para siswa, seperti yang pernah saya dan para peserta “Webmaker Training Days” lakukan di Athena, Yunani belum lama ini.

MozSekolahMadura - April 2013

Selain agar suasananya bisa lebih meriah dan menyenangkan, bermain seperti itu juga bertujuan untuk memancing mereka untuk berdiskusi dan berdebat. Beberapa siswa masih terlihat agak malu-malu, namun suasana permainan tetap berlangsung seru dan penuh kegembiraan!

MozSekolahMadura April 2013

Usai bermain, barulah saya memperkenalkan dan menjelaskan mengenai Mozilla dan Mozilla Webmaker.

MozSekolahMadura - April 2013

Sebenarnya kami juga berencana melanjutkannya dengan memandu para siswa untuk mencoba langsung beberapa perkakas (tools) Webmaker seperti Thimble dan Popcorn Maker secara daring (online). Sayangnya, koneksi internet yang tersedia di kedua sekolah ternyata mengalami gangguan. Untunglah, karena membawa modem USB sendiri, saya dan Yoe One secara bergantian bisa mendemonstrasikan bagaimana cara menggunakan Thimble dan Popcorn Maker.

MozSekolahMadura - April 2013

Kegiatan di masing-masing sekolah berlangsung sekitar 90 menit. Dalam kesempatan itu, tentunya kami tidak lupa membagikan MozGear dan berfoto bersama. ๐Ÿ™‚

MozSekolahMadura - April 2013

Sebelum melanjutkan perjalanan, di sekolah yang terakhir kami sempat diajak menikmati menu khas Bangkalan berupa Nasi Serpang yang sudah disediakan pihak sekolah. Mantap!

MozSekolahMadura - April 2013

Dari situ kemudian saya dan Yoe One menuju ke lokasi yang akan digunakan sebagai tempat MozKopdarMadura keesokan harinya untuk memastikan segala sesuatunya sesuai dengan yang kita harapkan. Oh ya, tentunya kami juga tidak lupa mampir di warung bebek goreng yang sangat terkenal di Madura itu. ๐Ÿ™‚

MozSekolahMadura - April 2013

Akhirnya, sekitar pukul 15:30, saya dan Yoe One bergerak pulang ke Surabaya dengan perasaan sangat senang dan bersemangat karena acara hari pertama kunjungan Mozilla ke Madura berlangsung dengan sukses dan lancar. Apalagi para siswa yang kami jumpai rata-rata sangat antusias dalam bermain dan belajar bersama kami. Sebuah pengalaman perjalanan yang mengasyikkan! Awesome!

MozSekolahMadura - April 2013

Terima kasih para guru dan siswa dari SMA Muhammadiyah 1 Bangkalan dan SMA Negeri 4 Bangkalan.

Terima kasih teman-teman dari komunitas Plat-M Madura.

Kalian keren! ๐Ÿ™‚

Print Friendly

Baca juga:

One comment on “Asyiknya MozSekolah Pertama di Madura

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *