Donor Pengganti

Malam tadi ketika nganter istri ke PMI cabang Surabaya, gw iseng-iseng baca bulletin PMI yang tersedia di meja pendaftaran donor. Dalam bulletin itu gw menemukan istilah donor pengganti, selain donor sukarela. Donor pengganti? Kayaknya baru kali ini gw tahu adanya istilah itu… 😳

Daripada penasaran, akhirnya gw titip pertanyaan ke istri gw untuk ditanyakan kepada petugas di dalam. Penjelasan yang diperoleh dari petugas PMI saat itu kira-kira begini: Donor pengganti itu adalah pendonor yang mendonorkan darahnya dengan tujuan khusus untuk langsung diberikan kepada orang tertentu saja, biasanya ada hubungan keluarga. Berbeda dengan donor sukarela yang menyumbangkan darahnya lewat PMI bukan khusus karena ada keluarganya yang membutuhkan darah, tetapi karena ingin saja.

Menurut petugas yang ada di situ, biasanya keluarga pasien memilih darah dari donor pengganti (yang notabene biasanya dari pihak keluarga pasien) dengan alasan kurang percaya dengan (kebersihan) stok darah yang ada.

Hmm, melihat banyaknya nyamuk yang bersliweran di tempat itu ditambah suasana yang rada-rada remang-remang dan lantai yang kurang bersih, mungkin mereka yang kurang percaya dengan kebersihan stok darah itu gak bisa sepenuhnya bisa disalahkan atau dicela ketika mereka lebih memilih darah dari donor pengganti ketimbang dari donor sukarela… :music:

Print Friendly, PDF & Email