Arsip ABN: 12 Pekerjaan Dian Sastro

Beberapa tahun lalu, saya pernah rutin menulis di Asia Blogging Network (ABN) mengenai musik dan film. Karena sekarang situs ABN sudah ditutup, otomatis tulisan-tulisan saya di dalamnya juga tidak bisa dibaca lagi.

Ketika situsnya masih bisa diakses, sebagian besar tulisan saya di sana sempat saya salin kembali datanya, terutama untuk topik musik. Tapi untuk topik lainnya, tidak sempat.

Setelah saya coba telusuri via Wayback Machine, ternyata arsip tulisan-tulisan saya lainnya masih tersedia. Syukurlah.

Dari arsip tulisan saya selama di ABN itu, ada beberapa tulisan favorit yang ingin saya tampilkan kembali di Internet. Untuk itu, saya sudah minta izin ke Budi Putra sebagai salah satu pendiri ABN.

Kali ini, yang saya muat kembali adalah salah satu tulisan saya pada 10 Oktober 2007 lalu di ABN.

12 Pekerjaan Dian Sastro

diansastro-dtk

Siapa yang tak kenal dengan Dian Sastro? Bisa jadi rata-rata orang di Indonesia sangat familiar dengan sosok cewek bernama lengkap Diandra Paramita Sastrowardoyo ini, terutama setelah ia sukses dengan film Ada Apa dengan Cinta (AAdC) pada tahun 2002.

Meskipun awalnya lebih dikenal sebagai seorang bintang film, namun belakangan ini ia justru lebih banyak diberitakan sedang melakoni beberapa pekerjaan lain di luar urusan film. Apakah ada yang tahu apa saja pekerjaannya itu?

Kalau ditelusuri, sebenarnya tidak sedikit bidang pekerjaan lain yang juga pernah atau sedang dirambah oleh gadis kelahiran 16 Maret 1982 ini loh. Kalau dihitung-hitung, hingga sekarang, setidaknya ada 12 macam pekerjaan yang cukup bervariasi dan menarik. Dan angka 12 itu pun relatif, bisa jadi jumlahnya lebih dari itu, tergantung dari sudut mana kita melihatnya. Misalnya, soal Dian yang pernah meraih Gadis Sampul pada tahun 1996. Apakah itu dapat dianggap sebagai pekerjaan atau cukup sebagai penghargaan yang pernah diraih?

Beberapa di antaranya memang terkait dengan perannya di film, tetapi karena dikerjakan langsung olehnya di lapangan yang sebenarnya maka bolehlah pekerjaan itu dimasukkan dalam daftar. Jadi, apa saja 12 pekerjaan yang sudah pernah dilakoni Dian Sastro? Yuk, kita simak satu per satu.

  1. Bintang film
    Pekerjaannya yang satu inilah yang membuat namanya mulai dikenal orang, terutama setelah membintangi Ada Apa dengan Cinta? (2002). Padahal sebelumnya dia sudah pernah bermain di Bintang Jatuh (2000) dan Pasir Berbisik (2001). Selanjutnya, Dian hadir di Banyu Biru (2005), Ungu Violet (2005), dan Belahan Jiwa (2006). Saat ini, Dian dikabarkan sedang terlibat dalam penggarapan sebuah film karya Garin Nugroho.
  2. Bintang sinetron
    Dian Sastro termasuk artis yang kurang suka bermain sinetron. Makanya hingga saat ini baru satu sinetron yang dibintangi olehnya, yaitu Dunia Tanpa Koma (2006) yang diputar di RCTI.
  3. Bintang video musik
    Tidak sedikit video musik yang memasang Dian Sastro di dalamnya. Sebut saja seperti “Gerimis” punya KLa Project, “Anugrah Terindah” dan “JAP”-nya Sheila on 7, “Sayap-sayap Patah” (Dewa 19), “Air Mata Sunyi” (The Fly), dan yang terakhir adalah video musik “Menghapus Jejakmu” milik Peterpan.
  4. Bintang iklan
    Ingat dengan tagline: “Panasonic? Iya sih!”? Itulah tagline fenomenal dari Dian Sastro saat dirinya menjadi bintang iklan Panasonic. Selain itu, Dian juga menjadi bintang iklan produk Lux dan Indosat Mentari.
  5. Penyanyi
    Sebenarnya urusan menyanyi bukan hal yang baru bagi Dian Sastro secara sejak kecil -konon- dia sudah sering ngeband bareng sepupu-sepupunya. Namun masyarakat luas baru bisa menyimak suaranya dalam film AAdC saat ia menyanyikan sepotong lagu berjudul “Tentang Seseorang”. Meskipun sangat singkat, namun suaranya pasti banyak yang masih ingat, secara lagu itu dijadikan bonus track dalam album soundtrack film tersebut. Kabarnya, saat ini, Dian sedang menyiapkan sebuah band baru.
  6. Pembaca puisi

    pecahkan saja gelasnya
    biar ramai
    biar mengaduh sampai gaduh
    ada malaikat menyulam jaring laba-laba belang di tembok keraton putih
    kenapa tak kau goyangkan saja loncengnya biar terdera
    atau aku harus lari ke hutan
    belok ke pantai?

    Ingat dengan petikan puisi di atas? Itulah sepotong puisi karya Raka Prijanto yang dibacakan oleh Dian Sastro dalam film (dan lagu “Tentang Seseorang”) AAdC. Pekerjaannya sebagai pembaca puisi berlanjut ketika diajak Too Phat dalam lagu mereka berjudul “Alhamdulillah”.

  7. Penjaga loket tiket busway
    Dian sempat menjadi penjaga loket tiket busway di Sawah Besar, Jakarta untuk perannya di film Ungu Violet.
  8. Wartawan
    Untuk lebih menjiwai perannya dalam Dunia Tanpa Koma, Dian sempat menjalani pekerjaan sebagai wartawan kriminal di majalah Tempo.
  9. Pembawa acara kuis
    Tepatnya kuis “Super Milyarder 3 Milyar” di antv. Meskipun cukup menghebohkan pada saat pertama kali tampil sebagai host, namun tampaknya Dian Sastro kurang cocok dengan pekerjaannya yang satu ini. Makanya acara kuis tersebut tidak bertahan lama?
  10. Asisten dosen
    Katanya sih saat ini Dian lagi magang sebagai asisten dosen mata kuliah Epistemologi di Universitas Indonesia, Depok, seperti dikatakannya kepada Koran Tempo (16/9).
  11. Pembicara seminar
    Pada akhir Agustus 2007 lalu, Dian menjadi pembicara seminar bertajuk “Meningkatkan Penguasaan Karakter Peran” yang diadakan di sebuah hotel di Jakarta Selatan.
  12. Pembedah buku
    Menjadi pembedah buku dilakukan Dian Sastro pada 28 September 2007 lalu di Hotel Sahid, Jakarta untuk buku berjudul 168 Jam Dalam Sandera karya Meutya Hafid.

Selanjutnya, mau jadi apa lagi nih, Dian Sastro? Jadi blogger? Yuuuk…

Baca juga:

7 comments on “Arsip ABN: 12 Pekerjaan Dian Sastro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *