SMS Donasi Indosat

Kemarin malam pas nonton acara musik kolaborasi di SCTV, gw sempat membaca running text yang kira-kira isinya (CMIIW, Bi[G]): Seluruh pendapatan iklan dari acara ini akan dimasukkan ke dalam pundi amal SCTV. Biaya produksi acara ini tidak menggunakan dana yang Anda sumbang.

sms donasi

Jika memang demikian, gw salut sama kebijakan SCTV seperti itu. Tiba-tiba gw jadi teringat dengan iklan Indosat soal SMS Donasi. Di dalam iklan itu disebutkan bahwa pelanggan Mentari, IM3, StarOne, dan Matrix bisa menyumbang Rp 5000 untuk korban gempa di Jogja dan Jawa Tengah dengan cara mengirim SMS ke nomor 5000.

Tersedianya fasilitas menyumbang via SMS seperti itu memang jadi memudahkan pihak penyumbang. Namun dalam iklan itu tertulis juga bahwa “Tarif SMS donasi sebesar Rp. 5500/SMS termasuk ppn.”

Pertama gw pikir itu salah ketik, namun rupanya benar. Sudah gw buktikan dengan nomor MENTARI gw dan memang pulsa jadi berkurang 5500 rupiah! Yang gw permasalahkan bukan 5000 rupiahnya. Kalau itu sih memang niatnya sekalian menyumbang… He he he. Tapi yang masih agak mengganjal, donasi kena PPN juga ya? Padahal di voucher MENTARI 25ribu tertulis “Sudah termasuk PPN 10% (including 10% VAT)”…

Bandingkan dengan fasilitas serupa dari Telkom Grup untuk pelanggannya yang ingin memberikan donasi dengan cara serupa. Ketika mengirim SMS ke nomor 5000 via Telkom Flexi, pulsa gw tidak berkurang lebih dari 5000 rupiah.

Jadi, donasi via SMS yang kena PPN hanya dengan produk ‘punya Indosat’? Membingungkan! 🙄

Print Friendly, PDF & Email