Ikut Nyoblos di Pilkada Jatim 2008

Kemarin ketika ada beberapa orang yang bilang kalau hari ini tempat usaha mereka libur, saya sempat heran. Ada apa ya? Eh, ternyata liburnya karena ada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur 2008.

Namun hari ini nampaknya tidak semua kantor atau toko libur. Beberapa di antaranya tetap buka, tapi jam bukanya jadi lebih siang dari biasanya. Libur atau buka lebih siang mungkin untuk memberi kesempatan kepada para pekerja datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk ikut mencoblos atau memberikan suara bagi pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Timur yang dipilih.

Tadi saya juga ikut nyoblos. Sekitar pukul 9 pagi, saya dan istri datang ke TPS yang berada di gedung pertemuan komplek perumahan tempat saya tinggal. Yang tampak di lokasi hanya para petugas. Saya pikir sebagian warga lain sudah duluan menyoblos, tapi ternyata terlihat di daftar pemilih cukup banyak juga yang belum. 😀

Setelah menyerahkan kartu pemilih dan surat pemberitahuan, saya diberi surat suara dan diarahkan ke bilik yang tersedia untuk proses mencoblos. Proses selanjutnya adalah memasukkan surat suara ke dalam kotak, lalu petugas menyuruh menandai jari dengan tinta yang disediakan. Terus? Selesai.

Kayaknya prosesnya tidak sampai 5 menit. Jadi, kenapa harus libur? 😉

Print Friendly, PDF & Email